Wednesday, February 28, 2018

Apa itu arti mainstream & anti mainstream dalam bahasa gaul di internet ? Pengertian dan perbedaan mainstream & anti mainstream beserta contohnya

Apa sih arti mainstream itu ?. Anti mainstream itu artinya apa ?. Pengertian dari mainstream dan anti mainstream di dalam bahasa gaul itu apa ?. Contoh dari sesuatu hal yang mainstream dan anti mainstream itu seperti apa ?. Bagaimana cara kita membedakan hal yang mainstream dan anti-mainstream ?. Untuk menjawab semua pertanyaan yang tersebut diatas, maka kita perlu mengartikan kedua kata tersebut dari bahasa asalnya terlebih dahulu. Untuk selengkapnya, simak saja di bawah ini . .

Apa itu arti mainstream & anti mainstream dalam bahasa gaul di internet ? Pengertian dan perbedaan mainstream & anti mainstream beserta contohnya

1. Terjemahan kata mainstream dan anti mainstream

Kata Mainstream tersusun dari dua kata yang berbeda, yakni kata main dan juga kata stream. Kata main di dalam bahasa inggris jika diterjemahkan ke bahasa indonesia dapat berarti utama. Sedangkan kata stream jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai arus atau aliran.

Jadi kata mainstream jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia secara kasar dapat berarti Arus utama atau aliran utama.

Sedangkan kata anti mainstream, berarti lawan kata atau kebalikan dari kata mainstream. Dengan demikian, anti mainstream dapat diartikan atau diterjemahkan sebagai bukan arus utama, lawan dari arus utama, aliran lain, arus lain, dan sebagainya. Atau secara logikanya mirip dengan arus balik begitulah :’v. Pada intinya berbeda aliran atau arus, dari yang utama.

2. Arti mainstream dan anti mainstream dalam bahasa gaul

Kedua kata yang tersebut diatas, banyak sekali digunakan baik di dunia maya (internet), maupun juga di dunia nyata. Banyak orang-orang yang menggunakan istilah kata mainstream dan anti mainstream tersebut, untuk menilai sesuatu maupun untuk menilai seseorang.

- Arti mainstream

Mainstream, merupakan sebuah kata yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang sudah umum, sesuatu yang sudah wajar, sesuatu yang normal, sesuatu yang biasa-biasa saja, sesuatu yang tidak aneh, dan banyak dilakukan oleh orang-orang. Baik itu berupa suatu ide, gaya, tingkah laku / prilaku, Maupun segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

Pada umumnya kata mainstream ini digunakan untuk menilai suatu pendapat, tren, fashion, seni, pola pikir, dan segala jenis tingkah laku dan buah pikir yang di hasilkan atau dilakukan dan dijalankan oleh kebanyakan orang / manusia.



- Arti anti mainstream

Anti mainstream sendiri merupakan lawan kata atau antonim dari kata mainstream. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa anti mainstream ini merupakan kebalikan dari mainstream. Dimana, segala ide, gaya, tingkah laku, maupun segala aktivitas yang dilakukan oleh orang yang anti mainstream, selalu saja berbeda dari kebanyakan orang yang ada.

Bahkan sering kali, mereka orang yang anti mainstream ini. Terlihat tidak wajar, aneh dan tidak normal di mata orang mainstream yang memandang dan menilai mereka.

Bisa di bilang, anti mainstream ini memiliki keunikan tersendiri di kalangan manusia. Karena mereka orang-orang yanga anti mainstream memiliki ide, pola pikir, tingkah laku, dan segala aktivitas dan tindak-tanduknya yang berbeda dari kebanyakan orang disekitarnya.

3. Contoh dari mainstream dan anti mainstream

Sesuatu yang mainstream dan anti mainstream sebenarnya mencakup dalam berbagai bidang. Banyak hal yang dapat disebut sebagai hal yang mainstream dan juga anti mainstream. Misalnya saja pola pikir manusia, gaya berpakaian seseorang (fashion), cara bicara seseorang, tingkah laku seseorang, selera makan, selera seni, selera musik, selera gambar, selera game, selera film dan lain sebagainya. Banyak sekali jenisnya, termasuk didalamnya mengenai pergaulan di sosial media. Ada saja meme, maupun tingkah laku para netizen yang sama dan berbeda dari yang lainnya.

- Contoh hal yang mainstream

A. Orang indonesia makan nasi
B. Banyak orang indonesia yang menyukai musik dangdut
C. Banyak anak cewek indonesia yang menyukai budaya K-pop
D. Banyak anak-anak indonesia yang menyukai bermain game 3D atau bergraphic HD
E. Banyak wibu dan otaku indonesia (cowok) yang menyukai anime bergenre harem
F. Banyak remaja indonesia yang memakai celana pensil, maupun hot pants
G. Banyak anak meme yang menggunakan emoticon :v
H. Banyak netizen yang menggunakan search engine / mesin pencarian google
I. Banyak warganet yang suka upload foto di instagram
J. Banyak orang yang mudah percaya dengan hoax dan mitos
K. Banyak orang ekstrovert di kelas si A
L. Banyak anak sekolah yang suka belajar bersama dengan teman-teman sekelasnya

- Contoh hal yang anti mainstream

A. Si A ngak suka makan nasi, tiap hari ia makan Singkong / roti / mie
B. Si B sukanya musik rock
C. Si C ngak suka K-pop, tapi suka lagu-lagu india
D. Si D sukanya main game 8 bit
E. Si E sukanya nonton anime bergenre psikologi-horror
F. Si F sukanya pakai-pakaian yang serba hitam, abu-abu, dan ngak banyak gaya
G. Si G sukanya pakai emoticon ( ͡° ͜ʖ ͡°)
H. Si H sukanya pakai mesin pencari bing / yandex
I. Si I sukanya upload foto di blog
J. Si J anti hoax dan mitos
K. Si K introvert sendiri di kelasnya
L. Si L belajar dengan menggunakan media internet (ngecheat tanya di sosmed)

Yap, begitulah kiranya pengertian dari mainstream dan anti mainstream beserta contohnya. Untuk membedakan keduanya cukup mudah, jika banyak orang sekitar yang melakukan sesuatu yang sama. Maka ia adalah orang yang mainstream.

Dan sebaliknya, jika ia berbeda dari orang di sekitarnya. Atau ia berbeda dari kebanyakan orang, maka ia adalah orang yang anti mainstream. Begitu saja, mudah dan simpel.

Apa itu arti mainstream & anti mainstream dalam bahasa gaul di internet ? Pengertian dan perbedaan mainstream & anti mainstream beserta contohnya
4/ 5
Oleh

Leave your comment