Wednesday, August 9, 2017

Apa itu visual novel ? dan apa itu game visual novel ?

Visual novel. sepertinya kata ini tidak asing lagi bagi para gamers, wibu, waebo, anime lovers, novelis dan sebangsanya. Mungkin kamu pernah memainkan game visual novel, atau mungkin juga pernah melihat temanmu memainkan dan membahas game visual novel. Jadi sebenarnya, apakah visual novel itu ?.

Apa itu visual novel ? dan apa itu game visual novel ?

Sumber gambar : Unity 3D forum

Visual novel terdiri dari dua kata yakni kata “visual” dan kata “novel”. Visual sendiri artinya adalah, segala sesuatu yang dapat dilihat dengan indra penglihatan atau mata. Dalam artian nampak jelas dimata, dapat dilihat dan dijelaskan bentuk dan warnanya.

Sedangkan novel artinya adalah sebuah cerita atau karangan atau juga prosa yang panjang dan kompleks, yang berisikan kisah jalan hidup tokoh atau karakter utama dan juga karakter disekelilingnya (pembantu, antagonis, protagonis, figuran, dan lainya).

Sedangkan Visual novel artinya adalah sebuah karya fiksi yang berupa novel interaktif, yang berisi cerita dan artwork visual maupun audio yang ditambahkan kedalam novel. Biasanya artwork berupa gambar-gambar tokoh, latar tempat dan kejadian yang ada di dalam novel. Gambar artwork pada umumnya mirip style gambar anime. Terkadang juga dengan style gambar yang lain, gambar komik misalnya maupun juga berupa gambar 3D dan foto asli, terkadang juga ada video dan juga suara atau audio, bgm yang disisipkan ke dalam novel, dalam format atau bentuk digital. Sehingga novel mudah dipahami dan tampak hidup.



Visual novel pada umumnya dibuat dalam bentuk game. Sehingga para pembaca dapat berinteraksi langsung dengan novel. Para pemain game atau pembaca dapat menentukan jalan cerita di dalam novel. Sehingga nantinya novel memiliki banyak ending yang berbeda dan menambah daya tarik novel tersebut.

Game visual novel juga memiliki elemen-elemen game didalamnya, entah ditambahkan puzzle, minigame, elemen rpg, dan lain sebagainya. Sehingga tidak berbeda dengan game pada umumnya. Para pemain game visual novel nantinya menjadi salah satu karakter didalam novel, mereka dituntut untuk menjalankan quest dan misi, menjawab pertanyaan karakter lainnya dengan tepat, ikut berinteraksi dengan karakter fiksi, dan memecahkan berbagai masalah yang ada di dalam game. Sehingga game visual novel tersebut selesai dan tamat sesuai dengan pencapaian dan jawaban yang dipilih oleh para pemain.

Cerita dan game visual novel memiliki banyak genre, sama dengan game pada umumnya. Ada yang bergenre rpg dan quest, ada juga yang bergenre horror, drama, tragedy, romance bahkan yang bergenre dewasa. Tentunya sesuai dengan genre game yang ingin dibuat para developer game, yang mana yang laris dipasaran, genre itulah yang paling banyak dibuat dan dipasarkan. Contoh game-game visual novel diantaranya game fate stay night, danganropa, corpse party, clanad, steins gate, dan lain sebagainya.

Banyak juga game visual novel yang diadaptasikan menjadi anime, dan juga sebaliknya. Karena memang visual novel berasal dan terkenal dari negeri matahari terbit atau jepang. Jadi wajar judul game, artwork, bahasa dan tema game kebanyakan ada unsur jepangnya.

Apa itu visual novel ? dan apa itu game visual novel ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment