Saturday, October 13, 2018

Efek begadang bagi remaja, laki-laki dan wanita

Begadang akan menjadi sangat berbahaya jika sering dilakukan. Banyak kita temui dimana para remaja, pemuda-pemudi, baik laki-laki dan wanita yang meninggal secara mendadak karena habis begadang semalaman. Apalagi para gamer yang biasanya sehari semalam nongkrong terus di depan layar komputer, nongkrong di warnet, dan sebagainya. Di berita-berita, sering saya temui para gamer yang meninggal karena asik begadang memainkan game yang disayanginya.

Pada intinya, begadang akan sangat berdampak buruk, atau berefek negatif bagi kesehatan fisik maupun psikis manusia. Untuk selengkapnya berikut efek buruk atau dampak negatif dari yang namanya begadang.

# Efek negatif / dampak buruk begadang bagi remaja, laki-laki dan wanita

1. Wajah nampak terlihat lebih tua

Jika anda selesai begadang, dan anda masih aktif di pagi harinya. Cobalah anda untuk bercermin, lihatlah muka anda. Maka, wajah andapun akan terlihat lebih tua dari biasanya. Nampak diwajah anda terlihat pucat, kusam, keriput, memiliki kantung mata, dan bermata panda. Dengan demikian, begadang dapat membuat wajah anda menjadi kurang tampan atau cantik seperti biasanya.



2. Tubuh menjadi lelah, lemas dan lesu

Hal yang lumrah setelah kita begadang. Pastilah fisik kita akan menjadi drop. Tubuh menjadi serasa letih, lemah, lelah dan lesu. Mau berjalan saja rasanya sempoyongan. Apalagi jika anda tidak tidur dan begadang selama berhari-hari. Pastinya anda akan mulai berhalusinasi dan tidak dapat berpikir jernih kembali.

3. Mudah terserang penyakit

Karena tubuh dan otak (pikiran) dipaksa terus aktif disaat begadang. Maka sistem kekebalan tubuh atau sistem imun anda akan melemah. Sehingga nantinya anda akan mudah terserang penyakit. Contoh mudahnya, penyakit yang ringan akibat dari begadang adalah jerawat, flu, batuk, anemia dan lain sebagainya.

Jika anda begadang terus dalam jangka waktu yang panjang. Maka akan ada banyak penyakit berat yang akan hadir didalam tubuh anda. Misalnya seperti penyakit yang terkait dengan kerusakan berbagai organ tubuh. Seperti berbagai penyakit pada organ hati, lambung, ginjal, jantung, dan sebagainya. Dan pada ujungnya akan mengarah ke kematian.

4. Stres dan depresi

Dengan begadang, pikiran kita juga mudah menjadi lelah. Akibatnya seseorang yang sering begadang akan menjadi mudah marah, dan sulit mengontrol emosi. Bahkan, tak jarang begadang juga dapat memperparah tingkat stres pada diri seseorang.

Jika stres terjadi secara berkepanjangan. Maka depresi pun akan mulai hadir didalam diri anda. Sehingga lambat laun anda akan mudah terserang penyakit fisik dan psikomatis.


Jika penyakit fisik mudah dikenali dan disembuhkan. Lain lagi dengan penyakit psikomatis, penyakit ini sulit didiagnosa dan sulit disembuhkan.

5. Terganggunya aktivitas kehidupan

Jika anda sering begadang, maka aktivitas di kehidupan sehari-hari akan terganggu. Misalnya seperti disaat sekolah, anda tidak akan mudah menanggapi apa yang disampaikan oleh guru. Malah anda menjadi merasa ngantuk dan ingin tidur.

Begitu juga dengan aktivitas lainnya. Misalnya aktivitas kerja menjadi kurang produktif. Semua acara akan dilakukan secara tergesa-gesa. Seseorang akan menjadi ceroboh, sensitif dan pemarah. Akibatnya anda akan dijauhi oleh teman-teman anda.

Kurang lebih begitulah beberapa efek buruk atau dampak negatif begadang bagi remaja, pemuda-pemudi, laki-laki, pria, perempuan, wanita, semua kalangan dan usia. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat.

Efek begadang bagi remaja, laki-laki dan wanita
4/ 5
Oleh

Leave your comment