Thursday, November 8, 2018

9 Cara mempercepat hp android yang lemot, lelet bin ngelag

Hp android apapun jenis dan mereknya, mau itu hp android yang resmi / tanpa root atau juga hp android yang sudah di root. Terkadang disaat melakukan sesuatu, hp android yang kita pakai tiba-tiba saja menjadi lemot.

Misalnya saja disaat akan menggunakan aplikasi atau saat memainkan game di hp. Tiba-tiba saja hp android yang kita pakai menjadi lemot, ngelag dan lelet. Kira-kira bagaimanakah cara mengatasi hp android yang lemot ini ?. Berikut langkah-langkahnya . . .

9 Cara mempercepat hp android yang lemot, lelet bin ngelag

# Cara mempercepat hp android yang lemot

1. Rajin bersihkan ram dan file cache

Saat aplikasi atau game digunakan. Maka sistem akan menghasilkan sejumlah file cache yang akan ditumpuk di dalam memori internal. Begitupula dengan ram, disaat aplikasi digunakan maka kapasitas ram pun akan berkurang. Karena memori ram sudah digunakan oleh berbagai aplikasi dan game yang sudah anda pakai.



Jika memori ram banyak yang terpakai, maka akibatnya kapasitas ram yang digunakan akan semakin sedikit. Sehingga dapat membuat hp menjadi lemot. Begitupula dengan file cache, jika file cache semakin membengkak. Maka kapasitas memori internal akan semakin berkurang.

Kedua hal tersebut jika terus terjadi, maka akan mengakibatkan hp android menjadi lemot, lelet dan ngelag. Untuk mengatasi masalah ini, maka rajin-rajinlah untuk membersihkan file cache dan memori ram di hp anda.

Anda dapat mencari aplikasi pembersih cache dan ram di google playstore. Masukkan di kotak pencarian dengan keyword "ram cleaner", atau juga "cache cleaner". Maka disana akan ada banyak aplikasi gratisan yang siap anda coba.

2. Hapus junk file / file sampah

File sampah yang menumpuk di hp juga dapat membuat hp android menjadi lag. Jika rom hp android sudah kepenuhan, maka game dan aplikasi yang anda install tidak dapat digunakan. Karena tidak ada lagi ruang yang dapat dipakai untuk menulis data-data dalam aplikasi / game.

Jadi, jika anda punya foto, dokumen, video, file dan sebagainya yang dirasa sudah tidak dibutuhkan. Langsung saja hapus file tersebut. Agar memori internal hp menjadi lebih lega.

3. Hapus aplikasi dan game yang tidak terpakai

Aplikasi dan game yang jarang atau tidak terpakai sama sekali. Aplikasi dan game ini adalah sebuah kesia-siaan. Daripada app dan game ini memenuhi kapasitas memori hp anda. Mendingan dihapus / di uninstall saja. Agar nantinya hp menjadi lebih lega dan terhindar dari yang namanya lemot.

4. Matikan sinkronisasi

Sinkronisasi otomatis dari berbagai aplikasi yang ada di smartphone android akan membuat hp menjadi sering lemot dan ngelag. Misalnya jika anda menginstal berbagai aplikasi sosial media, dan sebagainya.

Jika diwaktu bersamaan ada notifikasi dan pengupdetan data secara otomatis. Bisa ditebak ujungnya, disaat anda mengaktifkan koneksi internet. Hp anda pasti langsung jadi ngelag.

Jadi, untuk mencegah hal ini terjadi. Maka setting pengaturan di hp anda, dan juga pada game dan aplikasi yang sudah anda install. Matikan sinkronisasi dan fitur update otomatisnya.

5. Tutup aplikasi lain yang sedang berjalan

Jika anda sering melakukan multitasking. Membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Maka hal ini jelas akan membuat hp anda menjadi sering ngelag dan lemot.

Untuk mengatasi masalah ini, ya mudah saja. Cukup buka game dan aplikasi satu-satu saja. Habis main game atau buka aplikasi, langsung saja di close / di tutup app dan gamenya. Agar tidak ikut memakan kinerja ram dan memori rom di hp anda.

6. Update os hp android

Terkadang ada saja bug di dalam sistem atau os hp android anda. Maka dari itu, untuk mencegah yang namanya error dan lemot karena bug. Jangan lupa untuk sering-sering mengupdate os terbaru yang sudah disediakan di hp anda.

7. Jangan pakai tema, wallpaper, screensaver dan launcher yang berat

Tema, wallpaper, screensaver dan juga launcher hp android terkadang malah membuat hp menjadi lemot. Apalagi jika anda memasang live wallpaper dan sejenisnya. Hal ini malah akan membuat hp anda menjadi semakin berat, lemot dan tentunya nanti baterai hp anda akan cepat terkuras habis.


Jadi sebaiknya gunakan atau pasang wallpaper, screensaver, tema dan launcher yang biasa saja. Jangan yang berat, dan penuh dengan animasi yang tidak berguna.

8. Mereset hp / factory reset

Jika anda sudah bingung dengan penyebab lemotnya hp anda. Tinggal reset saja hp anda, kembalikan kesetelan pabrik. Tentunya sebelum melakukan factory reset, jangan lupa untuk membackup data yang ada di dalam hp android anda. Karena jika hp android sudah di reset total, maka semua data yang ada di dalam memori internal hp akan di hapus. Dikembalikan seperti sedia kala / seperti setelan pabrikan sebelum hp diisi berbagai app, game, dan berbagai file asing lainnya.

Dengan factory reset ini, maka hp anda tentunya akan terbebas dari yang namanya lemot ini. Tapi, jika hp anda masih lemot dan suka eror saja setelah di factory reset. Mungkin sudah waktunya bagi anda untuk membeli hp android yang baru.

9. Overclock android

Saya rasa dengan meng-overclock cpu hp android ini akan dapat meningkatkan dan mempercepat kinerja hp anda. Namun cara overclock android ini cukup sulit dan beresiko. Karena harus meroot hp terlebih dahulu, dan tentunya juga dengan berbagai proses dan cara yang rumit. Jadi cara yang satu ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang sudah ahli di bidang oprek android saja.

Cukup sekian saja, begitulah ke-9 Cara mempercepat hp android yang lemot, lelet bin ngelag. Semoga bermanfaat...

9 Cara mempercepat hp android yang lemot, lelet bin ngelag
4/ 5
Oleh

Leave your comment