Tuesday, June 12, 2018

Cara mudah mengatasi hp cepat panas dan batre / baterai cepat habis (boros)

Hp apapun jenis dan mereknya, pada umumnya dizaman ini yakni hp / smartphone android. Ada saja dari beberapa jenis hp android yang seringkali cepat menjadi panas saat digunakan untuk membuka beberapa jenis aplikasi, bermain game, maupun disaat berinternetan. Parahnya lagi, bukan hanya hpnya saja yang panas namun baterai, atau kapasitas daya batre pun entah mengapa menjadi lebih boros dan cepat habis. Hal ini tentunya disebabkan oleh berbagai macam penyebab dan faktor.



# Penyebab panasnya dan borosnya baterai hp android, misalnya saja seperti :

1. Kualitas hardware atau jeroan hp android yang jelek, rendah, dibawah standar atau sering disebut sebagai hp berspek kentang 🤣.

2. Terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan / multitasking.

3. Bermain game online atau internetan dan bermain game sambil ngecas hp.

4. Banyaknya file maupun alplikasi sampah yang menumpuk tak berguna di memory hp.

5. Jaringan seluler atau jaringan internet yang terlalu lemah, dan terus saja dipaksakan untuk internetan dan nelepon.

6. Adanya virus atau software jahat yang terinstall di hp android anda.

7. Terlalu lama berinternetan.

8. Usia hp yang sudah terlampau uzur / tua.

9. Menggunakan Charger hp yang tidak original / abal-abal.

Cara mudah mengatasi hp cepat panas dan batre / baterai cepat habis (boros)

Ya, kurang lebih begitulah beberapa penyebab yang seringkali membuat hp anda menjadi cepat panas, boros batre. Dan terkadang malah membuat hp menjadi lemot dan sering ngelag. Nah, Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya coba saja beberapa langkah seperti yang tersebut dibawah ini :

# Cara mengatasi atau solusi dari hp android yang cepat menjadi panas dan boros baterai

1. Beli hp atau smartphone yang berkualitas

Carilah hp android yang berkualitas, entah itu yang harganya mahal. Atau mungkin malah yang berharga murah tapi kualitasnya ngak murahan. Pokoknya cari hp yang sudah terbukti mendapat banyak tanggapan positif dari para netizen dan teman-teman anda. Sehingga nantinya anda tidak akan menyesal, dan andapun dapat bermain game dan berinternetan sepuasnya tanpa perlu kuatir jika nantinya hp anda menjadi setrika portable 😣.

2. Gunakan aplikasi / ngegame yang sewajarnya saja

Jangan terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan (multitasking). Gunakan saja game dan app secara wajar dan secukupnya saja. Setelah selesai bermain game atau membuka aplikasi, jangan lupa keluar dari aplikasi tersebut. Agar nantinya tidak memberatkan kinerja cpu dan gpu serta hardware hp android yang anda punya.

3. Jangan bermain game sambil ngecas hp

Ya, dizaman yang serba online ini. Apalagi sekarang lagi musim-musimnya game MOBA. Orang-orang banyak yang membela mati-matian untuk push rank, menaikkan rank char gamenya. Tanpa peduli dengan nasib keberlangsungan hp yang ia miliki. Sehingga ketika batre hp sudah tinggal sedikitpun, mereka akan terus bermain game online sambil mengecash hp.

Tentunya hal ini sangat berdampak buruk bagi daya tahan baterai dan ketahanan atau masa pakai hp android anda. Jika hal ini terus saja dipaksakan. Bisa-bisa baterai hp akan menjadi rusak, dan sering ngedrop, atau mungkin yang terburuk malah bisa meledak 😰.

Tapi saya rasa baterai hp modern di zaman sekarang tahan banting dan lebih aman daripada baterai hp di zaman dulu. Sehingga kemungkinan baterai untuk meledak menjadi lebih kecil. Tapi bukan berarti anda dapat meremehkannya ya..

4. Rutin bersihkan cache, file sampah dan uninstall app yang tidak berguna / terpakai

Rajin-rajin bersihkan file sampah yang menumpuk di hp android anda. Dan jangan lupa untuk uninstall berbagai aplikasi dan game yang tidak atau jarang terpakai. Dengan ini, diharapkan rom dan ram hp anda akan menjadi lebih lega. Sehingga nantinya tidak memberatkan kinerja dan performa hp anda. Sehingga hp anda jauh dari yang namanya panas dan boros baterai.

Perlu diingat juga, sesuaikan aplikasi dan game yang terinstall di hp anda. Jangan memaksakan diri dengan menginstall aplikasi dan game hd di hp android spek kentang yang anda miliki. Karena hal ini sama saja dengan memperberat kinerja hp android yang anda miliki.

5. Jangan nelepon dan internetan disaat sinyal dan jaringan sedang lemah

Jangan memaksakan diri untuk berinternetan dan nelepon disaat sinyal atau jaringan anda sedang lemah-lemahnya. Karena hal ini dapat menguras daya baterai anda, dan juga dapat membuat hp menjadi cepat panas. Kalau perlu disaat kondisi seperti ini, hidupkan saja mode terbang hp anda. Agar baterai menjadi lebih awet dan tidak cepat terkuras habis.

6. berhati-hatilah disaat mendownload dan menginstall file

Jangan asal download aplikasi dari situs yang kurang terpercaya. Apalagi jika anda sering menemui iklan popup yang otomatis meredirect ke suatu file downloadan yang tidak dikenali dan mencurigakan. Karena bisa jadi, aplikasi yang anda install merupakan adware, virus, ataupun trojan minning yang dapat menguras kuota, menyedot pulsa, memperberat kinerja hp, sehingga dapat membuat hp anda menjadi cepat panas dan boros baterai.

7. Internetan sewajarnya saja

Ya, sudah sewajarnya disaat hp terus-terusan digunakan untuk internatan maupun ngegame online. Hal ini dapat membuat hp menjadi cepat panas. Apalagi jika berinternetan menggunakan jaringan 4G/LTE, malah tambah panas dan boros baterai. Maka dari itu, internetan sewajarnya saja, jangan seharian terus-terusan berinternetan. Agar baterai hp menjadi awet dan tidak cepat panas serta rusak.

8. Lembiru dan Lemkuning

Jika hp anda sudah tua atau sudah uzur. Maka tidak ada salahnya jika anda melembiru atau melemkuning hp android yang anda punya.

Btw, lembiru = lempar beli baru, dan lemkuning = lempar tuku maning :v.

9. Gunakan charger original / asli disaat mengecas (mengisi daya) baterai hp

Charger abal-abal yang bukan original atau asli keluaran dari produk / merek hp yang anda pakai dapat membuat baterai hp anda menjadi cepat rusak. Sehingga nantinya baterai hp anda akan menjadi cepat panas dan mudah ngedrop.

Ya saya rasa ke-9 tips diatas sudah cukup untuk Mencegah, mengatasi dan menjadi solusi dari cepat panasnya hp, maupun cepat habisnya daya baterai hp yang anda miliki.

Pada intinya semua kembali ke tangan / pilihan anda masing-masing. Jika anda pandai dalam memilih hp yang berkualitas, dan pandai menjaga hp yang anda punya. Maka saya rasa hp anda akan menjadi aman dari yang namanya overheat, panas berlebihan dan boros pemakaian baterai. Begitu juga sebaliknya, jika anda salah memilih hp dan sembrono di dalam menggunakan smartphone anda, maka tidak usah ditanya lagi. Walaupun tuh hp baru beli, baru kepakai sehari. Pasti juga jadi cepat panas dan boros baterai. Ya, Cukup sekian saja sob, semoga bermanfaat.

Cara mudah mengatasi hp cepat panas dan batre / baterai cepat habis (boros)
4/ 5
Oleh

Leave your comment