Sunday, October 8, 2017

Efek (Dampak) buruk akibat terlalu banyak pikiran (berpikir) / stres

Berpikir memang wajib bagi manusia, karena memang manusia merupakan makhluk yang berakal. Dengan berpikir, manusia dapat membuat berbagai hal yang bermanfaat dan dapat memudahkan segala sesuatu di dalam hidupanya. namun jika Terlalu banyak pikiran, apalagi memikirkan tentang beban hidup, malah akan berdampak buruk bagi kesehatan nya. Semua yang berlebihan memanglah tidak baik, Termasuk jika terlalu banyak berpikir, baik itu pikiran yang positif maupun yang mengarah ke arah negatif. Walaupun tentunya lebih berbahaya karena berpikir negatif, banyak berpikir juga dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi kondisi jiwa dan raga manusia, sehingga menimbulkan banyaknya penyakit yang menyerang. Berikut beberapa dampak buruk yang diakibatkan dari banyaknya pikiran atau terlalu banyak berpikir :

Efek (Dampak) buruk akibat terlalu banyak pikiran (berpikir) / stres

1. Stress

Banyak berpikir dan juga banyak pikiran tentunya dapat membuat seseorang menjadi stres, otak akan menjadi lelah jika terus dipaksakan untuk berpikir, akibatnya strespun melanda, apalagi jika otak anda banyak digunakan untuk memikirkan beban hidup dan sesuatu yang tidak penting. Saat stres melanda, rasa cemas, khawatir, tidak enak, tekanan hidup dan lain nya bercampur aduk di dalam pikiran anda. Dari stress inilah berbagai penyakit akan mulai bermunculan.

2. Sakit lambung (Maag)

Saat stres melanda, produksi asam lambung di dalam lambung akan meningkat. Pada saat itu anda mungkin akan merasa lapar, namun jika terus dipaksakan berpikir, atau setiap hari mengalami stres. Lama-kelamaan lambung anda akan error, produksi asam lambung anda akan sulit terkendali, andapun secara tidak sadar mungkin malah banyak nyemil dan mengkomsumsi berbagai makanan di saat anda sedang stres. Akibatnya, lama-kelamaan anda akan mengalami gangguan di lambung anda, seperti sakit maag, tukak lambung maupun gerd, dan berbagai masalah lambung lain nya.

3. Sakit kepala (pusing)

Karena terlalu banyak berpikir, dapat memicu stres dipikiran anda. Karena tekanan mental yang anda alami, karena kelelahan dalam berpikir, dapat membuat kepala anda menjadi pusing. Tidak jarang juga malah menaikkan tekanan darah anda, sehingga memicu timbulnya darah tinggi.




4. Darah tinggi

Saat anda terlalu banyak pikiran, secara tidak sadar anda akan mengalami stres. Dari stres ini dapat memicu penyakit darah tingggi. Rasa cemas, dan stres dapat membuat tubuh anda menjadi tegang dan pikiran anda menjadi tidak tenang, akibatnya pembuluh darah anda menjadi menyempit, dan naiklah tekanan darah anda dengan seketika.

5. Sesak nafas dan juga rhinitis

Di saat anda mengalami stres karena terlalu banyak berpikir, tekanan di daerah sekitar wajah dan kepala anda akan meningkat. Di saat berpikir dengan dalam, secara tidak sadar anda mengerutkan wajah anda, dan membuat tekanan di sekitar wajah anda meningkat, asam lambung pun akan naik. Akibatnya memicu timbulnya penyakit rhinitis vasomotor, apalagi jika anda mengalami stres berkepanjangan. Maka bukan tidak mungkin lama-kelamaan anda akan menderita sesak nafas, karena sirkulasi pernafasan, darah dan asam lambung anda yang tidak terkontrol karena terlalu depresi dan juga stres.

6. Insomnia (susah tidur)

Akibat terlalu banyak pikiran, khususnya diwaktu malam. Dapat membuat anda menjadi kesulitan untuk tidur, karena pikiran anda tidak tenang dan malah memicu stres. Akibatnya anda menjadi insomnia. Dari sinilah berbagai macam penyakit lain nya akan bermunculan, karena kurangnya tidur, tubuh tidak cukup mendapat waktu untuk beristirahat. Sehingga muncullah berbagai penyakit serius di kemudian hari, seperti sakit lambung, lever, darah tinggi, diabetes, sakit jantung, berhalusinasi parah dan lain sebagainya.

7. Tubuh menjadi kurus

Karena terlalu banyak berpikir, atau terlalu banyak pikiran, tubuh akan menjadi kurus. Karena banyak energi yang dipakai untuk berpikir, sehingga nutrisi yang seharusnya digunakan untuk membangun tubuh (misal, simpanan lemak dan daging) menjadi tersedot (dialihkan) keotak. Akibatnya tubuh akan menjadi kurus dan kerempeng. Contohnya para programmer, seniman, penulis, dan lain sebagainya. Jika ia tidak mampu mengolah waktunya. Maka tubuhnya akan menjadi kurus, karena stres dan banyak pikiran.

8. Gairah pada laki-laki dan wanita akan menurun

Akibat terlalu banyak pikiran, entah itu pria dan wanita, cewek atau cowok akan menjadi stres dan lelah mentalnya. Akibatnya pasangan suami istri akan menjadi tidak nafsu, tidak mood untuk melakukan ena-ena atau bercinta. Produksi hormon testoteron pun juga akan menurun.

Maka dari itu, usahakan lah jangan terlalu banyak pikiran. Sesekali nikmatilah hidup ini, masih banyak orang di luar sana yang memiliki masalah yang lebih sulit dari anda. Dan masih banyak juga orang di dunia ini yang memikirkan sesuatu yang terbaik buat bumi kita tercinta, jadi jangan berjuang sendiri, bagilah beban hidup anda, bagilah ide kreatif anda. Agar beban hidup anda dapat berkurang, sehingga anda dapat terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang badan. Ya, begitulah sedikit cara mengobati dan mengatasi beban hidup dan banyak pikiran yang menghantui anda. Semoga bermanfaat.

Efek (Dampak) buruk akibat terlalu banyak pikiran (berpikir) / stres
4/ 5
Oleh

2 comments

March 8, 2018 at 8:52 AM delete

Banyak pikiran bisa menyebabkan kematian

Reply
avatar
March 8, 2018 at 9:07 AM delete

he.he. emang yang berlebihan itu ngak baik gan. bisa jadi jika Tuhan berkehendak demikian, ya bisa aja ada orang yang mati karena kebanyakan pikiran. misalnya kena serangan jantung gitu.

Reply
avatar

Leave your comment