Wednesday, July 25, 2018

Penyebab, cara mencegah dan mengatasi bom klik iklan adsense (lapor ke google)

Entah mengapa ada saja orang iseng yang menjaili blog maupun situs kita. Saya sendiri sempat merasakan yang namanya bom klik adsense ini. Padahal saya tidak punya musuh di dunia maya maupun di dunia nyata. Apalagi dengan yang namanya share alamat / postingan situs ke sosmed, Sama sekali tidak pernah.

Penyebab, cara mencegah dan mengatasi bom klik iklan adsense (lapor ke google)

Namun takdir berkata lain, Tepatnya hari selasa 24 juli 2018 kemarin, pada sekitaran pukul 14:00-15:30 an sore. Ketika saya cek jumlah klik iklan adsense pada apps google adsense yang ada di hp android. Tiba-tiba saja jumlah kliknya membengkak menjadi 2x lipat / 100% dari biasanya.

Saya lihat ctr/rkt klik akun adsense saya pun ikut membengkak gila-gilaan. Disaat itu juga saya langsung buka chrome dan login ke akun google adsense saya, tentunya untuk mengechek keabsahan jumlah klik yang saya dapatkan.

Setelah saya cek berkali-kali, ternyata memang benar klik tersebut terbukti invalid klik. Dan disaat itu juga, saya langsung melaporkan kejadian invalid klik ini ke pihak adsense. Tentunya agar nantinya akun adsense saya masih aman sentosa seperti sedia kala / terhindar dari suspend dan banned.

Dan memang benar terbukti, setelah beberapa menit laporan. Akun adsense saya, yang tadinya memiliki jumlah klik yang tidak wajar. Perlahan tapi pasti semakin menurun jumlah kliknya sampai ke tahap normal.



Nah, bagaimanakah cara mencegah terjadinya bom klik dan cara mengatasi bom klik pada iklan google adsense anda ?. Simak saja penjelasannya di bawah ini.

A. Penyebab dan cara mencegah terjadinya bom klik iklan google adsense

1. Jangan membuat atau mencari musuh di dunia maya maupun di dunia nyata

Jika orang sudah benci dengan anda. Jika orang sudah sakit hati dan jiwanya. Maka cara apapun akan dilakukan untuk membuat anda menderita. Salah satunya dengan menumbangkan situs / blog yang anda kelola. Selain itu tentunya iklan adsense anda pun tak luput dari aksi kejahatannya. Dengan kata lain situs anda akan dijingling dan iklan anda akan di bom klik habis-habisan.

Jika sudah demikian tentunya anda akan mengalami kerugian yang tak terkira. Selain rugi waktu, pikiran dan tenaga. Anda pun akan rugi secara materi yang tidak sedikit jumlahnya. Bayangkan coba, jika blog yang anda build / bangun bertahun-tahun hancur dalam semalam ?. Sakit ngak 😭 ?. Ya, sakit coy...

2. Jangan pernah share blog ke sosmed / grup para blogger lainnya

Sudah tidak asing lagi, jika para blogger indo suka sekali iri dan mudah sakit hati dengan kesuksesan blogger lainnya. Jika anda tidak hati-hati dalam menshare postingan blog anda. Maka jangan heran nantinya blog anda akan diserang oleh para tangan blogger jail yang menjengkelkan.

Jadi, saran saya buatlah blog yang berkualitas saja. Dan biarkan pengunjung datang dengan sendirinya ke blog anda. Tentunya lewat bantuan mesin pencari seperti google, bing, dan sebagainya.

3. Jangan menyinggung atau memojokkan kubu / perorangan di dalam postingan anda

Jangan pernah sekali-kali anda menyinggung atau membully orang maupun kelompok penting di dalam postingan blog anda. Kenapa bisa demikian ?. Tentunya anda tahu sendirilah, bagaimana ulah fans garis keras dari suatu kubu maupun perorangan. Sebut saja misalnya seperti para kpopers dan pecinta binatang. Jika anda membully kpopers, jangan heran nantinya jika blog anda akan hilang dari peredaran. Bahkan yang parah, anda bisa dipidanakan 😓.

4. Berdoa

Ya, untuk mencegah hal yang tidak terduga, misalnya dari ancaman bot dan orang yang sirik. Berdoa saja kepada Tuhan yang maha esa. Agar blog dan iklan di blog anda menjadi lancar dan aman damai sentosa. Selain berdoa, tentunya anda juga harus sering mengecek perkembangan penghasilan yang ada di akun adsense anda. Karena siapa tahu ada orang yang iseng ngebom klik iklan adsense anda.

Ya begitulah sedikit penyebab dan cara mencegah terjadinya bom klik. Selanjutnya, berikut langkah-langkah yang harus dihadapi ketika blog anda sudah terkena bom klik.

B. Laporan invalid activity / klik google adsense

1. Langsung saja tanpa basa-basi, anda menuju ke halaman ini, "https://support.google.com/adsense/contact/invalid_clicks_contact".

2. Kemudian isi berbagai kotak input pada form yang sudah disediakan.

Penyebab, cara mencegah dan mengatasi bom klik iklan adsense (lapor ke google)
Klik gambar untuk memperbesar

  • Name : Isi nama lengkapmu sesuai yang tertera di akun adsense.



  • Contact email address : Isi dengan alamat email adsensemu.



  • Your adsense publisher Id : Tentunya isi dengan id publisher adsense kamu. Misalnya di halaman homepage dashboard adsense url alamatnya di "https://www.google.com/adsense/new/u/0/pub-696969690/". Cukup masukkan angkanya saja.



  • Url where adcode appears : Isi dengan alamat situs / blog yang kena bom klik



  • Topic : Pilih yang "Report unusual activity in my account / aktivitas yang tidak biasa pada akun saya".



  • Date and time of click activity : silahkan isi dengan perkiraan tanggal dan waktu terjadinya bom klik. Misalnya seperti 09/06/2018 11:00 am, atau juga 24-july-2018 jam 13:00 - 15:00 gmt+8, dan lain sebagainya.



  • A paragraph describing what led you to believe the click activity is invalid : Masukkan unek-unek anda seputar masalah bom klik. Kalau bisa sih pakai bahasa inggris. Misalnya seperti "My adsense ads suddenly got many click. And i think my site is being attacked by someone with bomclick. Please look, review and fix my adsense account. Thank you very much." 🤣 Bahasa inggris ane jelek, jadi buat sendiri aja deh.



  • Please include any data bla bla bla : Isi dengan data tambahan berupa alamat ip, sumber referrer site, dll yang dicurigai sebagai pelaku bom klik. Isi jika kamu memang memiliki data yang dimaksud. Jika tidak ya tidak apa-apa. Yang penting yang wajib diisi ya yang ada tanda bintangnya saja *.



  • 3. Klik submit, dan selesai sudah.

    Ya, begitulah sedikit pengalaman saya mengenai bomklik iklan adsense dan cara mengatasinya. Semoga dengan ini kita dapat terhindar dari yang namanya bomklik. Cukup sekian saja, dan semoga bermanfaat...

    Penyebab, cara mencegah dan mengatasi bom klik iklan adsense (lapor ke google)
    4/ 5
    Oleh

    Leave your comment