Friday, November 17, 2017

Mengapa hujan dapat mempengaruhi emosi seseorang (Menyebabkan rasa rindu, sedih, tenang dan damai)

Hujan, merupakan salah satu fenomena alam yang sangat sering sekali terjadi di indonesia. Karena memang indonesia merupakan negara tropis, negara dengan 2 musim, jadi wajar jika di indonesia sering dilanda hujan.

Disaat hujan datang, banyak sekali orang-orang yang mengeluh karena hujan telah mengganggu aktivitas sehari-hari mereka. Misalnya saja seperti ibu-ibu yang sedang menjemur pakaian, ketika hujan, pasti ibu-ibu menjadi kebingungan untuk mengangkat jemuran. Atau juga para pelajar dan pekerja yang terganggu aktivitasnya karena hujan. Mereka mengeluh karena telat datang ke sekolah atau ke tempat kerja, Atau juga karena seragam mereka kehujanan. Namun, tidak sedikit pula yang bersyukur, karena hujan dapat mengatasi kekeringan dan juga menyuburkan berbagai tanaman yang menopang kehidupan.

Mengapa hujan dapat mempengaruhi emosi seseorang (Menyebabkan rasa rindu, sedih, tenang dan damai)

Nah, disaat hujan datang, terkadang anda merasakan berbagai emosi yang bermunculan di dalam diri anda. Di saat anda sedang sendirian, menatap hujan rintik yang turun terjatuh dari langit, menetes ke tanah dan atap rumah dengan suara yang merdu. Hal tersebut dapat membuat anda menjadi rindu, menjadi ingat dengan kenangan masa lalu. Tak jarang, hal tersebut dapat membuat anda menjadi merasa sedih. Terkadang juga, alunan rintik hujan membuat suasana hati anda menjadi damai dan juga tenang. Anda merasa bebas, semua beban pikiran serasa menghilang. Seakan hanyut dan bersih disapu air hujan. Nah, mengapa hal tersebut dapat terjadi ? apakah penyebab dan rahasianya ?. apakah alasan nya ?. Langsung saja, berikut penyebab perubahan emosi disaat hujan turun.

1. Alunan lagu rintik hujan

Hujan yang turun dengan jangka waktu yang lama, dengan volume hujan yang cenderung tetap. Dapat menciptakan sebuah alunan lagu yang dapat merangsang dan menstimulus otak kita. Layaknya sebuah lullaby dan lagu lain nya, Alunan lagu dari rintik hujan dapat mempengaruhi emosi kita. Dan emosi yang ditimbulkan, tergantung dari kondisi dan suasana hati orang yang sedang memperhatikan suara dan irama tetesan hujan tersebut. Jika anda orang yang sangat sibuk, jangankan hujan rintik-rintik, ada badai saja anda tidak mau peduli.

2. Kondisi dan suasana hati sebelum hujan turun

Jika anda sendirian, menatap hujan yang turun dari langit. Anda mendengar alunan lagu rintik hujan yang jatuh membasahi bumi. Anda cenderung akan teringat sebuah kenangan, anda merasa rindu dengan seseorang, rindu dengan kenangan masa lalu. Teringat dengan orang yang sudah tiada, kekasih yang sudah pergi meninggalkan anda. Teringat kenangan masa kecil, atau teringat kenangan indah lain nya. Misalnya kenangan bersama mantan. Anda pun akan terbawa suasana, apalagi anda seorang jones dari lahir, anda akan merasa semakin sedih, galau dan pilu. Hal tersebut dikarenakan anda sedang merenung dan sendirian. Anda merasa sedih atau juga depresi dan kesepian, jauh sebelum hujan datang dan turun membasahi bumi :’( .

Namun, jika sebaliknya suasana hati anda sedang bahagia. Anda merasa senang dengan suatu hal, anda merasa bersyukur dengan turun nya hujan. Alunan lagu rintik hujan tersebut akan membuat hati anda menjadi merasa tenang dan damai. Anda merasa menjadi orang yang paling bahagia, bebas lepas dari semua masalah yang ada.

Jika hujan turun dengan sangat deras disertai petir yang menyambar, mungkin anda akan merasa jengkel dan ketakutan. Begitupula jika anda sedang sibuk dengan kerjaan di dalam rumah, kantor atau aktivitas indoor lain nya. Anda akan tidak peduli dengan datang nya hujan.

3. Kesimpulan

Jadi pada intinya, alunan lagu pada saat hujan turun. Dapat mempengaruhi emosi seseorang, sama seperti lagu-lagu pada umumnya. Dan emosi yang muncul di saat hujan, tergantung dari kondisi dan suasana hati seseorang sebelum turun atau datangnya hujan. Jika anda merasa senang dan damai jika hujan turun, berarti anda dapat disebut juga sebagai seorang pluviophile. Pluviophile adalah sebutan untuk orang yang menikmati dan merasa senang, tenang dan damai ketika hujan datang.

Mengapa hujan dapat mempengaruhi emosi seseorang (Menyebabkan rasa rindu, sedih, tenang dan damai)
4/ 5
Oleh

Leave your comment