Thursday, October 18, 2018

6 Cara mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit

Memori internal hp android anda cepat penuh ?. Namun aplikasi yang terinstall di hp anda sangatlah sedikit ?. Atau malah masih kosong karena semua aplikasi di hp masih terisi dengan aplikasi bawaan ?. Kenapa hal ini bisa terjadi ?. Kenapa memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit ?. Berikut penjelasannya . .

Pada dasarnya di dalam smartphone android, ada dua jenis memori yang digunakan untuk menyimpan berbagai data. Yang pertama adalah memori internal, yang merupakan memori bawaan yang sudah tertanam di dalam hardware hp android itu sendiri. Jumlah memori internal di hp android sangatlah bervariasi. Ada yang 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 128GB dan sebagainya.

Dan yang kedua yakni memori eksternal, dimana memori eksternal ini merupakan memori hp yang dapat dilepas dan dipasang sesuka hati. Ukuran atau size dari memori eksternal ini juga bervariasi. Sama dengan memori internal yang ada didalam hp android. Intinya semakin mahal harga hp, semakin mahal harga memori eksternal maka semakin besar juga kapasitas memori yang ditawarkan.



Nah, didalam kasus tertentu mungkin anda pernah menemui hp android yang kapasitas memori internalnya cepat sekali menjadi penuh walaupun tidak ada aplikasi, atau ada aplikasi namun sedikit. Hal ini disebabkan karena . .

# Penyebab dan cara mengatasi memori internal hp android yang penuh padahal aplikasi sedikit

1. File cache yang membengkak

Cache atau tembolok pada hp android berguna untuk mencatat aktivitas yang sudah atau sedang dilakukan di hp android itu sendiri. Mudahnya, cache digunakan untuk merekap data, untuk meninggalkan jejak, meninggalkan history yang sudah terjadi di dalam hp android anda.

Segala jenis aktivitas yang bersangkutan dengan internet, game, aplikasi, yang dilakukan di hp android. Pastinya akan menghasilkan sejumlah besar file cache yang akan disimpan didalam memori internal.

Di aplikasi browser, misalnya seperti chrome. Setiap gambar, history browser, dan sebagainya. Akan dibuatkan file cachenya, guna untuk mempercepat loading data situs, dan untuk menghemat pengeluaran paket / kuota data jika anda mengakses suatu halaman situs yang sama.

Jadi, jika anda sering membuka berbagai aplikasi bawaan di hp. Anda sering internetan dengan aplikasi bawaan. Walaupun anda belum menginstall app dan game lain. Maka file cache ini akan tetap menumpuk dan memenuhi memori internal hp android anda.

Solusi untuk mengatasi ini adalah dengan cara menghapus file cache dan file sampah di hp android anda secara berkala. Jika di hp android anda tidak ada aplikasi bawaan untuk menghapus file cache. Anda dapat mendownload berbagai aplikasi pembersih cache di google playstore.

Cukup masukkan keyword "cleaner" saja di kotak pencarian playstore. Maka disana akan banyak ditemui aplikasi pembersih file cache, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.

2. Letak penyimpan foto kamera dan video

Biasanya hasil jepretan kamera dan video dari hp android anda memiliki size atau ukuran yang besar. Jika anda tidak memindahkan penyimpanan foto dan video dari memori internal ke memori eksternal. Maka seiring berjalannya waktu, lambat laun memori internal hp android anda akan penuh dengan foto dan video yang ada di hp android anda sendiri.

Solusi untuk mengatasi ini ya dengan cara menghapus file foto dan video yang tidak begitu penting. Serta dengan cara memindahkan semua foto dan video ke memori eksternal. Dan juga dengan mengubah pengaturan penyimpanan hasil foto dan video ke memori eksternal.


3. File hasil downloadan dan kiriman

Mungkin saja anda lupa pernah mendownload file dalam ukuran yang besar. Dan juga pernah berbagi file lewat wifi atau bluetooth dalam jumlah yang besar ?. Hal ini tentunya dapat memenuhi kapasitas hp android anda.

Untuk mengatasi ini, ya sama saja seperti cara yang tersebut diatas. Yakni, kalau tidak menghapus file, ya tinggal pindahkan saja ke memory eksternal.

4. Memori ram yang penuh

Terkadang jika memori ram penuh juga akan menimbulkan sejumlah notifikasi terkait yang bernada tentang penuhnya memori hp anda. Dan juga biasanya ditandai dengan lemot dan ngelagnya hp anda.

Jika memang demikian, tinggal bersihkan saja ram hp anda. Biasanya aplikasi pembersih ram ini sudah sepaket dengan aplikasi pembersih file cache. Jadi anda tinggal mencari aplikasi cleaner di playstore saja.

5. Memori internal dipakai oleh sistem

Tidak sepenuhnya kapasitas memori dan ram di hp anda dapat digunakan murni sesuai dengan yang tertera pada spesifikasi hp anda. Misalnya jika memori internal hp anda 32GB, dengan kapasitas RAM 3GB. Maka biasanya, sistem dan aplikasi bawaan akan mengisi 1/4 sampai 1/2 kapasitas memori internal dan ram di hp anda. Sehingga nantinya, memori hp anda yang dapat dipakai tinggal 16 GB dan ram yang kosong tinggal 1.5 GB.

Jika ini yang terjadi, maka tidak ada cara lain untuk membetulkannya. Lah, karena dari bawaan hp sudah begitu. Jadi ya terima saja lah 🤣.

6. Data aplikasi yang membengkak

Terkadang berbagai aplikasi online juga seringkali melakukan update dan memenuhi kapasitas memori internal hp android anda. Jika anda tidak menghapus data yang tidak perlu atau data lama pada aplikasi, maka data lama pada app / game ini akan memenuhi memori internal hp android anda.

Ya begitulah kiranya beberapa penyebab yang menyebabkan cepat penuhnya kapasitas hp android anda. Yang paling sering memenuhi memori hp ya file cache tadi. Jadi jangan lupa untuk membersihkan file cache di hp anda secara berkala. Cukup sekian dan semoga berrmanfaat . .

6 Cara mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit
4/ 5
Oleh

Leave your comment