Monday, January 29, 2018

Apa itu fakta dan opini ? pengertian, perbedaan, ciri & contoh lengkap dari fakta dan opini

Apa itu fakta dan opini ?. Perbedaan, dan Persamaan antara opini dan fakta itu seperti apa ?. Bagaimanakah ciri-ciri dari fakta dan opini ?. Dan bagaimana contoh dari sebuah fakta dan opini ?. Ya, begitulah kiranya sedikit banyak pertanyaan yang ditanyakan oleh orang-orang di dunia ini. Mereka seringkali mendengar kata-kata tersebut (fakta dan opini), baik dari dunia nyata maupun dari dunia maya (internet).

Apa itu fakta dan opini ? pengertian, perbedaan, ciri & contoh lengkap dari fakta dan opini

Banyak sekali media berita yang menyajikan berita yang berdasarkan fakta, berdasarkan opini, maupun menggabungkan keduanya, antara fakta dan juga opini. Namun, tidak sedikit pula berita yang beredar di internet, di dalamnya terdapat banyak berita palsu / hoax yang menggaburkan antara opini dan fakta yang sesungguhnya.

Nah, maka dari itu. Agar anda tidak lagi kebingungan mengenai fakta dan opini ini, simak saja penjelasannya di bawah ini.

- Pengertian Fakta dan Opini

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Arti dari Fakta adalah “suatu hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan” atau juga “sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi”. Sedangkan pengertian Opini menurut KBBI adalah “Pendapat, pikiran, atau juga pendirian”.

Nah dari sedikit keterangan yang tersebut diatas, maka dapat disimpulkan, pengertian dari fakta dan opini adalah.

# Fakta adalah segala sesuatu keadaan atau peristiwa yang tertangkap oleh panca indra manusia, maupun oleh berbagai alat pendukung yang terpercaya (misal: kamera cctv), dan terbukti keabsahan sumber data serta kenyataan kejadiannya.

# Sedangkan opini merupakan suatu pendapat, ide pemikiran individu manusia yang didapat berdasarkan dari pengalaman yang belum teruji ke absahannya. Maupun segala ide pemikiran atau pendapat yang di dapat dari menilai suatu fakta nyata yang terjadi di lapangan.

- Perbedaan antara Fakta dan Opini

Fakta dan opini sangat mudah sekali dibedakan. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas dan nyata. Jika suatu fakta merupakan suatu kejadian yang valid, terpercaya sumber beritanya, dan nyata peristiwanya. Maka opini hanya berdasarkan pemikiran atau pendapat individu masing-masing manusia. Jadi suatu opini masih perlu dikaji kebenarannya, karena opini merupakan suatu pernyataan yang didapat dari pengalaman seseorang maupun penilaian seseorang terhadap suatu fakta yang terjadi di lapangan.

Selengkapnya, berikut ciri-ciri dan perbedaan antara fakta dan Opini :

Ciri-ciri Fakta dan Opini
Perbedaan
Fakta
Opini
 Kebenaran
Dapat dibuktikan 
Masih belum teruji 
Data 
 Memiliki data yang akurat
Memiliki data yang tidak akurat 
 Sumber data
 Terpercaya
Belum terbukti / tidak terpercaya 
 Sifat
 Bersifat objektif (pengamatan langsung)
 Bersifat subjektif (Menduga-duga / relatif)
 Kejadian
 Benar dan pasti kejadian peristiwanya
 Belum teruji, belum terbukti, hanya pendapat / dugaan semata
 Pengakuan / saksi
 Diakui kebenaran nya oleh banyak pihak / saksi di lapangan, dll
Hanya berdasarkan pendapat pribadi atau kelompok terkait 
 Bukti pendukung
Banyak bukti nyata dan akurat yang mendukung suatu fakta 
 Tidak pasti, tidak ada bukti pendukung yang akurat

- Contoh Fakta dan Opini

Berikut beberapa contoh dari Fakta dan Opini, # = Fakta, + = Opini :

# Waktu 1 jam itu sama dengan 60 menit
+ Waktu satu jam terasa lama sekali ea

# Surabaya merupakan ibukota jawa timur
+ Di kota surabaya panas sekali ea, jadi haus nih

# Kucing itu termasuk kedalam golongan hewan mamalia
+ Kucing itu hewan yang menakutkan

# Nasi itu berasal dari beras yang sudah dimasak
+ Nasi itu lebih enak kalau dimakan bareng sambal

- Penutup

Ya begitula pengertian dan perbedaan, beserta contoh dari fakta dan opini. Untuk membedakan antara info fakta dan opini sangatlah mudah. Jadi anda tidak perlu repot bingung lagi karenanya. Karena semua ciri umum antara fakta dan opini sudah disebutkan seperti yang tertera diatas.

Ya, pada intinya Kunci yang membedakan antara fakta dan opini. Hanya terletak pada kejadian nyata dan pendapat orang saja. Untuk persamaannya, saya kira hanya terletak pada sifat informasinya saja. Keduanya, Sama-sama memberitahukan kepada seseorang atau khalayak ramai tentang informasi yang di dapatnya (fakta dan opini). Selebihnya tentunya pasti berbeda.

Apa itu fakta dan opini ? pengertian, perbedaan, ciri & contoh lengkap dari fakta dan opini
4/ 5
Oleh

Leave your comment