Saturday, March 17, 2018

7 tanda atau ciri-ciri akan datang / turunnya hujan

Musim penghujan di akhir-akhir ini sangat sulit sekali untuk ditebak. Berbeda dengan zaman dulu, yang mudah dikenali tanda atau ciri datangnya musim hujan ini. Dahulu seperti biasanya, musim hujan di indonesia datang secara berkala. Bergantian datangnya dengan musim panas.

Namun karena perubahan iklim global, karena adanya pemanasan global, karena pengaruh el nino, karena pengaruh el nina, dan sebagainya. Musim hujan sekarang sangat sulit ditebak. Rasanya setiap bulan selalu saja datang hujan. Walaupun di saat musim kemarau sekalipun. Sehingga, musim kemarau akhir-akhir ini sering juga disebut dengan musim kemarau basah.

Untuk mengetahui secara pasti, kapan datangnya atau turunnya hujan di suatu wilayah. Menurut saya manusia tidak ada yang dapat memastikannya. Yang ada hanyalah sebuah prediksi yang dihasilkan dengan bantuan teknologi yang canggih. Maupun juga dengan pengamatan langsung dilapangan.

Karena zaman sekarang sudah cukup canggih, maka dengan bantuan teknologi satelit. Seseorang dapat dengan mudah memprediksi cuaca disuatu tempat atau wilayah. Karena dengan bantuan monitor dari satelit. Orang-orang ahli, misalnya seperti orang BMKG. Dapat memantau pergerakan awan, arah angin, suhu udara disuatu wilayah. Dan berbagai faktor lainnya untuk memprediksi cuaca yang sedang berlangsung di suatu daerah.



Nah, sedangkan bagi kita para barisan orang awam yang memiliki sedikit ilmu pengetahuan mengenai cuaca dan sebangsanya. Maka untuk mengetahui kapan akan datangnya hujan. Selain dengan cara melihat ke situs resmi BMKG. Tentunya kita juga dapat mengamati keadaan langsung dilapangan. Guna untuk memprediksi kapan datangnya hujan di daerah tempat tinggal kita.

Misalnya saja, Ciri-ciri atau tanda akan datang / turunnya hujan adalah seperti yang tersebut di bawah ini :

1. Di langit yang cerah, nampak sekumpulan awan hitam atau awan mendung yang bergerak menuju ke arah anda.

2. Angin berhembus ke arah daerah tempat tinggal anda. Disertai gumpalan awan hitam yang bergerak mendekat ke arah anda.

3. Terdengar suarah gemuruh dari petir dikejauhan.

4. Awan hitam, atau awan mendung mulai berkumpul diatas. Berkumpul di daerah sekitar wilayah tempat anda tinggal.

5. Suhu ruangan, atau suhu udara di malam hari cenderung terasa panas dan membuat gerah.

6. Terdengar suara rintik hujan, dan terlihat siraman air hujan dari kejauhan. Dan perlahan mendekat kearah anda.

7. Tetes demi tetes air hujan pun turun membasahi bumi yang anda pijak.

Ya saya rasa begitulah tanda atau ciri akan datangnya hujan di daerah anda. Jika langit mulai berawan, awan mendung mulai berkumpul, apalagi terdengar suara petir di kejauhan. Maka kemungkinan besar hujan akan datang dan turun di daerah anda.


Jadi anda harus selalu waspada. Jangan lupa selalu sedia payung sebelum hujan. Karena cuaca di akhir-akhir ini mulai sulit ditebak.

Jika menyangkut masalah perkiraan cuaca di hari esok, perkiraan cuaca di bulan depan dan sebagainya. Alangkah baiknya jika anda tidak menduga-duga. Dan jangan lupa untuk terus selalu update berita terbaru dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika). Agar segala kemungkinan buruk nantinya dapat diminimalisirkan.

Misalnya saja bagi anda yang petani. Karena menganggap musim panas mendatang adalah saatnya untuk menanam jagung, menanam ubi jalar, menanam semangka, menanam cabai, dan lain sebagainya. Eh, tak taunya waktu musim panas tiba. Malah hujan terus-terusan sepanjang bulan.

Yang ada anda akan menjadi merugi. Karena tanaman yang sudah susah payah anda tanam menjadi busuk dan gagal panen. Karena terkena siraman air hujan yang terjadi secara terus-menerus.

Ya begitulah sedikit penjelasan mengenai pertanda akan turunnya hujan, atau juga Berbagai cara mengetahui hujan akan turun. Cukup sekian dulu. Semoga bermanfaat. . .

7 tanda atau ciri-ciri akan datang / turunnya hujan
4/ 5
Oleh

Leave your comment