Friday, July 20, 2018

Kamus wibu, arti bahasa jepang yang sering dipakai vvibu / otaku anime (jepun) di sosmed

Para wibu biasanya selalu saja memakai bahasa yang serasa asing didengar / dilihat. Pasalnya mereka seringkali mencampur adukkan bahasa indonesia, bahasa daerah, bahasa alay dengan bahasa jepang ala anime-anime gitu (bahasa gaul). Nah, bagi anda yang kebingunggan mengenai perkataan para vvibu dan otaku jejepangan yang sering memakai bahasa jepang ini. Maka anda tidak perlu bingung lagi. Karena disini, saya selaku admin blog ini yang setengah wibu akan sedikit memberitahukan kepada anda mengenai maksud atau arti (pengertian) dari kata-kata yang sering diucapkan para wibu ini. Tentunya dengan bahasa indonesia yang kadang baik (formal) kadang ngak benar (bahasa slang).



Langsung saja, berikut daftar kata-kata bahasa jepang yang sering dituliskan para otaku dan wibu di berbagai grup, fp, dan sosmed yang ada di dunia maya / internet.

1. Nama panggilan / penyebutan orang

]. Watashi = Saya (bahasa formal, berlaku buat laki-laki / perempuan).
]. Boku = Aku (biasanya diucapkan cowok).
]. Ore = Gue (biasanya diucapkan cowok).
]. Anata / anta = Kamu (formal, hubungan dekat, misal ma pacar / istri). Anta = kamu, agak sopan n gaul.
]. Kimi = Kamu (teman sebaya / dekat, sopan, perempuan).
]. Omae = Kamu, ente (Teman dekat)
]. Kisama = Kamu (bahasa kasar).
]. Anatagata / anatatachi = Kamu sekalian (formal).
]. Kimitachi = Kamu sekalian (sebaya, sopan).
]. Omaera = Kalian semua (teman dekat / sebaya).
]. Watashitachi, kimitachi, wareware = Kami / kita.
]. Karera = Mereka (laki-laki).
]. Kanojora = Mereka (perempuan).
]. Minna = Semuanya.
]. Kareshi = Pacar laki-laki / dia laki-laki.
]. Kanojo = Pacar perempuan / dia perempuan.
]. Kare = Dia (laki-laki).
]. Kanojo = Dia (perempuan).
]. Oujo (sama) = Tuan putri.

2. Gelar panggilan / penyebutan orang

]. _Kun = Penyebutan terhadap adik/kakak laki-laki, teman laki-laki yang akrab (misalnya sasuke kun).
]. _Chan = Penyebutan terhadap adik/kakak perempuan (laki-laki), teman perempuan yang lebih mudah, atau sudah akrab (misalnya touka chan, onee-chan, onii-chan, jacki-chan 🤣 ), biar terlihat imut gitu.
]. _San = Penyebutan terhadap orang asing yang belum terlalu dikenal, atau juga penyebutan seseorang / nama orang dengan bahasa yang sopan. (Misalnya, Saitama-san, oka-san, onii-san).
]. _Sama = Untuk menyebut orang / sesuatu yang dihormati, misalnya seperti atasan, ibu-bapak, Tuhan, dll (contohnya, Oka-sama, Ains-sama, Kami-sama).
]. _Dono = Untuk menyebut bos / tuan. Misalnya seperti Momon-dono, subaru-dono.
]. _Tachi = Untuk menyebut banyak orang / jamak. Misalnya seperti anatatachi.
]. _Tan = Untuk menyebut orang yang disukai / sesuatu yang disukai dan dirasa imut. Misalnya seperti "Emilia-tan".

3. Hubungan keluarga, pertemanan, menyebut sesuatu

]. Kami = Tuhan (Kami-sama).
]. Okaa = Ibu (Okaa-san/sama/chan).
]. Otou = Ayah / Bapak (Otou-san/sama/chan).
]. Imouto = Adik perempuan.
]. Otouto = Adik laki-laki.
]. Onee = Kakak perempuan (Onee-san/chan/sama, nee-san).
]. Onii = Kakak laki-laki (Onii-san/chan/sama, nii-san).
]. Aniki = Kakak besar / gangster / perkumpulan (laki-laki).
]. Aneki = Kakak besar / gangster / perkumpulan (Perempuan).
]. Oba-san/chan/sama = Bibi.
]. Oji-san/chan/sama = Paman.
]. Obaa-san/chan/sama = Nenek.
]. Ojii-san/chan/sama = Kakek.
]. Oni = Setan bertanduk.
]. Senpai = Senior / kakak kelas.
]. Kouhai = Junior / adik kelas.
]. Sensei = Guru.
]. Tomodachi = Teman.
]. Kaichou = Ketua.
]. Kore, korera (jamak) = Ini.
]. Sore, Are, sorera / arera (jamak) = Itu.
]. Waifu = Wife / istri / pacar khayalan 2D.
]. Laifu = Life / kehidupan.
]. Otaku = Geek, penghobi ekstrim.
]. Wibu = Terobsesi dengan budaya jepang / maniak jejepangan.
]. Otto / shujin = Suami.
]. Goshujin = Suami orang lain (Goshujin sama = Majikan).
]. Tsuma / kanai = Istri (Okusan = Istri orang lain).
]. Chibi = Cebol / gambar anime chibi (kecil imut).


4. Istilah mengenai Perasaan dan ungkapan

]. Koibito = Jatuh cinta.
]. Aishiteru = Aku suka / cinta padamu (ingin menikahi).
]. Suki = Suka. (Suki da yo = diucapkan cowok, Suki yo = diucapkan cewek, Suki desu = Bahasa sopan).
]. Daisuki = Sangat suka.
]. Ai/Koi = Cinta.
]. Hatsukoi = Cinta pertama.
]. Kirai = Benci.
]. Daikirai = Sangat benci.
]. Kire, kirei = Indahnya / cantiknya...
]. Utsukushi = Cantik.
]. Kawaii = Imut.
]. Echii = Mesum.
]. Baka = Bodoh.
]. Kuso = Sial.
]. Kisama = (Kamu) Sialan.
]. Sugoi = Hebat.
]. Ganbatte = Semangat.
]. Arigatou = Terima Kasih.
]. Gomenasai = Mohon Maaf.
]. Kakoi = Keren.
]. Daijobu = Tidak apa-apa.
]. Yokatta = Syukurlah.
]. Iee = Tidak.
]. Hai = Ya.
]. Acha = Aduh.
]. Itai = Sakit.
]. Et tetetete = Aduh duh duh duh (kesakitan).
]. Kimochi = Perasaan enak / menyenangkan.
]. Kimoi / Kimochi warui = Menjijikan.
]. Moe = Imut ala gambar anime.
]. Umai = Lezat.
]. Oishii = Enak.
]. Ikeh = Maju.
]. Ikuzo = Ayo dimulai.
]. Wakaranai = Tidak mengerti.
]. Shiranai = Ngak tahu.
]. Wakarimashita = Mengerti (formal).
]. Wakatta = Mengerti (non formal).
]. Urusai = Bawel, berisik. (Urusai yo = berisik lo, berisik tahu).
]. Hontou = Sungguh ?, benarkah ?.
]. Hontou ni ? = Bener gitu ?.
]. Souka / Sou desuka = Oh, begitu.
]. Yappari = Apa aku bilang.
]. Nani ? = Apa ?.

5. Ucapan selamat dan percakapan + istilah lainnya (bahasa gaul jepang)

]. Omedetou / gazaimasu = Selamat.
]. Ohayou (gozaimau) = Selamat pagi.
]. Konnichiwa = Selamat siang / sore.
]. Konbanwa = Selamat malam.
]. Hajimemashite = Perkenalkan.
]. Yoroshiku = Mohon bimbinganya, (Yoroshiku onegai shimasu).
]. Moshi-Moshi = ucapan halo ditelepon.
]. Tanjoubi omedetou = Selamat ulang tahun.
]. Tadaima = Aku pulang.
]. Okaeri = Selamat datang kembali (ucapan orang yang di rumah).
]. Youkoso, itteirasai = Selamat datang.
]. Sayonara = Selamat tinggal / sampai jumpa lagi.
]. Matane / mata yo = Sampai ketemu lagi / Sampai jumpa lagi.
]. Janne = Dada (sampai jumpa).
]. Oyasumi (nasai) = Selamat tidur / istirahat.
]. Ogenki desuka = Apa kabar ?.
]. Okake desu = Saya baik-baik saja.
]. Mata aimashou, itte mairimasu = Sampai jumpa lagi.
]. Douitashimashite = Sama-sama.
]. Gomen, Gomenasai, sumimasen = Maaf.
]. Gomen kudasai = Permisi.
]. Doumo, arigatou = Terima kasih.
]. Douzo = Silahkan.
]. Dou Itashimashite = Terimakasih kembali.
]. Dame = Jangan.
]. Dame desu yo = Sebaiknya jangan.
]. Itadakimasu = Selamat makan.
]. Gochisousama deshita = Terimakasih atas makanan / hidangannya.
]. Betsu ni / Nandemo nai = Ngak juga, ngak apa-apa.
]. Doushite = Mengapa.
]. Yatta = Hore / berhasil.
]. Yosh / Yoshi = Yes, selesai, ok.
]. Mochiron = Tentu saja.
]. iine = Bagus ya ?!.
]. Mata ashiita = Sampai besok.
]. Yamete (kudasai) = Hentikan.
]. Yamero = Berhenti.
]. Iku = Lanjutkan (enak).
]. Ikkeh = Maju.
]. Hayaku = Cepatlah, Cepat maju / lanjutkan.
]. Baka = Bodoh / Goblok.
]. Baka yarou = Dasar goblok.
]. Wakatta = Mengerti.
]. Sou ne, Sou ka, sokka = Begitulah, oh begitu.
]. Masaka = Eh, masa ?. Ngak mungkin.
]. Naru hodo = Oh begitu.
]. Kawaisou ni.... = Kasian...
]. Chotto matte = Tunggu bentar oy.
]. Uso = Bohong.
]. Uso desou = Kau pembohong.
]. Uso tsuki = Tukang bohong.
]. Uso janai = Jangan bohong ?.
]. Nan da yoo ? = Ape lu..?
]. Damaree = Dieeeem.
]. Nani kore ? = Apaan tuh ?.
]. Jibun no seida = Salah sendiri.
]. Doki-doki = deg deg ( suara detak jantung).
]. Suki da = Suka / cinta kamu.
]. Kuso / Kusso = Shit, sial, brengsek, ta*, (gregetan dan kesal lah pokoknya. Biasanya diucapkan cowok).
]. Aiitai naa = Kangen nih..
]. Dame da yo = Ngak boleh.
]. Kochi = Sini, (kochi-kochi = sini-sini / kesini).
]. Ii yoo.. = Boleh..
]. Kyogaru = ABG.
]. Sankyu = Terima kasih.
]. Wakanai = Ngak tahu.
]. Yare-yare = Ya ampun.
]. Yabai / Yabee = Gawat.
]. Ryokai / Yokai = Roger / ok / oke.
]. Maa ne = Ya gitu deh.
]. Maa Maa = Lumayan.
]. Maji, maji de ? = Serius, beneran nih ?, Sumpah loh ?.
]. Mo ii yo !! = Boleh juga !
]. Busu = Cewek jelek.
]. Bara-bara = Kacau balau.
]. Buotoko = Cowok jelek.
]. Baka mitai = Dasar gblk / bodoh / oon.
]. Betako = Cewek menor / make up ancur & berlebihan.
]. Bijin = Cewek cantik.
]. Hatsukoi = Cinta pertama.
]. He! = Heee!
]. Hora = Lihatlah.
]. Nani ata no ? = Ada apa sih, paan sih ?.
]. Nanda yo / nani yo ? = Ada apa ?
]. Nakimushi = Cengeng.
]. Nante koto = Ya ampun.
]. Nanchatte = Bercanda.
]. Doke = Awas.
]. Dare = Siapa.
]. Chou = Sangat / banget / super (chou kawaii = sangat imut)
]. Chotto ii ? = Tunggu ? (Menyelah Percakapan dalam tanya jawab)
]. Che ! / Cih ! = Kampret !.
]. Tasukete = Tolong aku.
]. Joudan = Bercanda.
]. Sukebe = otak kotor / mesum.
]. Sumanee = Bosen / bete.
]. Gotsui = Kasar.
]. Kowai = Takut.
]. Usotsuki = Pembohong.
]. Oshiete kure = Kasih tahu dong.
]. Oha / Ossu = Met pagi.
]. Ichiyo = Ngomong-ngomong.
]. Iketeru = Keren abis.
]. Ikemen = Cowok ganteng.
]. Ikimashou = Ayo pergi / lets go !.
]. Ayashii = Mencurigakan.
]. Daikiraii = Sebel / benci.
]. Aho = Tolol, (aho girl = cewek gblk).
]. Are ? = Eh h?.
]. Ano ! = em..
]. Ora ora ora = maju-maju, ayo-ayo, hei hei hei, woi woi woi (intinya nantang / memprovokasi lawan).
]. Oppai = Payudara wanita.
]. Loli = Anak kecil / orang dewasa bertubuh kecil n berparas atau bermuka seperti masih anak kecil.
]. Sasuga = Mengagumkan.
]. Subarashii = Menakjubkan / Mantap jiwa.

Nah begitulah gan sedikit kosakata atau bahasa jepang yang sering diucapkan para wibu (kamus wibu). Mungkin anda dapat menambahkan kosakata yang lain ?, Tentunya yang tidak berbau Hentong. Kalau ada, Silahkan saja tulis di kotak komentar. Cukup segini saja, semoga bermanfaat. 🤤

Kamus wibu, arti bahasa jepang yang sering dipakai vvibu / otaku anime (jepun) di sosmed
4/ 5
Oleh

Leave your comment