Friday, November 2, 2018

Kelebihan dan kekurangan belajar otodidak dibandingkan dengan belajar formal (dengan guru)

Setelah kemarin saya membahas mengenai pengertian otodidak dan cara belajar secara otodidak yang efektif. Maka kali ini kita akan membahas mengenai manfaat atau kelebihan dan kekurangan dari belajar otodidak dibandingkan dengan belajar secara formal (dengan bimbingan guru).

Nah, seperti yang saya sebutkan kemarin. Pada intinya belajar otodidak ini sama saja dengan belajar sendiri, belajar secara mandiri tanpa bimbingan dari guru secara langsung. Nah, mungkin anda bertanya-tanya, apasih kelebihan atau manfaat dari belajar otodidak ini ?. Berikut jawabannya . . .

# Kelebihan belajar secara otodidak

1. Terbiasa mandiri dan berpikir aktif

Ya, karena orang yang belajar secara otodidak ini selalu berusaha memperoleh ilmu dan skill yang ia inginkan. Maka sudah pasti ia akan menjadi lebih banyak berpikir dan berusaha lebih keras daripada mereka yang belajar dengan bantuan guru / pembimbing.

Maka tidak aneh lagi banyak kasus dimana ada seseorang yang sangat ahli dalam suatu bidang. Namun orang tersebut sama sekali tidak menempuh suatu pendidikan formal, misalnya seperti kuliah dan sejenisnya.

2. Mendapatkan lebih banyak ilmu pengetahuan

Berbeda dari orang yang belajar dengan bantuan guru / pembimbing. Orang yang belajar secara otodidak akan mendapatkan lebih banyak ilmu pengetahuan baru. Karena mereka belajar secara otodidak, mereka mengambil banyak ilmu dari berbagai sumber. Tidak monoton dari guru yang satu, dua dan itu-itu saja.



3. Dapat menemukan sesuatu yang baru

Jika orang yang belajar dengan bantuan guru, mereka cenderung mengikuti apa yang dikatakan oleh guru tersebut. Mereka mengikuti cara pandang guru mereka. Hal ini berbeda dengan orang yang belajar secara otodidak. Mereka belajar ilmu dari berbagai sumber yang berbeda. Sehingga banyak sudut pandang ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan.

Dari sini, mereka para pelajar otodidak. Akan dapat menarik suatu kesimpulan baru, menemukan inovasi dan kreasi baru. Dari berbagai sumber ilmu yang sudah mereka riset dan pelajari.

Contoh mudahnya jika di sekolah diajarkan rumus matematika yang misalnya 1+1 = 2. Maka orang yang belajar secara otodidak, dapat menemukan rumus yang baru. Misalnya 1+1 = 1, 1+1= 11, 1+1 = #. Dan lain sebagainya . .

4. Lebih leluasa dalam bereksperimen

Orang yang belajar secara otodidak, mereka lebih banyak mencoba daripada orang yang belajar secara formal. Mereka para pelajar otodidak lebih sering mempraktekkan ilmu yang mereka dapatkan.

Dari berbagai trial dan error yang mereka alami. Maka dari sinilah akan terlahir banyak expert, banyak ahli, banyak orang yang hebat, lebih hebat dari mereka yang belajar secara formal. Contoh mudahnya, Misalnya saja seperti sarjana pengangguran jaman now. Mereka akan kalah saing dengan bocah warnet yang sudah pinter buat cheat game.

5. Mendapatkan kepuasan batin

Orang yang belajar secara otodidak, ketika mereka sudah mencapai target dan tujuannya. Misalnya sudah ahli dalam bidang yang dipelajarinya. Maka mereka akan merasa puas dengan berbagai usaha dan rintangan yang sudah dilaluinya. Mereka semua belajar secara ikhlas, tanpa paksaan, belajar dengan niat tulus dari dalam hati.

# Kekurangan belajar secara otodidak

Tentunya semua hal memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Termasuk didalamnya ya mengenai belajar secara otodidak ini. Langsung saja berikut kekurangan dari belajar secara otodidak.

1. Kesulitan mencari bahan pembelajaran

Ya pada umumnya jika anda ingin mempelajari sesuatu secara otodidak. Maka anda akan mengalami kesulitan dalam mencari bahan pembelajaran. Tapi saya rasa di zaman yang serba digital ini. Saya rasa banyak ditemui berbagai materi pembelajaran di google dan youtube, jadi anda tidak perlu khawatir lagi 😂.


2. Kesulitan dalam mempelajari teori pembelajaran

Nah, masalah terbesar dari orang yang belajar secara otodidak ya mengenai pemahaman teori dari materi pembelajaran yang ia pelajari. Berbeda dari orang yang belajar dengan bantuan bimbingan dari guru. Orang yang belajar secara otodidak harus mati-matian mempelajari sesuatu secara sendirian.

3. Sering mengalami kegagalan

Orang yang belajar secara otodidak seringkali mengalami banyak kesalahan dan kegagalan didalam mempraktekkan ilmu yang sudah mereka dapatkan. Namun dari kegagalan demi kegagalan yang mereka lalui, maka suatu saat pasti mereka akan menemukan hasil yang memuaskan.

4. Pembelajaran yang tidak sistematis

Berbeda dari orang yang menempuh jalur pendidikan secara formal. Orang yang belajar secara otodidak cenderung belajar secara tidak sistematis. Mereka belajar dari berbagai sumber ilmu yang ada, sering loncat-loncat dari materi satu ke materi yang lainnya. Belajar mereka seringkali acak-acakan, dan tidak urut.

5. Dilanda stres

Karena mereka para pelajar otodidak selalu belajar sendirian, selalu memahami sesuatu dengan daya pikir mereka sendiri. Maka sudah wajar mereka lebih sering dilanda stres karena terlalu banyak berpikir dan mengalami kegagalan didalam usaha / praktek yang mereka lakukan.

Yap, pada intinya semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika anda ingin belajar secara otodidak, tentunya anda tahu dengan segala resikonya. Jadi semua pilihan ada di tangan anda sendiri. Cukup sekian dan semoga bermanfaat . . .

Kelebihan dan kekurangan belajar otodidak dibandingkan dengan belajar formal (dengan guru)
4/ 5
Oleh

Leave your comment