Tuesday, November 6, 2018

Cara memperbesar resolusi foto / gambar agar tidak pecah di hp android (tetap HD)

Tidak seperti gambar vektor, photo atau gambar yang berbasis pixel. Jika foto dan gambar pixel ini diperbesar ukuran atau resolusinya, mulai dari resolusi yang kecil / rendah ke resolusi atau ukuran gambar yang besar. Maka sudah pasti kualitas gambar atau foto akan berkurang. Sehingga nanti gambar yang dihasilkan akan menjadi buram, burik, kotak-kotak menjadi jelek, tidak hd sehingga tampak seperti gambar 8 bit 🤣.

Nah, untuk memperbesar gambar dan foto. Untuk meresize gambar dan foto beresolusi rendah agar tidak pecah dan menurun kualitas gambarnya, saya rasa ini cukup mustahil. Karena pada dasarnya gambar berbasis pixel pastinya akan mengalami penurunan kualitas gambar jika diresize.



Nah, untuk mengurangi rasio penurunan kualitas gambar ini. Tentunya harus ditempuh dengan berbagai cara, diantaranya sebagai berikut.

# Cara merubah ukuran gambar / foto beresolusi rendah agar tidak pecah di hp android

1. Perbesar gambar dengan medibang paint

Banyak aplikasi editing gambar dan photo di hp android. Tapi rasanya saya sudah mantap memakai aplikasi medibang ini. Karena fitur aplikasi medibang ini sudah cukup lengkap. Tidak kalah dengan fitur photoshop yang ada di komputer. Dengan aplikasi ini anda bisa membuat / mensketch gambar, mengedit gambar, foto dan sebagainya. Termasuk didalamnya fitur mengenai meresize ukuran gambar / foto agar tidak pecah.

Untuk meresize ukuran gambar sangatlah mudah.

A. Anda tinggal mengimport gambar
B. Lalu klik ikon pen yang ada kotaknya
C. Kemudian klik canvas settings
D. Pilih image size, dan atur resolusi pixel gambar yang diinginkan

Dan kemudian lihat sendiri hasilnya. Gambar beresolusi kecil jika diperbesar ukurannya tidak mudah menjadi pecah. Sebagai contoh lihat saja video tutorialnya di bawah ini.


2. Memperbaiki kualitas warna gambar

Mungkin anda sudah sering mencuri meme buatan orang di sosmed, misalnya di facebook. Anda sering mendownload ulang gambar yang sudah diupload orang. Sehingga nantinya kualitas gambar menjadi menurun, menjadi burik, bergambar 8bit.


Nah, untuk memperbaiki gambar seperti ini tentunya agak sulit. Karena sangat mustahil untuk diperbaiki kualitas gambarnya kecuali dengan coloring ulang / memperbaiki warna gambar secara manual. Dan juga mengedit pencahayaan, saturasi, kontras dan sebagainya secara manual. Jadi saran saya sih lebih baik cari gambar yang lain saja. Cari gambar yang lebih HD.

Yap, begitulah berbagai cara untuk memperbesar ukuran gambar yang beresolusi rendah agar tidak pecah dan rusak. Sehingga nantinya gambar lebih terlihat jelas, Hd dan enak untuk dipandang. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat ...

Cara memperbesar resolusi foto / gambar agar tidak pecah di hp android (tetap HD)
4/ 5
Oleh

Leave your comment