Friday, February 2, 2018

[Jangan dibaca] Tips ampuh usir rasa kantuk & bosan saat belajar di kelas (sekolah)

Ya, terkadang kita dapat merasa jenuh dan bosan ketika dihadapkan dengan materi pembelajaran yang itu-itu saja. Rasanya belajar di kelas terasa sangat membosankan, tiap hari bawaannya ngantuk. Mau tidur dikelas takut dihukum pak / bu guru. Kalau dipaksakan mendengar apa yang diajarkan beliau, rasanya malah tambah ngantuk. Begitulah realita kehidupan yang dialami oleh pelajar sekolah di indonesia.

Entah itu karena siswanya yang nakal, sering begadang sambil bermain game online. Atau juga memang karena guru pengajar yang kurang interaktif dan kreatif, di saat mengajarkan ilmunya kepada para muridnya. Hal tersebut tentunya dapat membuat para murid menjadi bosan dan mengantuk.

[Jangan dibaca] Tips ampuh usir rasa kantuk & bosan saat belajar di kelas (sekolah)

Kalau menurut orang jawa sih, hal yang demikian disebut juga sebagai STM (Sekolah Teko Muleh) :v, ngak ada manfaatnya sama sekali. Sekolah hanya dijadikan tempat untuk menghabiskan uang jajan dan bermain dengan teman. Semua materi yang diajarkan, Cuma sebatas menjadi angin lalu begitu saja. Masuk dari telinga kanan, keluar dari telinga kiri, ngak ngerti sama sekali. :’v awokwkok

Nah, maka dari itu, untuk mengatasi dan menghilangkan rasa kantuk dan bosan saat belajar di kelas (sekolah). Coba saja ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Niat untuk belajar

Jika kamu berniat dan bersungguh-sungguh untuk belajar di sekolah. Jangan ditanya lagi. Pasti tidak ada yang namanya ngantuk dan bosan. Pasti setiap harinya kamu akan semangat untuk belajar di sekolahan. Selain belajar dengan giat, kamu juga tentunya mendapat uang jajan, dan dapat bermain dengan teman. Begitulah indahnya masa sekolah, masa putih abu, masa-masa yang menyenangkan. :’v

2. Istirahat yang cukup

Jika diwaktu malam kamu beristirahat dengan cukup. Tidur dengan nyenyak dan nyaman. Kondisi kesehatanmu baik, normal dan sehat. Maka, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan yang namanya ngantuk saat belajar di kelas.

Jika kamu merasa bosan. Manfaatkan waktu istirahat untuk refreshing sejenak. Entah itu makan dan nyemil di kantin, ngobrol bareng teman, membaca buku di perpustakaan, browsingan, chattingan, main game, dan lain sebagainya. Asal rasa jenuh dan bosan menghilang, maka rasa kantuk pun juga tidak akan datang menyerang.

3. Menyukai materi pelajaran

Jika kamu sudah suka. Maka apapun halangan dan rintangan, pasti akan mudah dilalui dengan mudahnya. Meskipun kamu harus mendaki gunung, melewati lembah, sungai mengalir indah, ke samudra. Pasti tidak akan ada itu yang namanya jenuh, ngantuk dan bosan.




4. Mencuci muka dengan air

Jika kamu mengantuk di saat jam pelajaran berlangsung di kelas. Langsung saja ijin kepada bu / pak guru untuk pergi ke wc atau toilet sejenak. Kemudian, basuh wajahmu dengan air bersih. Ingat ya, dengan air bersih. Agar kesegaran kembali kepadamu, dan rasa kantuk yang menyerang pun akan menghilang.

Tapi, jangan sampai kamu malah keluyuran dan membeli makanan ke kantin. Kalau ketahuan bisa gawat nanti. Selain kamu di hukum, reputasi kamu di sekolahan juga bisa jatuh.

5. Mengoleskan sedikit balsem atau minyak angin

Usapkan sedikit minyak angin atau balsem di pelipismu. Kalau tidak mengerti apa itu pelipis, oleskan saja sedikit minyak angin di dahi mu. Agar mata kamu dapat melek dan menjadi semangat dengan seketika. Tapi ingat, saat mengoleskan nya jangan sampai terlalu dekat atau terkena mata. Karena hal tersebut dapat membuat mata mu menjadi pedas dan iritasi.

Jangan menggunakan balsem jika kamu ragu. Karena balsem sangat pedas dan panas. Gunakan saja minyak angin, karena jika sampai mencuci muka dengan air, nantinya jika terkena mata bisa gawat. Jika kamu tidak berani melakukan hal ini. Cukup hirup saja aroma minyak angin atau balsem tersebut. Agar kamu dapat kembali menjadi segar kembali. Jadi harus hati-hati ya. .

6. Duduk di bangku barisan paling depan

Jika kamu duduk dibarisan paling depan. Otomatis kamu akan berhadapan langsung dengan pak / bu guru yang sedang mengajar dikelasmu. Dengan demikian, kamu akan menjadi melek, jauh dari yang namanya ngantuk. Karena jika kamu ketiduran, pasti ada saja benda yang akan melayang. Plak , , skait euy.

Akan tetapi, untuk mengatasi rasa bosan saat duduk dibangku paling depan. Caranya lumayan sulit, karena kamu harus berhadapan langsung dengan pak / bu guru. Ya, lebih mudahnya, mungkin kamu sesekali, sambil mendengarkan materi yang diajarkan oleh guru. Kamu dapat mencatat apa yang diajarkan nya di buku tulis, kalau kamu agak malas, ya menggambar juga boleh. Asal jangan sampai ketahuan, yang penting pelajaran sudah masuk ke otak. Dan kamu tetap menghargai dan menghormati gurumu.

7. Duduk di bangku barisan tengah

Jika kamu duduk dibangku barisan tengah. Apapun posisinya, paling enak sih ya duduk di dekat jendela. Selain dapat melihat pemandangan yang indah. Kamu juga dapat mendapatkan udara segar dari angin yang berhembus melewati jendela. Ya ala karakter utama di anime-anime lah. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari rasa jenuh dan bosan di saat proses belajar dan mengajar berlangsung.

Namun, jika ruang kelasmu merupakan ruang yang tertutup. Atau juga kamu duduk di bangku tengah, jauh dari jendela. Untuk menghilangkan suntuk dan kantuk. Kamu cukup sedikit berbicara atau membahas materi pembelajaran dengan teman sebangkumu. Bicaranya pelan saja, agar rasa kantuk dan bosan sedikit menghilang. Eits, tapi ingat, jangan keasikan ngobrol yang ngak jelas, kalau tidak. Pasti kamu akan dimarahi dan dihukum pak / bu guru.

8. Duduk di bangku barisan belakang

Posisi duduk di bangku paling belakang memang agak sedikit menjengkelkan. Terkadang enak, terkadang juga menyakitkan. Karena biasanya para guru selalu saja menunjuk atau menyalahkan anak-anak yang duduk di bangku paling belakang. Mereka suka memperhatikan siswa yang duduk di bangku paling belakang. Karena bangku belakang identik dengan tempat nongkrong para murid yang nakal.

Jangan ditanya lagi, anak-anak yang duduk dibangku paling belakang. Kalau mereka ngantuk dan bosan, palingan ya mereka menyandarkan kepalanya di atas meja, dengan tas dan setumpuk buku yang menghalangi kepala. Lalu mereka pun tidur dengan pulasnya. Begitulah cara mengusir kantuk yang paling ampuh. Tentunya, resiko ditanggung sendiri . .

Ya, begitulah kawan. Sedikit banyak Tips dan trik atau cara untuk menghilangkan, mengatasi, dan mengusir rasa kantuk dan bosan di saat belajar di sekolah, di saat belajar di kelas. Tirulah yang baik-baik, dan buang yang jelek sejauh mungkin.

Ingat, hormatilah gurumu, hargailah mereka. Karena tanpa beliau para guru. Kamu yang sekarang bukanlah apa-apa. Walaupun mereka terkadang mengajar dengan membosankan. Tetap saja, mereka adalah para guru yang memberikan ilmu yang bermanfaat kepadamu.

[Jangan dibaca] Tips ampuh usir rasa kantuk & bosan saat belajar di kelas (sekolah)
4/ 5
Oleh

Leave your comment