Friday, October 5, 2018

Ini dia Cara agar wa / whatsapp tidak bisa disadap, dibajak dan dibobol oleh orang lain

Di zaman yang serba modern ini. Komunikasi digital tentunya sudah menjadi bagian hidup dari manusia. Apalagi setelah hadirnya internet di kehidupan kita. Banyak sekali berbagai situs chatting, dan sosial media yang bertebaran di dunia maya.

Sekarang rasanya setiap orang yang memiliki hp android atau smartphone lainnya. Pastilah di dalamnya terinstall sejumlah aplikasi sosial media. Salah satunya yang populer di tahun-tahun belakangan ini, yakni wa / whatsapp.

Nah, semakin majunya zaman. Tentunya banyak juga orang yang memanfaatkan komunikasi digital. Misalnya seperti whatsapp ini. Namun, ditengah-tengah kemudahan menggunakan aplikasi whatsapp ini. Tentunya seseorang akan dibayang-bayangi dengan yang namanya penyadapan atau pembajakan akun.



Pertanyaanya adalah, bagaimanakah cara mengamankan akun whatsapp anda, Agar tidak bisa disadap atau dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab ?. Berikut jawabannya. . .

# Cara agar wa / whatsapp tidak bisa di sadap

1. Download aplikasi whatsapp dari situs resmi

Janganlah anda mendownload aplikasi whatsapp dari situs abal-abal. Yakni selain dari situs whatsapp.com atau di google playstore. Mengapa bisa demikian ?, Karena bisa jadi berbagai aplikasi whatsapp mod yang tersebar di internet. Aplikasi whatsapp tersebut sudah dibajak, sudah diubah, sudah diotak-atik, sudah disisipi kode yang bertujuan untuk membajak akun yang mendownload aplikasi mod tadi.

Jadi, selalu download dan update aplikasi whatsapp anda dari sumber yang terpercaya. Yakni dari google playstore dan dari situs resmi whatsapp, yakni whatsapp.com.

2. Jangan memakai aplikasi vpn dan internet gratis

Janganlah anda mudah tergiur dengan iming-iming internet gratis dari berbagai aplikasi vpn dan sejenisnya yang ada di internet maupun di playstore. Karena siapa tahu, bisa jadi disaat anda sedang online dan nge-wa. Aplikasi internet gratis yang anda gunakan malah menyadap isi percakapan, dan kegiatan anda di saat sedang mengunakan whatsapp.

Jadi sebaiknya, jika anda ingin berinternetan gratis. Sebaiknya anda jangan pernah membuka sosial media, akun bank dan sebagainya. Karena sangat rawan dengan pembajakan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Kunci aplikasi whatsapp anda

Di hp xiaomi, sudah disediakan fitur untuk mengunci aplikasi. Jadi, setiap anda membuka suatu aplikasi atau game tertentu. Maka anda diharuskan untuk memasukkan kata sandi atau pola tertentu, untuk dapat memulai suatu aplikasi.


Cara untuk mengunci aplikasi di hp xiaomi sangatlah mudah :

A. Tap atau klik menu keamanan.
B. Tap menu kelola apl.
C. Tap menu kunci aplikasi.
D. Lalu cari aplikasi whatsapp, dan hidupkan tombol penguncian aplikasi.

Jika di smartphone anda tidak ada aplikasi bawaan untuk mengunci aplikasi. Anda dapat mencoba mendownload aplikasi pengunci aplikasi lain di google playstore.

4. Jangan sembarangan meminjamkan hp

Jika akun whatsapp anda tidak ingin disadap atau dibajak. Sebaiknya anda jangan sembarangan meminjamkan hp anda ke orang lain. Karena siapa tahu, orang yang anda pinjami hp. Diam-diam malah membuka aplikasi sosial media dan whatsapp milik anda ?.

Maka dari itu, berhati-hatilah dalam meminjankan hp. Jika anda ingin meminjamkan hp anda ke orang lain. Maka, Jangan lupa untuk mengunci aplikasi whatsapp dan sosial media yang anda miliki.

5. Verifikasi dua langkah

Untuk mengamankan akun whatsapp anda lebih jauh. Sebaiknya anda mengaktifkan verifikasi dua langkah pada akun wa yang anda punya.

Cara untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah ini sangatlah mudah. Anda tinggal masuk ke menu pengaturan atau setelan - Akun - Verifikasi dua langkah - aktifkan. Selengkapnya ada di https://faq.whatsapp.com/id/android/26000021/.

Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah ini. Maka keamanan akun whatsapp anda akan meningkat 2 kali lipat. Sehingga akun whatsapp anda akan aman dari penyadapan dan pembajakan.

Ya, saya rasa ke-5 cara yang diatas sudah cukup ampuh untuk mencegah penyadapan dan pembajakan akun wa anda. Untuk lebih lanjut, mungkin anda dapat menginstall antivirus di hp anda. Dan jangan lupa untuk menghidupkan kunci pola, kunci sandi atau fingerprint pada hp anda. Agar jika sewaktu hp anda hilang, nantinya akun wa, dan sosmed anda tetap aman dari tangan-tangan nakal di luar sana. Cukup sekian, dan semoga bermanfaat . .

Ini dia Cara agar wa / whatsapp tidak bisa disadap, dibajak dan dibobol oleh orang lain
4/ 5
Oleh

Leave your comment