Sunday, September 23, 2018

Cara menjadi youtuber dengan bermodalkan hp android - mulai dari nol sampai sukses

Untuk menjadi seorang youtuber yang hanya bermodalkan hp atau smartphone android bukanlah perkara yang mudah. Namun, jika anda memiliki niat dan tekad yang kuat. Maka hanya dengan bermodalkan hp android saja, rasanya hal ini tidak akan menjadi sebuah halangan. Asalkan anda kreatif, maka untuk menjadi seorang youtuber rasanya akan menjadi lebih mudah.

Nah, konten video yang dibuat di hp android biasanya masih berhubungan dengan tutorial seputar hp android, tutorial ngegame / gaming, vlogging, maupun pengalaman menarik lainnya yang dapat diabadikan melalui kamera hp android anda.

Kembali ke topik utama, seperti yang tersebut diatas. Untuk menjadi seorang youtuber yang hanya bermodalkan hp android dan kreativitas saja. Anda setidaknya haruslah memiliki modal tambahan seperti yang tersebut dibawah ini.

1. Niat dan tekad yang kuat

Niat dan tekad yang kuat wajib dimiliki oleh setiap calon youtuber yang ingin bercita-cita menjadi tenar, sukses dan dapat mendapatkan banyak uang dari hasil ngeyoutube 😂.



Jika niat anda sudah kuat, maka segala usaha yang dilakukan akan menjadi lebih mudah. Jika niat sudah bulat, berbagai ide kreatif pun akan bermunculan dengan sendirinya. Sehingga nantinya anda akan menjadi lebih mudah didalam membuat suatu konten video youtube yang unik, kreatif, menghibur, dan edukatif. Tanpa harus merusak moral bangsa dengan berbagai perkataan kotor / toxic dan hal nyeleneh lainnya.

2. Hp android kualitas menengah keatas

Untuk membuat sebuah video yang menarik dengan kualitas yang baik. Tentunya haruslah diiringi dengan modal utama berupa smartphone atau hp android yang baik. Jika hp android anda berspek rendah, spek kentang. Jangankan mau buat video kreatif, mau internetan saja pastilah jadi lemot. Contoh mudahnya jika hp anda tidak suport jaringan 4g-lte, ram 256 mb, kamera vga, cepat panas lagi 😭. Pasti hal ini akan sangat merepotkan.

Nah, Jadi kesimpulannya hp android anda haruslah berspek menengah keatas agar nantinya lebih mudah untuk merekam video, mengedit video dan lancar disaat upload atau mengunggah ke akun youtube yang anda miliki.

3. Aplikasi perekam layar

Jika anda berniat untuk menjadi seorang youtuber gaming, youtuber yang suka membahas tutorial ngegame atau tips trik seputar hp android. Maka aplikasi perekam layar ini sangatlah dibutuhkan untuk merekam segala aktivitas anda disaat sedang asik bermain game atau mengotak-atik hp android.

Aplikasi perekam layar biasanya sudah ada di bawaan hp anda. Alias sudah tersedia dari pabrikan hp anda. Akan tetapi biasanya fiturnya kurang mantap jiwa. Maka dari itulah anda dapat mencari aplikasi perekam layar tambahan di playstore.

Biasanya orang-orang menggunakan aplikasi sejenis dengan mobizen, az screen recorder, du recorder, screen recorder no ads dan sebagainya untuk merekam aktivitas ngegame mereka di hp android.

4. Aplikasi editing video

Aplikasi editing video berguna untuk mengedit hasil video rekaman anda. Entah itu hanya sekedar menambahkan efek, menambahkan background music, menambah suara, memotong video / ngetrim, menggabung video, menambahkan watermark, gambar, dan sebagainya. Yang jelas aplikasi editing video ini sangat diperlukan.


Contoh aplikasi editing video yang sering digunakan di hp android, selain aplikasi bawaan hp misalnya seperti viva video, filmorago, adobe premier clip, dan sebagainya. Cari sendiri di playstore untuk jenis apps yang lainnya. 😆

5. Aplikasi editing gambar

Aplikasi editing gambar dan photo juga sangat berguna untuk konten video yang akan anda buat. Video slideshow misalnya, video jenis ini hanya bermodalkan beberapa jenis gambar dan text saja yang digabungkan dan dipack menjadi format video. Tentunya hal ini juga dapat dibuat di hp android.

Aplikasi editing gambar dapat banyak anda temui di playstore. Misalnya seperti medibang, ibis paint, pixelab, paint, photosop, picsay, dan sebagainya.

6. Akun gmail / google akun

Google akun atau akun gmail berfungsi untuk membuat channel youtube anda. Jika anda sudah punya akun gmail, langsung saja masuk ke situs youtube. Entah itu masuk lewat chrome atau langsung dari app youtube. Kemudian langsung saja buat nama channel yang sesuai dengan keinginan anda dan juga yang sesuai dengan tema video yang akan anda upload.

Untuk mengupload video ke akun youtube anda. Biasanya didalam aplikasi perekam layar atau di file manager hp android anda. Sudah tersedia fitur share yang didalamnya ada menu share atau upload ke youtube.

Perlu diingat juga, terkadang resolusi video yang potret / berdiri. Jika video tersebut diupload ke youtube, maka kualitas video akan menjadi buruk, ngeblur ngak jelas. Maka dari itu saran saya ubah video anda menjadi di mode landscape atau tidur dengan rasio layar standart 4:3 / 16:9. Agar nantinya kualitas video tetap terjaga.

7. Subscriber dan viewer

Tanpa pengunjung, tanpa viewer dan subscriber. Rasanya video anda tidak akan bisa di monetize atau di daftarkan ke google adsense. Apalagi jika video yang anda unggah merupakan video reupload, atau video yang penuh dengan musik dan konten yang bercopyright. Pasti lama kelamaan video anda akan dihapus dari youtube.

Maka dari itu anda harus bijak dan pintar disaat membuat sebuah konten video. Lagipula di aplikasi youtube android juga sudah disediakan musik gratis yang bisa disisipkan ke video yang anda buat. Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi berurusan dengan editing dan ancaman copyright.

Setelah banyak video yang anda unggah. Dan juga banyak subscriber dan viewer di channel youtube anda. Maka sesuai persyaratan google yang sudah ada di youtube. Yakni, 4000 jam tayang dan 1000 subscriber dalam kurun waktu setahun belakangan. Maka channel youtube anda sudah dapat dimonetize atau dipasangi iklan.

Jadi jika channel youtube anda masih belum memenuhi kriteria standar adsense youtube. Maka jangan harap anda akan mendapatkan uang dari konten video yang anda buat. 🤗

Cara menjadi youtuber dengan bermodalkan hp android - mulai dari nol sampai sukses
4/ 5
Oleh

Leave your comment