Wednesday, October 17, 2018

Kenapa Baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai ?

Mungkin anda pernah menemui kasus aneh seperti ini. Baterai hp, baterai smartphone android tiba-tiba saja cepat berkurang atau cepat habis. Padahal hp tersebut tidak digunakan sama sekali. Eh, entah mengapa kok bisa-bisanya daya baterai menjadi berkurang dan tersedot habis ?.

Nah, sebenarnya apakah penyebab dari cepat habisnya baterai ini ?. Berikut penjelasannya . .

# Penyebab baterai hp yang cepat habis padahal tidak digunakan atau dipakai

1. Ada aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang

Bisa saja anda lupa menclose atau menutup aplikasi yang anda pakai. Atau mungkin ada virus di hp anda ?. Aplikasi yang sejenis virus adware dan sejenisnya. Biasanya mereka menyusup ke dalam hp karena si pemilik hp yang ceroboh. Suka install app dari sumber yang tidak jelas. Misalnya dari mendownload aplikasi selain dari google playstore.



Akibatnya aplikasi tersebut seringkali terbuka secara otomatis, suka menampilkan iklan ngak jelas saat menghidupkan koneksi internet. Dan yang terpenting aplikasi tersebut tetap berjalan di latar belakang, walaupun hp sudah di lock atau tidak sedang dipakai.

Akibat dari adanya aplikasi yang berjalan dilatar belakang ini. Maka batre hp anda lama-kelamaan akan terkuras habis. Terkadang malah cepat panas sendiri.

Untuk mengatasi masalah ini, ya cukup dengan cara menguninstall app hasil downloadan yang kiranya berbahaya. Dan juga selalu mendownload app android yang resmi dari google playstore.


2. Baterai hp yang sudah rusak

Banyak sekali faktor penyebab rusaknya baterai hp. Ada yang karena faktor usia, misalnya karena sudah bertahun-tahun dipakai. Ada juga yang rusak karena terjadinya kesalahan penggunaan. Misalnya karena sering mainan hp, mainan game sambil mengecas hp, dan sebagainya. Hal ini tentunya akan cepat merusak baterai hp anda.

Jika hal ini terjadi, maka tidak ada cara lain selain dengan mengganti baterai hp yang lama dengan batre hp yang baru. Jika baterai hp anda adalah tipe baterai removable / bisa dilepas. Maka anda tinggal membeli baterai hp baru di konter-konter hp atau di berbagai toko online yang ada dengan mudah.

Namun jika hp anda memiliki tipe baterai tanam, batre non-removable. Maka untuk menggantinya, jika anda tidak memiliki keterampilan dan keahlian khusus. Tentunya anda harus menggantinya dengan bantuan tukang service hp. Atau yang paling aman, langsung saja datangi service centre yang terkait dengan merk dan produk hp / smartphone android yang anda miliki.

Nah, pada intinya ya hanya ada dua penyebab utama mengenai cepat habisnya baterai hp walaupun tidak dipakai. Kalau tidak ada app yang sedang berjalan di latar belakang / background, ya pasti karena baterai hp anda sudah aus, bocor atau rusak.

Kenapa Baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment