Tuesday, December 12, 2017

Ciri, macam jenis, contoh, manfaat dan tujuan pembuatan vlog

Setelah kemarin saya membahas tentang pengertian / arti dari vlog, vlogger, ngevlog dan vlogging. Kali ini, saya akan sedikit membahas mengenai Ciri, jenis, contoh, manfaat dan tujuan pembuatan vlog. Pada dasarnya, vlog dan blog memiliki kesamaan, hanya saja bedanya terletak pada media yang digunakan. Jika blog berbentuk tulisan, maka vlog lebih fokus dalam bentuk video. Selengkapnya, lihat saja di bawah ini.

Ciri, macam jenis, contoh, manfaat dan tujuan pembuatan vlog

1. Ciri-ciri vlog

Jika blog berisi banyak konten berupa teks dan juga gambar. Namun, vlog berisi video bacotan dari para vlogger yang merekam aktivitas ngevlognya. Jadi, sangat mudah mengenali video vlog dan bukan vlog. Nah, lebih lengkapnya berikut ciri video blog / vlog.

A. Video hasil rekaman kamera / alat perekam lain nya.
B. Video vlog menampilkan pembicaraan, baik monolog, dialog, dll dari author, artis atau pembuat video.
C. Jika video sudah diedit, asal masih ada pembicaraan (suara) author, masih ada bentuk wajah, ataupun tidak menampilkan wajah artis, perekam, atau author. Video tersebut juga masih dapat disebut sebagai vlog.
D. Pada intinya video blog / vlog berisi pembicaraan author, sebagai pengganti media teks yang umumnya tampil pada konten atau postingan blog.

2. Macam jenis vlog

Sebelum kita membahas tentang manfaat dan tujuan pembuatan vlog. Maka kita perlu mengetahui berbagai jenis-jenis vlog yang beredar luas di dunia maya. Namun pada dasarnya, menurut saya vlog memiliki 3 jenis, 3 fungsi utama, atau dibuat dengan 3 macam fungsi yang berbeda.

A. Vlog pribadi

Vlog tipe ini biasanya dibuat untuk sekedar have fun saja. Vlog hanya dibuat untuk bersenang-senang, untuk memproleh kepuasan batin bagi siapa saja yang membuatnya. Biasanya, konten vlog yang dibuat dengan berbagai unsur seputar pengalaman, ide, atau buah pikir si pembuat vlog. Entah itu berisi kegiatan sehari-hari, prank, aksi lucu-lucuan, ide gokil, sekedar bacotan, dan lain sebagainya.

B. Vlog komersial

Dari namanya saja sudah jelas. Blog tipe ini dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan uang, mendapatkan keuntungan, atau juga untuk mempromosikan suatu barang dan produk tertentu, agar meningkatkan daya jual suatu produk.




Vlog yang dibuat dengan tipe ini biasanya di setiap video yang dipublish, akan dipasangi sejumlah iklan untuk mendapatkan receh / uang dari setiap view video. Misalnya seperti berbagai video di youtube yang sudah di monetize. Nah, dengan cara ini, maka para youtuber akan mendapatkan uang dari setiap iklan yang tampil di video yang mereka terbitkan.

Selain dipasangi iklan, vlog juga dijadikan ajang promosi suatu produk. Baik produk di dunia nyata dan di dunia maya / internet. Dengan demikian, jika banyak viewer yang tertarik dengan bacotan promosi di vlog yang mereka buat. Maka, produk yang dipromosikan pun akan terdongkrak dan merangkak naik penjualan nya.

C. Vlog propaganda

Vlog tipe ini berisi video propaganda. Video yang mendorong massa atau banyak orang untuk melakukan segala sesuatu yang mereka cetuskan. Vlog dibuat untuk menggiring opini masyarakat, untuk memancing keributan, untuk menyebarkan berita hoax, memunculkan perpecahan dan permusuhan. Menyulut api dan kericuhan di kalangan netizen yang melihat berbagai video propaganda tersebut. Pada intinya, vlog dibuat untuk mempengaruhi cara pandang dan cara pikir seseorang, dengan menyuguhkan informasi yang sudah diedit dan dikurang atau dilebih-lebihkan.

3. Contoh video blog / vlog

Untuk melihat contoh dari vlog. Anda dapat mencarinya di youtube. Mungkin anda pernah mengenal pewdiepie, boris, pelek, raditya dika, bayu skak, dll. Asalkan video berisi pembicaraan (suara) author, perekam video atau artis pembantu. Maka itulah yang disebut sebagai vlog.

4. Manfaat dan tujuan pembuatan vlog

Dari berbagai penjelasan diatas, tentu kita dapat menarik garis besar mengenai manfaat dan tujuan pembuatan blog. Manfaat dari ngevlog adalah.

A. Mengisi waktu luang
B. Supaya menjadi tenar dan terkenal
C. Dapat uang, jadi cepat kaya

Dan tujuan dari ngevlog atau tujuan pembuatan vlog adalah.

A. Sekedar iseng
B. Mengisi waktu luang
C. Terpaksa, daripada nganggur :’v
D. Numpang tenar / ingin tenar
E. Ingin dapat receh / uang
F. Mempromosikan suatu produk
G. Menggiring opini masyarakat
H. Membuat perpecahan
I. Konspirasi
J. Dan lain sebagainya, masih banyak coy.

5. Penutup

Ya begitulah sedikit penjelasan mengenai ciri, macam jenis, contoh, manfaat dan tujuan dari pembuatan video blog / vlog. Jadilah vlogger atau youtuber yang bermanfaat bagi orang banyak. Jangan jadi youtuber atau vlogger yang menjadi sampah masyarakat. Dengan mengumbar aib, skandal, aurot, berkata kotor dan lain sebagainya. Kalem uey, semoga bermanfaat . .

Ciri, macam jenis, contoh, manfaat dan tujuan pembuatan vlog
4/ 5
Oleh

Leave your comment