Friday, October 26, 2018

8 Penyebab koneksi internet lambat / lemot di android

Koneksi internet di hp atau smartphone android terkadang tiba-tiba saja menjadi sangat lambat, lemot atau lelet. Sehingga disaat akan melakukan kegiatan yang membutuhkan koneksi internet, Otomatis akan langsung terganggu.

Misalnya disaat mau mendownload file, malah lama sekali terdownloadnya. Di saat mau membuka situs / website, malah loading terus. Disaat mau streaming video, juga loading terus. Di saat mau main game online, main game moba, main mobile legend, main aov, dll malah ngelag, macet dan afk lagi.

Hal yang tersebut diatas merupakan sedikit contoh akibat dari lambatnya koneksi internet di hp android. Nah, tentu saja lambatnya koneksi internet di hp android ini pasti disebabkan oleh berbagai hal. Diantaranya seperti yang tersebut di bawah ini . .

# Penyebab koneksi internet lambat di android

1. Sinyal lemah atau tidak ada jaringan

Jika anda tinggal di daerah yang terpencil, atau tinggal di daerah pegunungan. Maka ada beberapa provider seluler yang tidak dapat menjangkau daerah anda. Sehingga sinyal dan jaringan yang dihasilkan di daerah sekitar anda tinggal menjadi lemah, atau bahkan tidak ada sama sekali. Dari sini tentunya, koneksi internet juga akan menjadi terganggu. Koneksi internet menjadi lambat dan sering terputus.



2. Gangguan jaringan

Jika ada perbaikan jaringan pada operator atau provider seluler yang anda pakai. Maka jaringan internet juga akan terganggu. Misalnya disaat mati lampu, di saat ada pemasangan bts baru, dan sebagainya. Maka koneksi internet kadang menjadi error, tidak bisa konek. Atau diskonek dan konek terus, putus nyambung, lemot ngak jelas gitu.

3. Baterai hp tinggal sedikit

Jumlah daya pada baterai hp juga mempengaruhi kecepatan internet yang anda pakai. Misalnya disaat anda sedang asik main game online, tapi baterai hp anda tinggal 15%. Maka otomatis game yang anda mainkan juga akan menjadi sering ngelag. Dan koneksi internet juga bisa melambat.

4. Hp android yang kelewat panas

Hp android yang sudah terlampau panas juga dapat menganggu jaringan dan koneksi internet anda. Koneksi internet disaat hp anda bersuhu tinggi akan sangat berkurang / melambat. Berbeda dengan hp android yang memiliki suhu yang normal / tidak panas. Hal ini dikarenakan menurunnya performa hp anda, menurunnya performa hardware hp anda karena suhu hp yang sudah kelewat batas / terlalu panas.

5. Kualitas hp yang buruk

Beberapa jenis smartphone android tertentu, yang harganya terlampau murah. Biasanya akan ada banyak masalah didalam penggunaannya. Misalnya seperti hp yang cepat panas, hp yang suka mati sendiri, koneksi internet yang lemot, dan sebagainya. Intinya ada harga ada kualitas lah . .


6. Ada aplikasi lain yang sedang berjalan

Jika ada aplikasi lain yang sedang berjalan, dan ikut online atau mengupdate data dari internet. Misalnya jika ada update sistem hp secara otomatis dan sebagainya. Maka jika ini terjadi, anda sedang asik main game online atau juga asik browsing, streaming atau ngesosmed. Maka internet akan terasa menjadi lambat. Padahal sebenarnya, sebagian besar data terpakai untuk mengupdate sistem hp android anda.

Jadi, untuk mencegah hal ini terjadi. Jangan gunakan fitur update otomatis pada sistem hp anda. Dan juga selesaikan update data sistem atau game anda terlebih dahulu. Baru setelah selesai update data, langsung lanjutkan aktivitas online lainnya. Agar nantinya internet tidak terasa lambat, lemot bin lelet.

7. Memori ram sudah penuh

Terkadang memori ram yang sudah penuh juga dapat membuat aplikasi yang anda pakai menjadi lemot. Sehingga seolah nampak koneksi internet menjadi melambat, padahal sebenarnya tidak seperti demikian.

Jadi usahakan saja untuk sering-sering membersihkan ram dan file sampah, dan file cache yang ada di hp android anda. Agar segala aktivitas yang dijalankan di hp android anda menjadi lancar. Tidak lemot, ngelag dan error lagi (force close, dll).

8. Kuota internet dan pulsa sudah habis

Terkadang juga jika anda sudah keasikan bermain internet. Anda lupa mengecek sisa kuota internet. Maka secara tidak sadar kuota internet anda malah habis. Kemudian pulsa anda juga ikut tersedot habis 😝.

Dan jika anda terus saja memaksakan diri untuk internetan. Sudah jelas ending atau akhirnya, maka koneksi internet tidak akan berjalan. Mudahnya, jika anda membuka google chrome dan mulai browsing. Maka hanya ada dinosaurus 2bit yang akan muncul 🤣.

Ya begitulah kiranya beberapa penyebab lambatnya koneksi internet pada hp android yang anda miliki. Cukup sekian saja, semoga bermanfaat.

8 Penyebab koneksi internet lambat / lemot di android
4/ 5
Oleh

Leave your comment