Wednesday, November 7, 2018

12 Cara agar hp android tidak lag & lemot saat bermain game online / offline

Disaat memainkan game di hp android. Dan disaat itu juga terjadi yang namanya lag, lemot atau lelet. Maka hal tersebut tentunya tidak terjadi begitu saja. Pastilah ada berbagai penyebab yang menyebabkan hp android kamu menjadi lag dan lemot saat digunakan untuk bermain game.

Nah, maka dari itu. Untuk mencegah agar hp android kamu tidak lag dan lemot disaat memainkan game. Ikuti saja berbagai cara yang tersebut di bawah ini.

# Cara agar hp android tidak lag/lemot saat bermain game

1. Hapus aplikasi dan game yang jarang dipakai

Hapus berbagai aplikasi dan game yang sudah tidak kamu pakai atau mainkan lagi. Dengan menguninstall berbagai app dan game yang tidak / jarang terpakai. Maka kamu akan dapat menghemat penggunaan rom hp kamu, sehingga nantinya game akan berjalan lebih lancar. Hal ini tentunya akan sangat berbeda jika memori internal / rom hp kamu kepenuhan. Pastinya nanti game akan menjadi lag, lemot bahkan force close sendiri.



2. Hapus file sampah dan cache

Hapus file sampah dan cache yang mengendap di hp android kamu. Hapus berbagai file yang tidak berguna dengan aplikasi yang sudah tertanam di bawaan hp kamu. Kalau di hp xiaomi sudah disediakan fitur untuk membersihkan file cache dan file yang tidak begitu dibutuhkan.

Namun, jika di hp kamu tidak ada aplikasi pembersih cache / sampah. Kamu dapat mendownloadnya di playstore, cari dengan keyword cache cleaner. Maka disana akan ada banyak aplikasi gratisan yang tersedia.

3. Kurangi penggunaan multitasking disaat bermain game

Dengan membuka aplikasi dan game secara bersamaan, maka hal ini dapat membebani kinerja hp android anda. Ram hp anda akan terkuras habis, kinerja cpu dan gpu hp anda akan menjadi lebih berat. Sehingga game yang anda mainkan nantinya akan menjadi lemot.

Maka untuk mencegah hal ini terjadi, cobalah untuk memainkan game tanpa membuka dan menjalankan aplikasi atau game lain. Sehingga nantinya game yang anda mainkan akan berjalan dengan lancar, tanpa lag dan lemot lagi.

4. Matikan aplikasi dan sinkronasi yang berjalan di belakang layar

Disaat memainkan game online, maka untuk mencegah yang namanya lag, gerak patah-patah dan sejenisnya. Maka hentikan sementara semua aplikasi dan sinkronisasi yang berjalan di latar belakang hp android anda.

Dengan mnghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan juga menghentikan sinkronisasi. Maka semua koneksi internet yang anda pakai akan diarahkan ke game online yang anda mainkan. Sehingga nantinya game online yang anda mainkan akan berjalan dengan lancar, tanpa lag dan patah-patah lagi.

5. Hidupkan fitur phone / game booster

Di hp xiaomi ada yang namanya mode hemat baterai. Dengan mode ini segala aktivitas sinkronisasi akan dimatikan. Sehingga disaat bermain game online, misalnya seperti mobile legend dan aov. Maka peluang game untuk menjadi lag akan semakin mengecil.

Jika di hp anda tidak ada aplikasi pembersih ram dan mode hemat baterai. Coba saja download aplikasi CCleaner atau Ram master memory optimizer di google playstore. Dalam aplikasi tersebut sudah tersedia berbagai fitur untuk meningkatkan performa permainan. Misalnya seperti pembersihan memori ram, file sampah, file cache dan sejenisnya.

6. Pastikan jaringan internet lancar

Jaringan internet yang bermasalah akan mengakibatkan pengalaman bermain game menjadi terganggu. Jika koneksi internet tidak stabil, maka berbagai game online yang anda mainkan tentunya akan menjadi lag dan lemot. Untuk mengatasi ini, pastikan terlebih dahulu kelancaran koneksi internet anda.

7. Hindari main game sambil ngecharge hp

Dengan bermain game sambil ngecas hp. Maka hal ini akan membuat baterai hp anda menjadi cepat panas. Dengan panasnya baterai hp, hal ini akan menjalar ke seluruh hardware hp android anda. Akibatnya performa hardware akan menurun, dan gamepun akan menjadi ngelag dan lemot saat dimainkan. Jadi bersabarlah dulu, ngecas dulu baru main game.

8. Hindari bermain game saat hp panas

Saat suhu hp menjadi tinggi, saat smartphone android menjadi panas. Maka performa cpu dan gpu hp android anda akan menurun. Sehingga nantinya game yang anda mainkan akan menjadi ngelag, lambat dan lemot.


Untuk mengatasi masalah ini, coba dinginkan hp anda sejenak. Berhenti mainan hp, aktivitas di dunia nyata saja sejenak. Setelah suhu hp anda mulai menurun. Baru lanjut ngegame lagi 😂 nolep.

9. Hindari main game saat baterai tinggal sedikit

Jika baterai hp tinggal sedikit, katakanlah tinggal 20% kebawah. Hal ini jika anda paksakan untuk memainkan game. Maka lama kelamaan baterai akan cepat terkuras habis, sedangkan performa game akan semakin menurun. Karena sistem hp anda mati-matian berusaha untuk menghemat penggunaan daya baterai yang tersisa. Bisa ditebak akhirnya, saat baterai tinggal sedikit, maka game akan cenderung menjadi ngelag dan lemot saat dimainkan.

Solusi untuk mengatasi ini tentunya adalah dengan cara mengisi daya baterai hp android anda terlebih dahulu. Setelah penuh, lanjut ngegame lagi.

10. Setting pengaturan game ke tampilan minimal / low

Jika hp anda ngelag saat memainkan game, baik itu game online atau game offline. Misalnya hp anda ngelag saat memainkan game mobile legend atau aov. Langsung saja, ubah pengaturan pada game. Ubah tampilan game ke versi minimal, matikan pengaturan hd pada game. Dan game pun nantinya akan menjadi lancar saat dimainkan.

11. Jangan bermain game yang melewati batas spesifikasi HP

Jika game yang anda mainkan tidak sesuai dengan spesifikasi hp android yang anda miliki. Maka sudah lumrah dan wajar jika nantinya game tersebut akan menjadi lag dan lemot saat dimainkan. Bahkan parahnya game akan menutup sendiri / force close, hp merestart sendiri dan yang paling parah malah bisa bootloop 🤣.

Maka dari itu sadar dirilah. Jika mau main game berat, game 3D, game HD, apalagi online. Ya spefikasi hp harus tinggi juga. Jangan harap hp berspek kentang / hp potato bisa main game HD.

12. Ganti HP

Nah, ini solusi yang terbaik. Jika hp anda berspek potato, berspek rendah bin kentang. Beli saja hp baru yang berspek tinggi. Kemudian download game hade yang anda inginkan. Dan mainkan sepuasnya game tersebut.

Cukup sekian dulu, begitulah beberapa cara untuk mengatasi lag dan lemot pada game yang anda mainkan di hp android. Semoga bermanfaat . . .

12 Cara agar hp android tidak lag & lemot saat bermain game online / offline
4/ 5
Oleh

Leave your comment