Sunday, September 24, 2017

Efek (dampak, manfaat) positif, negatif (buruk) lucid dream

Lucid dream merupakan salah satu sarana hiburan yang tidak memakan terlalu banyak biaya. Anda cukup hanya tidur saja dan anda sudah dapat melakukan lucid dream (mimpi sadar). Banyak pendapat yang membahas masalah lucid dream ini, ada yang menganggapnya murni sebagai ilmu sains, tapi tidak sedikit yang mengaitkan nya dengan ilmu ghaib. Semua tergantung persepsi dan pemahaman anda masing-masing. Tapi menurut saya lucid dream ini memang masih berada di ranah ilmu sains (psikologi), bukan termasuk kedalam ilmu klenik / ghaib Jika tidak melibatkan berbagai unsur sihir (klenik) seperti khodam, jin pembantu, qarin, jessica method dan berbagai ritual sesat lain nya. Jika melibatkan mahkluk yang tersebut diatas maka lucid dream masuk ke dalam ilmu sesat (klenik). Dan juga jika lucid dream digunakan untuk hal negatif, seperti ena-ena maka ada permainan setan di dalamnya. Namun jika sebatas hanya mewujudkan imajinasi di arah yang positif maka lucid dream aman-aman saja.

Efek (dampak, manfaat) positif, negatif (buruk) lucid dream

Nah setelah membahas sedikit tentang keabsahan lucid dream, sekarang mari kita bahas mengenai efek, dampak dari lucid dream, baik secara positif (manfaat) maupun negatif.

1. Manfaat (dampak positif) lucid dream

A. Lucid dream Sebagai sarana hiburan

Lucid dream dapat menjadi sarana hiburan bagi orang yang sudah suntuk dan penat dengan keseharian yang dilaluinya. Tidak seperti game, film, maupun hiburan lain nya. Dengan lucid dream anda dapat langsung menjadi karakter yang anda inginkan, entah itu karakter game, anime, film, dan lain nya. Sarana hiburan yang murah meriah, tanpa perlu VR canggih seperti film sawo, anda dapat merasakan nikmatnya teknologi game vr di pikiran anda.

B. Lucid dream digunakan untuk Mewujudkan imajinasi / impian yang tidak dapat diwujudkan di dunia nyata

Selain untuk hiburan, anda juga bebas berimajinasi di dunia yang berkesan dikhususkan untuk anda (milik anda). Jadi anda bebas berkreasi dan berimajinasi sesuka hati. Anda pun dapat mewujudkan berbagai imajinasi dan impian anda yang tidak mungkin diwujudkan di dunia nyata. Seperti masuk kedunia anime dan game. Dan menjadi karakter favorit anda, anda dapat dengan bebas berchuunibyo ria.




C. Lucid dream digunakan sebagai sarana mencari ide dan inspirasi

Dengan bebasnya imajinasi dan daya pikir anda, anda dapat mencoba berbagai hal baru di dalam dunia lucid dream, mencoba mencari inspirasi baru. Misalnya bagi developer game, pembuat film, novelis, dan para pengusaha. Dapat mencari dan mencoba berbagai ide, kreasi dan inovasi baru di dalam dunia mimpi.

2. Dampak dan efek buruk / negatif lucid dream

A. Lucid dream dapat menyebabkan Kualitas tidur menjadi berkurang (buruk)

Karena otak dipaksa untuk bekerja ekstra (berpikir) disaat tidur, maka kualitas tidur anda akan menjadi buruk. Setelah bangun dari tidur dan lucid dream, anda akan merasa masih lelah, dan mengantuk. Terkadang juga merasa lemas dan pusing jika berlebihan berlucid dream. Maka dari itu sebaiknya jangan setiap hari atau juga keseringan bermimpi sadar / lucid dream.

B. Lucid dream dapat menyebabkan ketagihan

Jika sudah kecanduan berada di dunia mimpi, anda akan sering tidur dan menjahui aktivitas di dunia nyata. Hal ini dapat menganggu kondisi kesehatan fisik dan mental anda (sosialisasi). Maka dari itu anggaplah lucid dream sebagai hiburan saja, bukan sebagai kebutuhan. Dan jangan lupa mementingkan kehidupan anda daripada bermimpi terus, kenapa tidak anda wujudkan di dunia nyata ?.

C. Lucid dream dapat menjadi tempat bermaksiat (berbuat buruk, permainan setan)

Jin / setan dapat masuk ke dalam mimpi manusia, jika anda berbuat jahat, membalas dendam, ena-ena di dunia mimpi, dan lain nya, sama saja melancarkan jin dan setan untuk menjerumuskan anda. Bisa jadi anda malah ena-ena dengan jin. Kan bisa gawat jadinya.

D. Lucid dream dapat menyebabkan kaburnya batas antara dunia nyata dan mimpi

Sepertinya ini hanya terjadi di dalam cerita fiksi saja, namun perlu juga dijelaskan. Jika anda sudah sering berlucid dream, dan panca indra anda di dunia mimpi berfungsi sepenuhnya sama atau bahkan lebih daripada di dunia nyata. Maka setelah terbangun dari tidur, anda mungkin dapat menganggap dunia nyata adalah dunia mimpi, dan sebaliknya. Akibatnya jika dunia nyata yang anda anggap sebagai dunia mimpi, dengan sengaja anda melukai orang, dan berbuat yang aneh-aneh. Resiko nya anda akan di cap sebagai kriminal atau juga dianggap sebagai orang sakit jiwa (gila).

Saya rasa begitulah dampak, efek, resiko baik dan buruk dari lucid dream atau mimpi sadar, semua dampak tergantung dari sikap dan perilaku anda sendiri. Anda mau berlaku positif atau negatif, anda sendiri yang menanggung resikonya. Mau berbahaya atau tidak, anda sendiri yang harus mengontrolnya. Menurut saya sih, lucid dream tidak berbahaya, jika anda tidak berhubungan dengan mahkluk dan ilmu ghaib.

#Tambahan.

Jika anda mati di dalam dunia mimpi atau lucid dream, maka di dunia nyata anda akan baik-baik saja (kecuali jika tuhan menghendaki yang lain). Tidak seperti game dalam anime SAO (Sword Art Online), mati di dalam game = mati di dunia nyata. Jadi anda dapat tenang dan melanjutkan mimpi anda. Terima kasih. Selamat malam, dan semoga bermimpi dengan indah. – jones.

Efek (dampak, manfaat) positif, negatif (buruk) lucid dream
4/ 5
Oleh

Leave your comment