Wednesday, November 1, 2017

Penyebab dan Cara mengatasi, menghilangkan rasa galau dan sedih dalam hati (karena masalah cinta, dan masalah lain nya)

Rasa galau pasti pernah dialami oleh semua manusia. Baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa, orang tua, pasti semuanya pernah merasa sedih dan galau. Namun, tahukah anda tentang arti galau yang sebenarnya ?. Jika belum, maka simak saja selengkapnya di bawah ini.

Penyebab dan Cara mengatasi, menghilangkan rasa galau dan sedih dalam hati (karena masalah cinta, dan masalah lain nya)

1. Apa itu galau ?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), galau artinya adalah “Beramai-ramai, atau Kacau tidak karuan”. Jika di jabarkan, galau adalah suatu kedaan dimana pikiran sedang kacau tidak karuan, Pikiran sedang keruh, penuh dengan kesedihan. Istilah lain nya pikiran sedang gundah, gundah gulana. Jadi seseorang yang sedang dilanda rasa galau, pikiran nya penuh dengan kegalauan. Ia akan merasa sedih dan merasa piluh dengan masalah yang sedang dihadapinya.

2. Penyebab munculnya rasa galau

Banyak sekali pemicu yang dapat menyebabkan seseorang menjadi merasa galau. Mulai dari anak-anak sampai orang tua pasti memiliki alasan untuk setiap kegalauan yang dihadapi nya. Diantara penyebab umum disetiap kasus kegalauan adalah sebagai berikut :

A. Keinginan yang tidak tercapai

Keinginan yang tidak dapat di gapai dapat membuat seseorang menjadi galau. Misalnya, di waktu anda masih kecil, anda melihat teman anda memakai baju baru disaat lebaran. Sedangkan anda sendiri tidak memakai baju baru, disaat itulah anda merasa sedih. Anda mungkin di masa sekolah ingin memiliki laptop untuk memudahkan anda belajar, atau mungkin anda ingin membeli mainan yang anda sukai, atau mungkin anda ingin masuk di sekolah yang anda inginkan. Namun takdir berkata lain, anda tidak mampu memenuhi keinginan hati kecil anda tersebut, sehingga anda pun menjadi galau. Setelah lulus sekolah dan kuliah, anda ingin bekerja menjadi pns, namun nasib berkata lain. Anda gagal menjadi pns, dan malah menjadi pengangguran, disitu pun anda menjadi merasa sedih. Karena merasa galau, pada akhirnya anda memutuskan untuk mulai beternak LELE.

B. Masalah percintaan

Karena masalah percintaan, dari remaja sampai orang dewasa, dapat menjadi galau karenanya. Sebagai contohnya berbagai kisah singkat dibawah ini.

- Mungkin anda terlalu lama menjadi jomblo, anda sudah menjomblo dan menjadi jones sejak lahir. Hal tersebut membuat anda merasa sedih, gundah, dan pilu. Hati anda merana, jiwa anda sengsara. Dan di saat itulah, bagi anda dunia serasa selebar daun toge. Dunia yang luas, namun tak merubah kenyataan bahwa pada akhirnya diri anda masih jones juga. Disitu kadang anda akan merasa sakit, tapi tak berdarah. :’(

- Mungkin juga karena cinta anda bertepuk sebelah tangan. Anda merasa galau karena tidak dianggap apa-apa oleh orang yang anda suka. Dia menyatakan bahwa anda terlalu baik buat dia. Pada akhirnya, anda terjebak di friend zone juga. Disitulah benih rasa galau mulai bermunculan :’( .

- Mungkin juga karena anda sedang patah hati, anda baru saja diputus cinta. Pacar atau calon istri anda ditikung dan diambil oleh sahabat anda sendiri. Anda sudah lama tidak mendapat kabar dari calon pendamping hidup anda, eh seminggu kemudian datang surat undangan pernikahan dari pacar anda. Anda ditinggal nikah oleh pacar anda. Disitu kadang anda merasa galau, sedih, marah, dan ingin tertawa. Serasa 4 elemen bergabung dalam diri anda. Mungkinkah takdir berkata lain, dan anda adalah seorang AVATAR ?. Pacar yang dulu anda sayang, kini sudah menjadi mantan. Pacarku hilang diambil orang :’( .

- Dan lain sebagainya.




C. Punya banyak masalah

Banyaknya pikiran dan masalah yang berkumpul di dalam otak, dapat membuat orang menjadi stres. Pada akhirnya ia menjadi sedih dan galau. Bahkan jika terlalu lama di pendam, dapat menjadi depresi. Contohnya seperti skenario di bawah ini.

- Jika anda sedang dalam keadaan susah, penuh hutang, dep collector setiap menit mengetuk pintu rumah anda. Setiap detik memanggil nama anda. Dengan demikian bagaimana anda tidak merasa galau ?.

- Jika anda melakukan suatu kesalahan yang besar. Misalnya tidak sengaja mendapat nilai ujian yang jelek. Dari 10 mata pelajaran, Cuma 1 mata pelajaran yang mendapat nilai 60, sisanya dapat nilai 20. Dari sinilah rasa galau mulai bermunculan.

- Jika anda tidak sengaja melakukan sesuatu. Malah menjadi mala petaka buat anda, misalnya anda tidak sengaja menabrak ibu-ibu naik motor. Anda pun dituntut mengganti rugi sebesar hadiah AOV / 7m. bagaimana tidak anda merasa galau ?.

- Misalnya jika anda adalah orang yang tidak menyukai masalah. Anda selalu menghindar dari setiap masalah, namun takdir berkata lain. Malah anda selalu berhadapan dengan banyak masalah. Apa anda tidak merasa sedih dan galau ?. Misalnya saja seperti kisah hippotamasu ini. “hm hm hm hm. Kudanil yang kurang beruntung. Benar-benar kudanil yang kurang beruntung. Di hari senin ia terlahir dalam keramaian, di hari selasa ia adalah murid andalan, di hari rabu ia mendapat istri yang cantik, di hari kamis ia jatuh sakit, di hari jumat penyakitnya bertambah parah, di hari sabtu ia pun mati, di hari minggu ia di kuburkan. Kudanil yang kurang beruntung. Itulah kehidupan si kudanil yang kurang beruntung. Semuanya telah berakhir. Semuanya berakhir“.

- Dan lain sebagainya.

D. Mengkhawatirkan sesuatu

Jika anda mengkhawatirkan suatu hal. Anda terlalu dalam berpikir, terlalu banyak pikiran, anda mengkhawatirkan suatu hal. Memikirkan seseorang yang anda sayang, memikirkan harta benda, memikirkan sesuatu yang berharga buat anda. Anda takut kehilangan dia, sehingga anda merasa bingung, sedih, pikiran menjadi kacau dan tidak karuan. Dari sinilah rasa galau bermula.

Ya begitulah beberapa faktor penyebab munculnya rasa galau. Untuk mengatasi rasa galau ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

3. Cara mengatasi dan menghilangkan rasa sedih dan galau (kegalauan)

Banyak cara untuk mengatasi rasa galau. Ada cara yang baik dan juga ada cara yang buruk. Namun cara yang baiklah yang saya anjurkan. Anda tahu kenapa ?. karena cara yang buruk dapat menyebabkan orang menjadi semakin terpuruk dan menjadi makin tersesat, pada akhirnya hidup mereka menjadi semakin hancur. Maka dari itu coba saja ikuti langkah-langkah mengatasi rasa galau di bawah ini.

A. Relaksasi (beristirahat)

Sejenak lupakan semua masalah yang ada. Istirahatkan pikiran anda, tenangkan pikiran anda. Cobalah untuk beristirahat, misalnya seperti piknik, berekreasai dengan teman atau keluarga ke tempat wisata yang indah. Sehingga pikiran anda menjadi segar. Rasa galau anda pun akan berkurang dengan seketika. Atau jika tidak berekreasi, cobalah tidur sejenak dan lupakan semua masalah yang ada. sehingga setelah bangun tidur, pikiran anda menjadi kembali segar. Jangan sering begadang agar beban otak anda tidak menjadi berat, jika anda sering begadang maka pikiran anda akan dipenuhi berbagai hal negatif yang dapat membuat anda menjadi stres dan galau.

B. Mengerjakan hobi

Lupakan semua masalah yang ada, kerjakan sesuatu yang anda suka. Tentunya hobi yang positif, seperti bermain game, mendengarkan musik, menonton film aksi, menonton anime komedi, membaca cerita lucu, chattingan di sosmed dan lain sebagainya. pokoknya jangan sampai mengganggur agar pikiran anda tidak ngelantur kemana-mana. Sehingga semua rasa galau anda pun perlahan akan menghilang.

C. Melihat ke bawah (bersabar dan bersyukur)

Lihatlah kebawah, lihatlah kondisi orang yang kurang beruntung. Banyak Orang yang jauh lebih menderita dari anda. Lihatlah para gelandangan, orang yang kelaparan, orang yang terjebak dalam peperangan, orang yang tidak memiliki tubuh yang sempurna, bayi yang meninggal sebelum dilahirkan, dan lain sebagainya. Mereka lebih menderita dari anda. Lihatlah mereka, dan bersyukurlah dengan kondisi dan keadaan anda yang sekarang. Kehidupan anda masih lebih baik daripada mereka yang dilanda banyak masalah. Bersabarlah, dan selesaikan masalah anda secara bertahap. Jangan fokus pada kekurangan dan masalah anda, tapi fokuslah pada kelebihan dan nikmat yang anda punya.

D. Segera selesaikan masalah yang anda hadapi

Secara bertahap segera selesaikan semua masalah yang anda hadapi agar tidak menjadi beban pikiran bagi anda. Jika masalah sudah berkurang dan menghilang, maka beban pikiran anda menjadi ringan. Dan rasa galau dalam diri anda pun akan menghilang.

E. Kita Cuma manusia biasa, terimalah kenyataan yang ada

Kita hanyalah manusia, makhluk yang sangat lemah. Kita hanya bisa merencanakan, dan Tuhanlah yang menentukan. Jadi semua kejadian yang menimpa diri anda, sudah diatur dengan baik oleh Tuhan. Mungkin sebagian dari anda tidak dapat menerima kenyataan. Mungkin anda kehilangan orang yang anda cinta, atau mungkin dikhianati orang yang anda sayang. Jadi belajarlah dari kesalahan, lanjutkan hidup anda. Dan terima segala kejadian takdir yang ada. Jadikan masa lalu sebagai kenangan dan pelajaran. Lakukan lah yang terbaik untuk hari ini. Dan berdoalah agar masa depan anda menjadi lebih baik dari sekarang. Karena masa depan tidak ada yang tahu, selain Tuhan. Anda hanya dapat berusaha dan merencanakan, selebihnya serahkan kepada Tuhan.

F. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Obat galau adalah mendekatkan diri kepada Tuhan. Mendekatlah kepadanya, curahkan (curhat ke Tuhan) semua masalah yang anda punya. Tuhan selalu mendengar doa anda. Jadi jangan khawatir, segeralah beribadah dan tenangkan hati dan pikiran anda. Dalam agama Islam bisa mencoba 5 obat hati, salah satunya adalah membaca Al-Quran dan juga sholat (dzikir) malam. Dengan demikian rasa galau dalam diri anda akan segera menghilang.

4. Penutup

“ Jika hati gelisah, tak tenang, tak tentram. Bila hatimu goyah, terluka, merana. Jauhkah hati ini dari Tuhan dari Allah . . . ?“ Quote by : Bang Opick

Penyebab dan Cara mengatasi, menghilangkan rasa galau dan sedih dalam hati (karena masalah cinta, dan masalah lain nya)
4/ 5
Oleh

Leave your comment