Wednesday, December 13, 2017

Apa itu youtuber ? Arti, pengertian, alasan dan tujuan seseorang menjadi youtuber

Di dekade ini, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet. Jikalau dahulu kebutuhan pokok seseorang hanya terfokus pada sandang, pangan dan papan. Maka, di jaman modern ini, sepertinya para pemuda dan orang-orang sudah berpindah kebutuhan pokoknya, menjadi gadget, charger dan koneksi internet :v. Jika salah satunya menghilang, maka seseorang di era modern ini, akan terserang penyakit mati gaya, kesepian, dan darah tinggi.

Apa itu youtuber ? Arti, pengertian, alasan dan tujuan seseorang menjadi seorang youtuber

Youtube, merupakan salah satu situs tempat berbagi video dan streaming video milik google. Setiap hari situs Youtube banyak dikunjungi oleh jutaan bahkan milyaran penduduk bumi, yang berlalu lalang untuk mengupload dan juga menonton berbagai video yang tersedia di youtube. Nah, akhir-akhir ini terdengar istilah yang sudah tidak asing lagi ditelinga para netizen indonesia. Yap, istilah tersebut adalah “Youtuber”. Mungkin anda pernah mendengar istilah tentang youtuber ini ?, atau mungkin masih terdengar asing di telinga anda ?. Jadi, sebenarnya apakah pengertian youtuber ini ?. Apakah masih sejenis dengan umbi-umbian ?, langsung saja .

1. Apa itu arti youtuber ?

Youtuber berasal dari sebuah kata yang diakhiri dengan huruf “r”. Pada dasarnya, sebuah kata kerja di dalam bahasa inggris yang diakhiri dengan huruf “r”. Biasanya menandakan sebuah profesi atau pekerjaan. Misalnya saja sperti driver, believer, teacher, stoner :v, dan lain sebagainya.

Nah, dari sedikit penjelasan yang tersebut diatas, dapat kita simpulkan. Youtuber adalah sebutan yang diperuntukan bagi siapa saja yang mencari uang dengan cara membuat dan mengupload berbagai video di youtube. Baik itu video film pendek, animasi, lagu, vlog, tutorial, prank, sekedar bacotan ngak jelas, dan lain sebagainya. Asalkan ia aktif dalam memonetize chanel video yang dimilikinya, maka orang tersebut dapat disebut sebagai seorang youtuber.

2. Alasan dan tujuan seseorang menjadi youtuber

Dari sedikit penjelasan yang tersebut diatas sudah jelas dan dapat disimpulkan. Seseorang pada umumnya menjadi youtuber hanya untuk mendapatkan uang dan harta kekayaan. Karena memang youtuber merupakan sebuah profesi pekerjaan di era modern ini. Jadi seorang youtuber tidak pantas jika disebut sebagai seorang penggangguran.




Selain ingin mendapatkan receh atau uang dari hasil periklanan, seperti iklan dari google ads. Tentunya, seorang youtuber memiliki alasan dan tujuan lain dibalik kegiatan ngeyutubnya tersebut. Diantaranya seperti :

A. Youtuber ingin tenar dan terkenal

Selain ingin mendapatkan penghasilan, tentunya seorang youtuber ingin tenar dan dikenal oleh banyak orang. Jika anda sukses menjadi seorang youtuber, bukan nya anda otomatis menjadi ADM tuh ?. Tentunya seorang artis dunia maya, akan menjadi banyak dikenal oleh banyak orang. Apalagi jika anda membuat vlog di youtube, dan menjadi terkenal karenanya. Mungkin di dunia nyata akan banyak orang yang minta foto bersama dan minta tanda tangan anda.

Selain menjadi terkenal dan mendapatkan banyak fans, tentunya seorang youtuber juga ada saja yang mendapatkan banyak haters. Apalagi jika kualitas video atau vlog yang mereka unggah sangat buruk dan memancing kontroversi di kalangan para netizen. Pasti banyak yang akan nyinyir, menghujat dan mau menjotos muka anda. Mungkin tipe youtuber ini, pada dirinya diam-diam terdapat sifat masokis :v.

B. Karena keadaan yang memaksa

Daripada nganggur ngak jelas. Ada kalanya, seorang yang kreatif dan imajinatif akan memanfaatkan youtube sebagai media pelampiasan hasrat nya. Daripada bengong,diem, tidur saja dirumah. Mendingan, kita ngeyutub, benar tidak saudara ?

C. Mengisi waktu luang

Bagi para pekerja di dunia nyata dan banyak memiliki waktu luang di sela pekerjaan atau waktu istirahatnya. Daripada dimanfaatkan untuk hal yang sia-sia. Mungkin mereka akan berusaha mendapatkan penghasilan tambahan dengan jalan menjadi seorang youtuber.

D. Mengadu domba / propaganda

Bagi yang memiliki jiwa yang busuk. Mungkin mereka akan memanfaatkan berbagai isu, perpecahan, skandal, aib orang lain, dan segala berita buruk, hoax dan ngak jelas lain nya. Untuk mendapatkan uang dan keuntungan yang sebesar-besarnya. Tanpa memperdulikan akibat dari hasil video yang di unggahnya. Mereka akan dengan senang mendapatkan banyak viewer dari berbagai pengunjung yang sedang haus dengan berita yang cocok dengan pendapat / kubu / golongan nya. Sungguh tidak m e n d i d i q u e.

3. Penutup

Dari sedikit banyak penjelasan yang tersebut diatas, tentunya anda tahu kan tentang apa itu yang dimaksud dengan youtuber ?. Dan siapa saja yang pantas menyandang gelar youtuber ?. Jika anda belum paham mengenai pengertian dan definisi dari kata youtuber. Coba baca ulang dan perlahan semua teks yang tertera diatas.

Akhir kata, jadilah seorang youtuber yang baik, yang berguna, yang bermanfaat bagi banyak orang di dunia. Bukan nya malah menjadi budak dan penggila nafsu dunia. Semoga bermanfaat . .

Apa itu youtuber ? Arti, pengertian, alasan dan tujuan seseorang menjadi youtuber
4/ 5
Oleh

Leave your comment