Sunday, January 14, 2018

Apa sih arti COD itu ? pengertian, singkatan dan kepanjangan cod dalam jual beli, bisnis online, online shop, istilah kata anak gaul beserta keuntungan, kerugian dan contohnya

Cod, kata yang satu ini sangat sering kita temui di dalam transaksi jual beli, maupun sering muncul dan terlihat diberbagai situs jual beli di dunia maya. Misalnya di forum jual beli seperti kaskus. Di berbagai postingan, fanspage dan grup sosial media seperti facebook. Dan diberbagai toko online atau online shop yang tersebar di internet. Sebut saja seperti di lazada, bukalapak, olx, tokopedia, bhineka dan lain sebagainya.

Apa sih arti COD itu ? pengertian, singkatan dan kepanjangan cod dalam jual beli, bisnis online, online shop, istilah kata anak gaul beserta keuntungan, kerugian dan contohnya

Nah, sebenarnya apa sih cod itu ?. Arti cod itu apa ?. Arti Istilah codan di saat membeli barang secara online itu apa ?. Langsung saja berikut penjelasan nya.

- Kepanjangan dari COD

COD merupakan singkatan atau kependekan dari “Cash On Delivery” atau juga “Collect On Delivery”.

- Apa itu pengertian COD ?

Cod banyak sekali arti dan maknanya. Sebut saja ikan yang bernama COD. Ikan tersebut adalah ikan yang sering kali dikomsumsi oleh banyak orang di dunia. Tentunya, anda pasti pernah mendengar yang namanya “Minyak hati ikan kod” ?. Ya itulah salah satu produk andalan dari ikan Cod :v.

Nah, jika COD yang dimaksud disini adalah COD yang ada di dalam transaksi jual beli. Yang biasanya diucapkan oleh orang-orang di jaman sekarang, orang-orang jaman now, yang katanya kekinian dan gaul. Maka COD yang dimaksud adalah “Cash On Delivery”.

Cash On Delivery jika diterjemahkan dari bahasa inggris kedalam bahasa indonesia. Kurang lebih memiliki arti “Bayar ditempat”.

Nah, dari pengertian yang tersebut diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan. Cod atau Cash On Delivery adalah transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli secara langsung, secara face to face. Barang yang akan dibeli oleh calon pembeli, langsung dibawa oleh penjual maupun perwakilan penjual (Seperti kurir online shop). Dan kemudian tentunya barang akan dibayar ditempat. Dibayar secara langsung, secara cash atau tunai tanpa kredit dan tetek bengek lain nya.



- Keuntungan dari transaksi COD (Cash On Delivery)

Dengan transaksi secara COD baik penjual maupun pembeli akan mendapatkan beberapa keuntungan yang tersebut seperti di bawah ini.

1. Keuntungan COD bagi pembeli

A. Pembeli dapat mereview barang yang akan dibelinya. Sehingga, ia terhindar dari yang namanya membeli kucing dalam karung.
B. Pembeli dapat melakukan tawar-menawar dengan penjual. Sehingga harga atau uang yang dikeluarkan nantinya akan menjadi lebih sedikit, daripada membeli barang secara online tanpa codan.
C. Pembeli dapat mengetahui wajah, tindak-tanduk dan alamat dari penjual. Sehingga jika ia tertipu, akan mudah sekali untuk memprosesnya ke jalur hukum.

2. Keuntungan COD bagi penjual

A. Penjual akan memperoleh kepercayaan dan testimoni positif dari pembeli yang bertransaksi dengan nya.
B. Penjual terhindar dari resiko hilang atau rusaknya barang dalam proses pengiriman barang ke pembeli. Karena penjual langsung membawa barang ke pembeli, tanpa melalui perantara yang kurang terpercaya.
C. Sama seperti yang tersebut diatas, penjual dapat terhindar dari trik dan tipu daya pembeli. Karena penjual langsung berhadapan secara empat mata dengan pembeli.

- Kerugian dari transaksi COD (Cash On Delivery)

Di dewasa ini, transaksi cod seringkali dijadikan sebagai ajang tipu-menipu. Ajang untuk merampok dan membegal. Baik itu dari pihak pembeli maupun dari pihak penjual. Kedua belah pihak, mungkin saja dapat dengan mudah merampas dan menindas pihak lain untuk menyerahkan barang atau uang yang dimilikinya.


Maka dari itu di saat melakukan transaksi COD. Baik itu penjual ataupun pembeli. Sebaiknya bertransaksi di tempat yang sekiranya ramai, dekat dengan pihak keamanan. Dan juga tentunya membawa teman. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

- Contoh dari transaksi COD (Cash On Delivery)

Contoh dari transaksi COD tentunya sangatlah mudah. Anda tinggal menjual barang, mempromosikan secara online maupun dari mulut kemulut. Jika ada pembeli yang tertarik dan mengajak codan. Anda mendatangi pembeli tersebut dan melakukan transaksi jual beli. Ya begitulah contoh sederhana dari COD.

- Penutup

Begitulah kiranya penjelasan mengenai arti dari cod di dalam transaksi jual beli, beserta contoh, keuntungan dan kerugian nya. Btw, Berhati-hatilah dalam melakukan transaksi jual beli secara COD. Karena kejahatan tidak terjadi karena adanya niat saja, namun juga terjadi karena adanya kesempatan. Jadi waspadalah 3x, Semoga bermanfaat . .

Apa sih arti COD itu ? pengertian, singkatan dan kepanjangan cod dalam jual beli, bisnis online, online shop, istilah kata anak gaul beserta keuntungan, kerugian dan contohnya
4/ 5
Oleh

2 comments

February 7, 2018 at 8:58 PM delete

saya selalu suka postingan Anda :))

Reply
avatar
February 8, 2018 at 9:50 AM delete

Wah, terimakasih masukannya gan. Jangan lupa sering-sering mampir dan baca postingan di blog ini :)

Reply
avatar

Leave your comment