Tuesday, October 30, 2018

Apa itu arti spam ? Ciri, contoh spam di fb, wa, sosmed, email, blog, dll

Banyak sekali konten dan pesan spam yang beredar di dunia maya. Yang paling sering, pesan spam biasanya disebarkan melalui email, sosial media dan juga di berbagai komentar situs yang tidak ada fitur anti spam / moderasi manual.

Nah menurut anda, apasih pengertian dari spam ini ?. Bagaimana ciri pesan spam ?. Dan apa tujuan orang menyebarkan konten spam ini ?. Berikut jawaban selengkapnya.

Contoh pesan dan komen spam

1. Apa itu spam ?

Spam adalah sebuah pesan yang dikirimkan ke banyak orang, ke berbagai akun internet yang ada secara besar-besaran dengan isi pesan atau konten yang cenderung sama. Biasanya isi dari pesan spam ini cenderung tidak jelas, konten sampah, penuh dengan kata-kata aneh yang sulit dimengerti. Dan diselingi dengan berbagai kata dan link yang menjerumus kepada penipuan, pencurian akun, penyebaran virus dan sebagainya.



2. Ciri-ciri spam

Banyak sekali jenis-jenis pesan spam ini. Tidak hanya disebarkan di sosial media seperti facebook, youtube, instagram dan wa. Di email pun terkadang anda dapat menjumpai berbagai pesan spam yang tidak jelas asal-usulnya. Bahkan terkadang di email sering kita temui berbagai pesan warisan dari orang-orang yang tidak jelas. Biasanya sih tukang spam model begini berasal dari negara-negara afrika, dll.

Langsung saja berikut ciri-ciri pesan spam.

A. Mengulang-ulang komentar yang sama dan banyak di setiap komentar yang ada di sosmed.
B. Banyak pesan yang bernada sama di berbagai grup sosial media, biasanya disertai link (alamat situs) yang ngak jelas. Link ini biasanya berisi situs phising yang digunakan untuk mencuri data seseorang.
C. Pesan spam yang dikirimkan di email tidak jelas keabsahannya. Dan cenderung mengajak ke sesuatu yang tidak jelas. Misalnya seperti pesan spam dapat asuransi, dapat warisan, dapat uang dan sebagainya.
D. Pesan spam di berbagai situs dan blog memiliki komentar yang sama. Biasanya disertai dengan banyak kata dan link yang ngak jelas.
E. Situs yang berisi konten spam biasanya memiliki konten yang tidak jelas. Berisi berbagai teks yang tidak relevan. Biasanya berisi kalimat sepotong-sepotong dari hasil pencarian dan potongan konten blog dan situs orang lain.

3. Contoh pesan dan komentar spam

Contoh mudah dari pesan spam yang ngetren disaat ini misalnya seperti berbagai komentar di facebook yang penuh dengan kata loss, tayo, bug, f, emot pacman dan sebagainya.

Dan contoh lain di facebook ya seperti auto komen yang ada di setiap status dan fanspage. Biasanya isi dari komentar autokomen ya sama semua. Karena memang autokomen ini dijalankan oleh bot. Jadi isinya ya gitu-gitu saja. Monoton, dan menjengkelkan.


4. Tujuan komen dan pesan spam

Banyak sekali motif dan tujuan orang-orang yang menyebarkan pesan dan komen spam. Biasanya mereka menebar spam guna untuk . .

A. Sekedar iseng
B. Ikut tren
C. Nebar hoax
D. Mencari like
E. Untuk menipu
F. Untuk mencuri data akun (misal akun game, sosmed, dll)
G. Menebar virus dan malware
H. Mencari trafik / pengunjung situs
I. Mencari uang
K. Dan sebagainya

Cukup sekian dulu. Pada dasarnya begitulah pengertian, ciri, contoh dan tujuan dari pesan spam yang tersebar luas di dunia maya / internet. Semoga bermanfaat.

Apa itu arti spam ? Ciri, contoh spam di fb, wa, sosmed, email, blog, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment