Monday, November 13, 2017

Pengertian, Penyebab, Gejala, Cara mencegah dan mengobati sakit cantengan

Dulu waktu smp, saya pernah mengalami sakit cantengan yang cukup parah. Karena saya terus memaksakan untuk memakai sepatu saat sakit cantengan. Akibatnya, luka di jempol kaki saya semakin parah dan sampai berair. Aroma sepatu dan kaos kaki pun tambah tidak sedap :’v. Apalagi jika sepatu saya tidak sengaja terinjak teman dan juga tidak sengaja terbentur kaki meja. Rasanya sakit, tentunya juga berdarah. Karena sudah lama tidak kunjung sembuh, akhirnya saya memutuskan untuk operasi kecil di puskesmas. Kuku kaki saya diangkat, dengan hanya bius lokal di jempol kaki saya. Rasanya memang sakit saat pembiusan (penyuntikan jarum di jempol kaki), apalagi melihat dengan mata kepala sendiri saat pencabutan kuku kaki saya. Rasanya ngilu-ngilu sedap. Selang beberapa lama setelah operasi pengangkatan kuku. Kuku saya pun perlahan mulai tumbuh seperti sedia kala, seperti halnya malica yang dibesarkan dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Pengertian, Penyebab, Gejala, Cara mencegah dan mengobati sakit cantengan

Nah, jika anda tidak ingin cantengan anda bertambah semakin parah seperti saya dulu. Coba simak selengkapnya mengenai cantengan dibawah ini.

A. Apa itu cantengan ?

Cantengan dalam dunia medis atau dalam bahasa inggris disebut juga sebagai “Paronychia”. Cantengan adalah suatu infeksi yang biasanya terjadi pada pinggiran ibu jari kaki (jempol kaki), namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada jari-jemari yang lain nya. Termasuk pada jari tangan dan jempol di tangan.

Pada umumnya cantengan terjadi karena kuku ibu jari kaki menusuk atau tumbuh menembus daging ibu jari kaki, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan infeksi (bakteri dan jamur). Baik karena kesengajaan maupun tidak sengaja. Misalnya karena kesalahan memotong kuku, maupun karena tersandung dan lain sebagainya.

B. Gejala sakit cantengan

Pada umumnya sakit cantengan memiliki gejala yang mirip dengan gejala infeksi pada umumnya, selengkapnya seperti di bawah ini:

1. Terjadinya pembengkakan di pinggir ibu jari kaki, karena kuku menembus kulit / daging ibu jari kaki.
2. Pinggir ibu jari kaki memerah dan sakit, baik disentuh atau tidak (nyut-nyutan / nyeri).
3. Permukaan kulit yang membengkak, atau memerah pada ibu jari kaki terasa lebih hangat jika disentuh.
4. Pinggir ibu jari kaki terdapat nanah yang belum keluar (bisul / abses).
5. Mengalami demam, jika infeksi sudah cukup parah.

Seperti yang tersebut diatas, jika anda mengalaminya. Berarti anda positif mengalami cantengan. Jika anda terkena cantengan, tentunya anda akan kesulitan berjalan karena jempol kaki anda terasa sakit, dan bengkak. Begitupula dengan bau kaki anda, malah bertambah tidak sedap, karena banyaknya bakteri dan jamur yang berkumpul di luka ibu jari kaki anda.

C. Penyebab terjadinya sakit cantengan

Penyebab sakit cantengan sangat banyak dan bermacam-macam. Ada yang karena unsur kesengajaan, maupun tidak. Namun lebih banyak karena unsur ketidak sengajaan dan ketidak tahuan (ceroboh). Misalnya seperti karena tersandung kaki meja, dan sebagainya.




Untuk selengkapnya, mengenai penyebab dari kuku cantengan ada di bawah ini :

1. Kesalahan memotong kuku

Kuku yang dipotong sampai habis, tanpa menyisakan pinggiran kuku ibu jari. Hal tersebut beresiko membuat kuku anda tumbuh menyamping dan menusuk kulit dan daging ibu jari anda. Apalagi jika anda adalah orang yang banyak beraktivitas dengan kaki anda. Jika anda ceroboh, maka kuku anda akan menyayat dan menusuk kulit dan daging ibu jari kaki anda sendiri. Maka dari itu perbaiki cara memotong kuku anda, jangan sampai kuku anda menjadi tajam.

2. Membiarkan kuku terlalu panjang

Jika anda membiarkan kuku anda terlalu panjang. Jika saat anda ceroboh dalam berjalan, berlari, memakai sepatu, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat mengakibatkan kuku kaki anda menusuk daging jempol kaki anda sendiri. Dari sanalah berbagai kuman, bakteri dan jamur akan masuk dan menyebabkan infeksi.

3. Memakai sepatu yang terlalu sempit

Sepatu yang terlalu sempit dapat menekan jari kaki anda. Sehingga kaki anda dipaksa untuk mengkerut, menyesuaikan dengan tempat yang sempit. Akibatnya, saat berjalan. Kuku kaki anda dapat menyobek dan menusuk kulit dan daging ibu jari kaki anda sendiri.

4. Adanya tanah di sela kuku ibu jari

Tanah yang masuk ke kuku kaki, dapat menjadi tempat bersarangnya jamur dan bakteri. Jika terjadi luka sedikit saja, maka akan membuat ibu jari kaki anda menjadi bengkak dan infeksi. Apalagi jika kuku anda sendiri yang menusuk daging jempol kaki anda sendiri.

5. Kebiasaan mengorek tanah di sela kuku ibu jari kaki

Saat sela kuku ibu jari kaki anda kemasukan benda asing, misalnya tanah. Mungkin anda berusaha mengorek-ngorek tanah tersebut dengan berbagai benda yang ada. Misalnya mengorek dengan lidi, jika terjadi kesalahan, maka lidi tersebut dapat menembus kulit dan daging ibu jari kaki anda. Bakteri dan jamur pun akan menyerang jempol anda, dan jadilah cantengan.

6. Tersandung, terinjak (tertimpa beban berat)

Mungkin secara tidak sengaja, kaki anda tersandung. Dan jempol anda terbentur kaki meja, atau mungkin terbentur batu, terinjak teman, atau tertimpa beban berat. Hal tersebut dapat membuat kuku ibu jari anda tumbuh dan merobek pinggiran jempol kaki anda. Jika anda terluka, hal tersebut dapat memicu terjadinya cantengan.

Ya, selain penyebab terjadinya sakit cantengan diatas, tentunya masih banyak penyebab yang lain nya. Maka dari itu anda diharapkan tidak terlalu tergesah-gesah dalam melangkah, dan selalu merawat kesehatan anda, termasuk kuku jari anda. Agar anda terhindar dari sakit cantengan.

D. Cara mengobati sakit cantengan

Untuk mengobati cantengan sebenarnya hanya berfokus pada pengobatan infeksi dan pemotongan kuku saja. Poin pentingnya adalah.

1. Mengeluarkan nanah
2. Memotong kuku
3. Mengobati infeksi

Jika ke 3 poin yang tersebut diatas sudah dilakukan, maka penyakit cantengan pun akan segera hilang. Namun, cara untuk melakukan hal yang tersebut diatas yang cukup rumit dan sulit. Jika cantengan sudah terlalu parah dan lama, dan kuku sudah jauh menembus daging ibu jari kaki. Tidak ada jalan lain selain operasi kecil di puskesmas maupun di rumah sakit. Operasi tersebut dapat dilakukan dengan cara memotong kuku yang menancap di daging, atau mungkin mengangkat kuku yang ada di jempol atau ibu jari kaki.

Nah, jika anda baru saja terkena cantengan, mungkin anda harus mencoba hal di bawah ini.

1. Merendam kaki dengan air garam

Jika cantengan anda cukup ringan dan tidak ada nanah, hanya sebatas sedikit sakit dan bengkak saja. Rendam kaki anda dengan air garam. Agar bakteri dan jamur di sela kaki anda dapat dinetralisir dan diminimalkan. Sehingga anda dapat segera sembuh dari cantengan.

2. Memotong kuku

Rendam jari-jemari anda di dalam air garam sampai agak lama. Sekiranya sampai kuku anda terasa agak melunak (kalau kuku terendam di dalam air dalam waktu yang cukup lama, maka akan lebih terasa lunak dan elastis dan mudah dipotong). Kemudian potong sedikit kuku anda, kuku yang berada di dekat wilayah cantengan. Agar tidak menusuk lebih dalam ke kulit atau daging jempol kaki anda.

3. Mengeluarkan nanah yang ada di daerah sakit cantengan

Keluarkan nanah yang ada di dalam kulit yang terkena cantengan. Mengeluarkan nya harus dengan benda yang steril agar infeksi anda malah tidak semakin parah. Oleskan larutan anti septik seperti rivanol, pada permukaan kulit yang terkena cantengan tadi, agar infeksi tidak menyebar, dan luka anda pun akan cepat kering.

4. Menjaga luka

Selama masa penyembuhan berlangsung, hindarkan ibu jari kaki anda (wilayah yang terkena cantengan), dari berbagai benda yang berpotensi memperparah penyakit anda. Misalnya lumpur, memakai sepatu sempit, kaos kaki, dan lain sebagainya. Intinya, perhatikan luka anda, sering bersihkan wilayah jempol dengan anti septik.

5. Mengoleskan salep obat cantengan

Banyak salep khusus untuk mengobati luka akibat cantengan. Seperti salep Garamycin, salep 88, dan lain sebagainya. intinya salep tersebut berfungsi untuk membunuh bakteri dan jamur, serta mempercepat penyembuhan luka. Lebih lengkapnya, tanyakan ke dokter atau ke apotik.

Kurang lebih begitulah sedikit banyak cara untuk mengobati dan menyembuhkan sakit cantengan dengan cepat. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter.

E. Cara mencegah penyakit cantengan

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, sebelum anda menyesal dan terkena cantengan. Sebaiknya anda memperhatikan beberapa poin penting di bawah ini, agar anda dapat terhindar dari sakit cantengan.

1. Merawat dan Memotong kuku dengan benar.
2. Jangan potong habis kuku bagian samping, cukup potong bagian depan kuku saja. Agar kuku tidak tumbuh kesamping dan malah menembus kulit.
3. Perhatikan kebersihan sela kuku kaki dan tangan anda.
4. Jangan sembarangan mengorek kotoran di sela kuku anda, hati-hati dalam melakukan hal tersebut, agar kulit jempol anda tidak terluka.
5. Jangan memakai sepatu yang terlalu sempit / hak tinggi.
6. Jangan memakai kaos kaki terlalu lama. Karena kelembaban, merupakan sarana perkembang biakan jamur dan bakteri yang ampuh.
7. Hati-hati jika berjalan. Lihat kedepan dan kebawah dengan benar. Jangan sampai anda tersandung atau terinjak.

Ya, begitulah sedikit banyak cara untuk mencegah penyakit cantengan. Lakukan dengan baik dan benar, agar anda terhindar dari sakit cantengan ini. Ingat kata bang napi, sakit bukan terjadi karena adanya niat saja, namun karena adanya kesempatan. Jadi waspadalah, waspadalah, waspadalah :’v.

Pengertian, Penyebab, Gejala, Cara mencegah dan mengobati sakit cantengan
4/ 5
Oleh

Leave your comment