Monday, January 8, 2018

Penyebab komputer dan laptop menjadi lemot, ngelag, lelet dan not responding di saat membuka aplikasi, bermain game dan browsing di internet (windows 7 8 10 etc)

Komputer, laptop, notebook dan sebangsanya. Terkadang entah mengapa sebabnya tiba-tiba saja menjadi ngelag, lemot, dan lelet. Mau membuka game dan aplikasi saja perlu load bermenit-menit. Software dan game seringkali mengalami error not responding. Kinerja cpu komputer menjadi berat, dan indikator pemakaian cpu terkadang sering kali menunjukan angka di 100%. Padahal anda hanya membuka 1-2 aplikasi yang dirasa ringan dan tidak banyak memakan kinerja ram dan cpu komputer. Namun siapa sangka, eh komputer malah jadi lemot dan ngelag.

Penyebab komputer dan laptop menjadi lemot, ngelag, lelet dan not responding di saat membuka aplikasi, bermain game dan browsing di internet (windows 7 8 10 etc)

Komputer ber Os atau berbasis windows, biasanya sering mengalami kejadian seperti ini. Apabila hardware komputer kurang mumpuni, dan berbagai sotware / game juga memakan banyak kinerja ram dan cpu. Maka sudah pasti, komputer anda akan langsung ngelag dan lemot. Mau bermain game saja susahnya minta ampun, karena sering gagal load dan not responding. Begitu juga di saat sedang asik-asiknya browsing, misalnya ketika anda memakai google chrome, maka terkadang juga kinerja dan performa laptop atau komputer anda menjadi melambat.

Nah, kira-kira, apakah yang menyebabkan komputer dan laptop menjadi ngelag, lemot dan lelet ?. Begini jawaban nya.

- Hardware komputer / laptop yang sudah tua dan usang

Hardware komputer yang sudah tua, sudah lama dan sudah sering dipakai bertahun-tahun. Maka kinerjanya semakin lama akan semakin menurun. Karena tiap tahun perkembangan OS dan software semakin pesat. Tiap tahun akan hadir OS, game dan berbagai jenis aplikasi yang memakan banyak kinerja ram dan cpu. Belum lagi berbagai game di zaman ini yang banyak menguras kinerja dan performa komputer. Graphic game modern di zaman ini sangatlah berat dan tinggi kualitasnya. Sehingga hardware jadul, yang sudah usang tidak akan mampu lagi untuk memainkan berbagai game 3D di dewasa ini.

- Software dan game yang menguras banyak ram dan kinerja CPU

Seperti yang tersebut diatas, di zaman ini banyak sekali game dan sotware yang menguras kinerja ram, cpu dan gpu komputer. Jika hardware anda berkapasitas rendah. Baik itu spesifikasi ram, cpu, vga dan lain sebagainya. Maka jika anda memaksakan untuk menggunakan berbagai jenis game dan software yang diluar jangkauan hardware laptop / komputer anda. Maka komputer dan laptop anda pasti akan ngelag, crash, error dan menjadi luar biasa lemot.

Hal ini juga berlaku pada pemasangan berbagai jenis OS. Misalnya saja, windows 7 akan lebih ringan dipakai daripada windows 8 ataupun windows 10 di komputer dan laptop low end.

- Adanya virus yang mampir dan nangkring di komputer

Banyak jenis virus, pada umumnya malware yang menyerang perangkat komputer / PC orang di seluruh dunia. Apalagi buat anda yang seringkali online di dunia maya, maka komputer anda akan lebih beresiko untuk terjangkit virus.

Berbagai jenis virus tersebut, tentunya dapat membuat komputer dan laptop anda menjadi lemot, ngelag dan crash. Karena banyak kinerja cpu dan ram yang diam-diam dipakai oleh virus yang menjangkit di perangkat komputer anda.

- Pemasangan antivirus atau juga lebih dari 1 antivirus

Software antivirus sangat menguras kinerja komputer anda. Banyak sekali antivirus yang memakan kinerja cpu dan ram komputer anda. Sehingga bukan nya membuat komputer anda menjadi aman dari virus, malah dapat membuat komputer anda menjadi lemot dan sering ngecrash. Apalagi jika anda menginstal berbagai jenis antivirus dalam 1 komputer sekaligus. Maka komputer dan laptop anda akan menjadi semakin lemot. Dan pada akhirnya sering ngerestart sendiri, karena cpu komputer tidak kuat menahan beban prosessing data yang sedang berjalan.

- Terlalu banyak membuka aplikasi atau game secara bersamaan

Jika anda membuka banyak software dan game secara bersaman. Apalagi software yang dibuka merupakan software yang banyak memakan kinerja ram dan cpu. Misalnya seperti sofware editing gambar dan video. Maka jika spec komputer anda rendah. Pasti komputer atau laptop anda langsung menjadi ngelag, lemot, lelet dan berbagai jenis aplikasi yang anda buka akan mengalami not responding.

Hal ini juga berlaku pada banyaknya tab yang dibuka pada browser di saat anda sedang asik berinternetan. Karena tiap tab halaman yang anda buka, akan menguras kinerja cpu dan ram komputer / laptop anda.

- Overheat (komputer atau laptop terlalu panas)

Jika anda terlalu lama bermain komputer. Tanpa menggunakan peralatan pendingin / cooler untuk mendinginkan cpu dan hardware komputer anda. Maka wajar saja jika nantinya kinerja komputer anda akan semakin menurun. Dan pada akhirnya laptop atau komputer anda akan menjadi ngelag, lemot dan sering not responding. Apalagi jika perangkat pendingin bawaan komputer anda, seperti kipas di cpu mati, atau juga pasta pendingin sudah kering. Maka komputer atau laptop anda akan semakin sering mati / ngerestart dan shutdown sendiri.

- Penutup

Ya begitulah sedikit banyak penyebab ngelagnya, lemot dan leletnya kinerja komputer anda. Apabila anda sering kali melakukan berbagai hal yang tersebut diatas. Wajar jika komputer, laptop, notebook anda akan sering mengalami error not responding. Apalagi disaat anda membuka banyak aplikasi dan bermain game berat secara bersamaan. Tambah lemot coy . .

Penyebab komputer dan laptop menjadi lemot, ngelag, lelet dan not responding di saat membuka aplikasi, bermain game dan browsing di internet (windows 7 8 10 etc)
4/ 5
Oleh

Leave your comment