Friday, October 12, 2018

Penyebab ram hp penuh padahal aplikasi sedikit dan cara mengatasinya

Mungkin anda pernah mengalami yang namanya ram hp android tiba-tiba saja menjadi penuh ?. Sehingga disaat anda membuka aplikasi atau disaat sedang bermain game. Tiba-tiba saja game yang anda mainkan menutup sendiri / force close. Bahkan tak jarang, hp android yang anda miliki malah menjadi merestart sendiri.

Nah, mengapa hal ini bisa terjadi ?. Kenapa ram hp cepat penuh padahal aplikasi yang terinstall di hp cuma sedikit ?. Berikut jawabannya . . .

# Penyebab ram hp cepat penuh padahal aplikasi sedikit dan cara mengatasinya

1. Aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi hp

RAM (Random Access memory) berfungsi untuk menyimpan memori sementara bagi setiap aplikasi atau proses yang sedang terjadi didalam hp anda. Dengan adanya ram, maka kecepatan prosessing data dan kegiatan multitasking akan semakin mudah.



Jika ram hp anda tiba-tiba saja menjadi penuh disaat anda membuka suatu game atau aplikasi. Bisa saja game atau aplikasi yang anda buka tidak kompatibel dengan hp anda. Game yang anda install memerlukan kinerja cpu, gpu, dan ram yang tinggi.

Misalnya jika ram hp anda cuma 1 GB, anda membuka game dengan spesifikasi minimum ram 2GB. Maka hal ini sudah jelas akan menguras memori ram hp anda.

Jadi solusi untuk mengurangi penggunaan ram ini adalah dengan cara menginstall berbagai aplikasi dan game yang sesuai dengan spesifikasi hp android anda. Serta dengan menguninstall (menghapus) semua aplikasi dan game berat yang tidak sesuai dengan spesifikasi hp android anda.

2. Ada aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang

Periksa berbagai jenis aplikasi yang sudah anda install. Siapa tahu ada aplikasi yang mencurigakan yang sedang berjalan secara diam-diam dilatar belakang hp anda.

Aplikasi tersebut selalu berjalan secara terus-menerus. Dan aplikasi tersebut bukanlah aplikasi bagian dari sistem, melainkan aplikasi asing yang tidak jelas asal-usulnya. Misalnya saja aplikasi tersebut adalah virus, adware, dan sejenisnya.

Untuk mencegah hal ini terjadi pada hp anda. Sebaiknya anda mendownload aplikasi resmi dari playstore. Jangan coba-coba mendownload aplikasi dan game mod dari situs abal-abal. Karena bisa jadi, aplikasi dan game mod tersebut sudah disisipi program jahat yang dapat merusak hp dan dapat mencuri data penting di hp android anda.


3. Terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan

Jika anda membuka galeri, kalkulator, google chrome, game online, dan lain sebagainya secara bersamaan. Maka hal ini akan menjadi beban bagi ram hp anda. Sehingga, walaupun aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan dari hp anda. Jika anda menggunakannya secara bersamaan dan secara sembarangan. Maka hal ini jelas akan membuat ram hp anda menjadi cepat penuh.

Solusi untuk hal ini adalah dengan cara membuka aplikasi dan game tanpa multitasking. Alias membukanya satu persatu. Setiap ingin membuka aplikasi dan game baru, jangan lupa untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan.

4. Kapasitas ram hp anda yang kecil

Jika ram hp android anda memanglah kecil. Maka tidak ada cara yang lain selain dengan membeli hp baru. Karena ram hp anda memang kecil dari pabrikannya, jadi ya cepat penuh juga ram hp android anda.

Jika anda tidak mampu untuk membeli hp baru yang memiliki ram yang besar. Download saja aplikasi pembersih ram di google playstore. Masukkan kata kunci "ram cleaner", di kotak pencarian google playstore. Maka disana anda akan menemukan berbagai jenis aplikasi pembersih ram, dari mulai yang gratis sampai dengan yang berbayar. Pilihlah aplikasi pembersih ram yang sesuai dengan selera anda. Kalau perlu coba satu-satu sekalian 🤣.

Dengan adanya aplikasi pembersih ram ini. Maka ram hp android anda akan cepat menjadi bersih kembali. Tidak cepat penuh, menjadi lega dan lancar untuk membuka berbagai game dan aplikasi.

Yap, begitulah beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi ram hp anda yang cepat penuh, walaupun cuma ada sedikit aplikasi. Cukup sekian, dan semoga bermanfaat.

Penyebab ram hp penuh padahal aplikasi sedikit dan cara mengatasinya
4/ 5
Oleh

Leave your comment