Tuesday, September 26, 2017

Cara melakukan lucid dream tanpa sleep paralysis

Rasanya lucid dream (mimpi sadar) tidak dapat dipisahkan dari yang namanya sleep paralysis (rep-repan atau tindihan). Karena memang lucid dream adalah suatu kondisi, dimana kesadaran kita masih sedikit berfungsi diwaktu tidur, singkatnya “masih setengah sadar”. Dan disaat itulah imajinasi yang kita bayangkan akan ditampilkan dalam bentuk gambar kejadian, rasa, suara, dan lain nya secara jelas di dalam mimpi.

Cara melakukan lucid dream tanpa sleep paralysis

Pada saat kondisi setengah sadar itulah yang menyebabkan sleep paralysis. Karena tubuh merespon stimulus (rangsangan) yang di dapat dari otak, otak (pikiran) anda sudah terbangun dan tersadar, namun tubuh anda masih belum siap, akhirnya terjadilah rep-repan atau tindihan. Jadi semua orang yang mencoba lucid dream pasti setidaknya pernah mengalami sleep paralysis. Entah saat akan memasuki lucid dream, maupun ditengah-tengah mimpi (lucid dream). Namun, anda tidak usah khawatir. Karena ada metode yang digunakan untuk langsung dapat berlucid dream tanpa harus mengalami sleep paralysis. Metode tersebut di luar negri sering disebut dengan teknik DILD (Dream Induced Lucid Dream). Dengan metode ini kita dapat langsung tersadar di dalam mimpi. Cara melakukan metode atau teknik DILD, simak saja urutan nya dibawah ini.

A. Melatih kesadaran

Melatih kesadaran yang dimaksud disini, adalah melatih “membedakan mana dunia nyata dan mana yang dunia mimpi”. Latihan nya dapat berupa pengamatan, dan pemahaman. Pengamatan, maksudnya adalah mengamati kondisi ruang atau kamar tidur anda, mengamati rumah dan lingkungan anda, mengamati tubuh anda. Pemahaman disini maksudnya adalah, anda harus paham untuk membedakan nya. Misal, jam dinding dikamar anda berputar secara normal di dunia nyata. Namun di dalam mimpi malah berputar tidak beraturan. Tangan anda di dunia nyata masih lengkap, sedangkan di dunia mimpi agak buram dan bercabang banyak, dan lain sebagainya. Gampangnya tiap hari coba latihan dibawah ini.

1. Mengamati tangan anda
2. Mengamati lingkungan kamar tidur dan rumah anda
3. Mengamati jam dinding / jam di layar hp anda

Jika anda sudah terbiasa, maka secara tidak sadar di dalam mimpi anda langsung akan melihat tangan ataupun lingkungan disekeliling anda. Akibatnya, jika anda merasa ada yang aneh. Anda akan langsung sadar dan dapat melakukan lucid dream tanpa harus mengalami sleep paralysis (tindihan reprepan). Memang cara ini agak lama berhasilnya, namun sangat mudah untuk dipraktekkan.




B. membuat jurnal mimpi

Membuat jurnal mimpi atau mencatat mimpi anda setiap bangun dari tidur, dapat menguatkan ingatan anda. Sehingga mimpi yang barusan anda alami dapat dijelaskan secara detailnya. Tidak langsung hilang karena terlupakan. Maka dari itu setelah anda bangun dari tidur, langsung ingat mimpi anda, jangan melakukan hal lain seperti mengingat jadwal kerja anda. Karena dapat membuat mimpi anda menjadi buyar, dan terlupa.

Selain itu dengan jurnal mimpi yang anda buat, anda dapat membaca dan membayangkan kejadian nya sebelum anda tidur. Diharapkan anda dapat meresume mimpi (save load). Sehingga anda langsung tersadar bahwa anda sedang bermimpi dan bukan sedang berada di dunia nyata.

C. Bangun tidur, minum air putih, dan tidur lagi

Untuk cepat mendapat lucid dream, anda terlebih dahulu menyetel alarm supaya anda terbangun ditengah tidur anda, kemudian anda dapat tidur terlebih dahulu seperti biasanya. Setelah anda terbangun dari tidur karena bunyi alarm. Kemudian anda minum sedikit air, atau mungkin buang air kecil terlebih dahulu, Kemudian tidur lagi. Sambil mengingat mimpi anda yang tadi. Dan setelah anda tertidur lagi, maka anda dapat langsung melanjutkan mimpi, dan anda dapat tersadar di dalam mimpi.

Saya rasa cara diatas cukup ampuh untuk dilakukan. Sehingga anda dapat melakukan lucid dream tanpa mengalami tindihan atau sleep paralysis. Selain itu biasakan untuk membaca doa sebelum tidur, agar anda tidak mengalami mimpi buruk yang dapat membuat anda kelelahan dan berkeringat banyak.

Cara melakukan lucid dream tanpa sleep paralysis
4/ 5
Oleh

Leave your comment