Friday, September 21, 2018

Cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di hp android - iklan pop up, dll

Terkadang di saat kita sedang asik-asik internetan dan browsing melalui browser yang kita punya. Entah mengapa tiba-tiba saja banyak iklan yang bermunculan. Iklan tersebut tahu-tahu muncul begitu saja. Biasanya iklan dalam bentuk popup yang muncul di jendela browser, dan menutupi konten situs yang sedang kita lihat. Terkadang, selain iklan popup, iklan melayang di suatu situs juga cukup menganggu. Dikarenakan iklan tersebut hampir menutupi semua layar hp android yang anda punya. Sehingga hal ini sangat mengganggu kenyamanan anda.

Nah, untuk menghentikan dan menghilangkan berbagai jenis iklan yang menganggu ini selamanya. Anda haruslah terlebih dahulu mengetahui penyebab dari munculnya berbagai jenis iklan di hp android anda.



Biasanya iklan muncul di smartphone android karena 3 hal, yakni diantaranya.

1. Iklan yang muncul di browser

Iklan jenis ini biasanya memang sengaja dipasang oleh pemilik situs atau blog yang anda kunjungi. Dari berbagai iklan inilah para penulis, blogger, webmaster dan sebagainya mendapatkan uang dan penghasilan. Namun terkadang iklan yang mereka pasang sangat menganggu kenyamanan pengunjung. Karena iklan yang mereka pasang biasanya bertipe popup, popunder, dan iklan melayang. Selain iklan tersebut saya rasa tidak terlalu menganggu.

Selain iklan yang terpasang disitus. Biasanya juga pihak pengembang aplikasi browser sengaja memasang iklan di dalam aplikasinya. Sehingga ketika kita mengklik link yang ada di halaman situs. Langsung saja jendela iklan akan terbuka. Kasus seperti ini misalnya ada di dalam browser opera mini dkk.

Selain iklan dari situs, dan iklan di dalam browser. Terkadang pihak operator seluler yang anda pakai juga menyisipkan sejumlah iklan. Pihak operator akan menampilkan iklan di header, iklan popup dan sebagainya disaat anda sedang online menggunakan browser bawaan, dan sebagainya.

2. Iklan yang muncul di dalam game dan aplikasi

Biasanya di dalam sebuah game atau aplikasi. Pihak pengembang menyisipkan sejumlah iklan di dalamnya. Iklan tersebut akan aktif jika anda menghidupkan koneksi internet dan membuka game / aplikasi tersebut saat bersamaan. Jadi jika anda membuka aplikasi atau game, dan koneksi internet aktif. Maka iklan pun akan langsung muncul begitu saja.

3. Iklan yang muncul dengan sendirinya

Yang terakhir ini merupakan iklan yang sangat menganggu. Disaat anda baru saja menghidupkan koneksi internet, langsung saja banyak iklan yang bermunculan. Hal ini biasanya diakibatkan oleh berbagai jenis aplikasi atau game asing yang terinstal di hp android anda (aplikasi bukan dari playstore). Game dan aplikasi tersebut sebenarnya adalah sebuah adware yang masih masuk kedalam jenis virus di hp android.

Selain dari adanya virus di hp anda. Rom abal-abal, atau rom modifan juga berperan penting didalam munculnya berbagai jenis iklan ini. Jika anda pengguna hp xiaomi, hp anda baru beli. Eh di saat anda mengoneksikan internet, langsung saja muncul sejumlah iklan. Kejadian ini patut dicurigai, karena bisa jadi anda membeli hp xiaomi dengan rom palsu, rom distributor yang sudah di modif dan disisipi iklan.

Nah, untuk mengatasi hal ini, atau untuk menghentikan munculnya iklan ini sebenarnya sangatlah mudah. Apalagi jika hp anda adalah hp xiaomi. Karena di hp xiaomi tipe terbaru, Sudah disediakan berbagai fitur pembersihan file, anti virus, dan juga pembatasan koneksi internet bagi aplikasi yang terinstal di hp xiaomi anda.

A. Mengatur pengaturan di browser

Selanjutnya, untuk mengatasi iklan yang muncul dari aplikasi browser yang anda gunakan. Anda dapat menonaktifkannya melalui pengaturan yang ada.

1. Menghilangkan iklan di google chrome

Untuk menghilangkan iklan di google chrome caranya cukup mudah. Cukup klik menu titik 3 di pojok kiri atas. Kemudian tap menu setelan - setelan situs. Lalu cekal semua menu yang tertera seperti gambar dibawah ini.

Cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di hp android - iklan pop up, dll

- Notifikasi dicekal untuk menghilangkan notifikasi dari berbagai situs.

- Javascript dicekal untuk menghilangkan fitur javascript pada browser. Dengan demikian berbagai jenis iklan popup, popunder, dll yang menggunakan javascript tidak akan bisa tampil lagi di chrome.

- Popup dan pengalihan dicekal untuk mencegah munculnya iklan popup dan autoredirect dari situs.

- Sinkronisasi latar belakang dicekal untuk mencegah berbagai aktivitas sinkronisasi yang tidak diinginkan.

2. Menghilangkan iklan di opera mini

Untuk menghilangkan iklan di operamini cukup mudah. Tinggal tap saja ikon gambar operamini di menu kanan bawah. Kemudian hidupkan adblock iklan yang ada seperti gambar dibawah ini.

Cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di hp android - iklan pop up, dll

Dengan cara ini berbagai jenis iklan akan menghilang dari hp android anda. Akan tetapi, iklan bawaan dari aplikasi operamini ya tetap ada 😂.

3. Gunakan uc mini

Untuk menghilangkan iklan popup yang menganggu. Anda mungkin juga dapat mencoba berbagai jenis browser alternatif. Salah satunya seperti browser ucmini, yakni browser versi lite dari uc browser.

B. Menginstall adblock

Selain menghilangkan iklan dari browser yang ada. Anda juga dapat menggunakan berbagai aplikasi adblock yang banyak bertebaran di playstore. Disana anda dapat mencari aplikasi adblock yang sesuai dengan selera anda.


Setelah menginstal aplikasi adblock. Maka berbagai jenis iklan yang muncul di browser, youtube, dan sebagainyapun akan menghilang.

C. Membatasi konektivitas aplikasi

Di hp xiaomi, langsung saja klik atau menuju aplikasi keamanan yang berlogo tameng hijau. Kemudian tap penggunaan data, lalu batasi penggunaan data. Tinggal centang-centang sesuka hati anda. Pilih berbagai jenis aplikasi yang boleh terkoneksi ke data seluler atau wifi.

Cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di hp android - iklan pop up, dll

Dengan cara ini otomatis anda dapat menghilangkan tampilan iklan yang muncul di dalam suatu aplikasi atau game yang sudah anda install.

D. Menginstall aplikasi adware cleaner

Buka playstore cari aplikasi dengan keyword adware. Maka disana akan tersedia banyak jenis antivirus dan aplikasi cleaner yang siap digunakan untuk memberantas berbagai aplikasi nakal yang terinstal di hp anda.

Dengan menginstal anti virus tersebut, maka anda akan bisa mendeteksi berbagai jenis aplikasi yang menyebabkan munculnya jendela iklan popup, dll di hp android yang anda punya.

Setelah terdeteksi, maka berbagai jenis antivirus dan aplikasi pembersih tersebut akan menguninstall atau menghapus berbagai virus adware yang bersarang di hp android anda. Sehingga hp anda akan terbebas dari yang namanya muncul iklan popup dadakan.

E. Mengganti fake rom ke rom asli

Jika anda pengguna hp xiaomi yang kebetulan memiliki hp ber rom palsu. Bukan rom resmi, rom global asli dari xiaomi. Hp android anda penuh dengan iklan ngak jelas. Solusinya tinggal ganti rom saja. Hp anda bisa di update, di flash ulang atau cara yang lainnya. Intinya anda harus mengganti rom anda agar terbebas dari bayang-bayang iklan popup, dll yang tiba-tiba muncul di hp anda.

Ya, dengan berbagai cara yang tersebut diatas. Semoga saja semua iklan aneh yang muncul di hp android anda dapat segera terhentikan atau menghilang. Cukup sekian saja dulu ya, semoga bermanfaat . .

Cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di hp android - iklan pop up, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment