Friday, October 19, 2018

Apa itu arti ekspektasi dan realita ? Pengertian dan perbedaan ekspektasi dan realita

Terkadang ekspektasi tidak sesuai dengan realita. Begitulah ungkapan yang sering terdengar di telinga masyarakat indonesia. Di sosial media, di acara-acara seminar, di dalam perkumpulan organisasi, dan dikehidupan sehari-hari, rasanya kata ekspektasi dan realita ini seringkali kita dengar.

Nah pertanyaannya adalah, apa itu pengertian ekspektasi ?. Apa itu pengertian realita ?. Dan apa perbedaan diantara keduanya ?. Berikut jawabannya.

1. Apa itu ekspektasi ?

Secara harafiah, ekspektasi memiliki makna "Suatu kepercayaan, keyakinan atau harapan baik yang ingin terwujud. Atau suatu harapan yang seharusnya terjadi di masa depan. Sesuai dengan dugaan, perkiraan atau apa yang sudah dibayangkan atau terpikirkan".



Jadi bisa dibilang ekspektasi ini adalah sebuah harapan dari seseorang, terhadap apa-apa yang ia pikirkan atau bayangkan.

Misalnya saja seperti ada orang yang membeli hp baru dengan harga murah. Orang ini berharap hp yang berharga murah ini berkualitas bagus, dapat bertahan lama dan enak buat main game online. Namun realita berkata lain, ternyata baru buat main game online saja, hp yang baru dibelinya tadi malah menjadi bootloop. Ya, begitulah contoh sederhana dari ekspektasi dan realita.

2. Apa itu realita ?

Realita, realitas. Keduanya memiliki arti yang sama yakni artinya adalah kenyataan, sesuatu yang nyata dan benar adanya. Jadi bisa dibilang realita ini adalah suatu kenyataan yang benar-benar terjadi di kehidupan kita. Dan semua kenyataan tersebut tidak selamanya indah, tidak selamanya sesuai dengan harapan yang anda inginkan.

3. Perbedaan ekspektasi dan realita

Dari penjelasan yang tersebut diatas sudah cukup jelas. Pada dasarnya ekspektasi ini adalah suatu harapan, dan realita adalah suatu kenyataan. Jadi jika ekspektasi yang tidak sesuai dengan realita. Berarti harapan yang anda inginkan tidak terwujud. Atau bisa dibilang harapan yang anda bayangkan berbeda dengan kenyataan yang ada di depan mata.


4. Contoh antara ekspektasi dan realita

Di sosial media banyak sekali contoh antara ekspektasi dan realita ini. Bahkan disana ekspektasi dan realita ini sering dijadikan sebagai bahan meme, bahan candaan oleh anak-anak muda. Misalnya contoh antara ekspektasi dan realita.

A. Anda membeli power bank di toko online dengan harga yang murah. Setelah ditunggu, paket datang, dan anda membuka paketannya. Ternyata didalamnya berisi mi instan.

B. Anda berkenalan dengan cewek cantik atau cowok yang tampan di facebook dengan hanya bermodalkan foto dan chat saja. Setelah sepakat dan mengajak ketemuan bareng. Nyatanya wajah si dia tidak secantik atau setampan seperti foto profil yang terpasang di akun fbnya. Atau malah berbeda dari yang ada di foto profil fbnya ? 🤣

Begitulah kiranya pengertian dari ekspektasi dan realita, dan juga perbedaan dari ekspektasi dan realita beserta contohnya. Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat.

Apa itu arti ekspektasi dan realita ? Pengertian dan perbedaan ekspektasi dan realita
4/ 5
Oleh

Leave your comment