Wednesday, January 10, 2018

Apa sih arti shitposting itu ? pengertian, asal muasal, ciri, contoh dan tujuan pembuatan shitpost

Shitposting. Merupakan fenomena yang umum terjadi di tahun-tahun belakangan ini. Banyak sekali komentar di berbagai forum dan sosial media yang bernuansa shitposting. Bahkan di facebook saja sudah menjamur berbagai jenis grup dan juga fanspage yang dikhususkan untuk memposting segala konten yang berbau shitpost. Nah, pertanyaan nya, apakah pengertian shitposting itu ?. Langsung saja berikut jawaban nya . .

Apa sih arti shitposting itu ? pengertian, asal muasal, ciri, contoh dan tujuan pembuatan shitpost

- Apa itu shitposting ?

Shitposting terdiri dari 2 kata yang terdapat di dalam bahasa inggris. Yakni terdiri dari kata “Shit” dan juga “Posting”.

Kata shit sendiri jika diterjemahkan secara kasar kedalam bahasa indonesia maka memiliki arti “Kotoran / tai”. Namun shit juga dapat diartikan sebagai suatu kata umpatan, yang biasa dilontarkan atau diucapkan oleh orang-orang barat. Maka shit pun dapat berarti “Sial, taek, sesuatu yang tidak berguna, ekspresi kekecewaan” dan lain sebagainya.

Nah, sedangkan kata “Posting” yang dimaksud disini memiliki arti sebuah kiriman atau pesan yang dikirimkan atau diterbitkan di dunia maya / internet. Dalam kasus shitposting ini tentunya kiriman tersebut dipost atau dipublish di berbagai forum dan medsos yang ada di dunia maya.

Dari berbagai keterangan yang tersebut diatas. Dapat disimpulkan shitposting adalah suatu kiriman atau pesan yang di publish di internet (misal : medsos), dan isi kiriman tersebut sama sekali tidak berguna, unfaedah, nyampah dan mengandung berbagai konten yang tidak bermanfaat lain nya. Baik itu berupa teks, gambar, video, meme dan lain sebagainya. Asal berunsur dan bernuansa nyampah, oot, unfaedah maka itulah yang disebut sebagai shitposting.

- Asal-usul / asal-mula penyebaran shitposting

Saya tidak tahu asal mulanya. Yang jelas, selama ada internet dan media sosial. Selama ada komunitas dan forum yang menyediakan fasilitas berkomentar dan beradu pendapat. Pasti ada saja berbagai jenis komentar yang berisi berbagai konten yang tidak berguna, absurd dan sama sekali unfaedah.



- Tujuan penyebaran konten shitposting

Shitpost disebarkan dengan berbagai maksud dan tujuan tertentu. Namun pada umumnya shitposting disebarkan atau dipublish dengan tujuan untuk.

1. Sekedar bahan candaan
2. Ungkapan kekecewaan
3. Troll
4. Untuk mengalihkan perhatian
5. Untuk menyerang lawan
6. Membuat orang lain menjadi tidak nyaman
7. Hobi
8. Sekedar iseng
9. Dan lain sebagainya

Ya begitulah sedikit banyak tujuan atau efek yang ditimbulkan dari adanya shitposting yang dipublish diberbagai forum dan sosmed.

- Ciri-ciri shitposting

Ciri shitposting sangat mudah dikenali. Pada intinya semua komentar dan pesan yang tidak berguna, nyampah, oot, nyepam, ngejunk, longpost, dan segala komen yang mengganggu dan tidak berguna / unfaedah lain nya. Bahkan sampai menjadi cancer di dunia maya. Baik komentar berupa teks, gambar, video, emoticon dan lain sebagainya. Itulah yang disebut sebagai shitposting. Lebih jelasnya berikut ciri-ciri dari komentar shitposting :

1. Komentar tidak berarti dan tidak ada maknanya
2. Komentar yang OOT (Out Of Topic) / tidak nyambung
3. Komentar junk / nyampah
4. Komentar spam (diulang-ulang sampai banyak)
5. Komentar panjang memenuhi layar (longpost)
6. Komentar bernada kasar dan provokatif yang terus diulang sampai tidak jelas dan tidak tahu apa maksudnya
7. Komentar dengan bahasa aneh dan sulit dimengerti (alay, zeeb, dll)
8. Dan lain sebagainya

- Contoh shitposting

Contoh shitposting sangatlah mudah dibuat dan dikenali. Segala sesuatu kiriman yang ditulis di forum dan sosmed, baik itu berupa komentar, tanggapan, pesan dan lain sebagainya. Asalkan berisi konten yang tidak berguna, konten sampah, konten yang OOT dan tidak sesuai tema yang dibahas. Itulah yang disebut sebagai shitposting. Lebih jelasnya berikut contoh kata-kata shitpost :

1. Lele lele lele lele
2. Gan slark shadowblade kan kenapa jadi itu dota apa ada di ?
3. Kontoru kontoru
4. Awokwowkkakaw awkwkw asw
5. Bwa bwa bwa
6. Moba kok analog mau ngedrag
7. Moba kok batman
8. Qwerty 14543
9. Ahahahahahahah 99999x
10. Kerad, zeeb, @la4y,
11. Dasar vvibu bau bawang
12. Kids jaman now
13. Dan berbagai komentar yang gj lain nya. Intinya OOT dan tidak berarti / tidak berguna.

- Penutup

Ya begitulah sedikit banyak dari penjelasan mengenai pengertian, asal-muasal, ciri, tujuan pembuatan dan contoh dari shitposting. Semoga bermanfaat . .

Apa sih arti shitposting itu ? pengertian, asal muasal, ciri, contoh dan tujuan pembuatan shitpost
4/ 5
Oleh

Leave your comment