Wednesday, October 31, 2018

Perbedaan antara bug dan glitch dalam game

Bug dan glitch. Apakah kedua hal ini adalah istilah yang sama ?. Tentu jawabannya berbeda dari satu orang ke orang yang lainnya. Karena pada dasarnya banyak orang yang menganggap glitch dan bug ini adalah istilah yang sama. Namun kenyataannya kedua istilah ini memiliki pengertian yang berbeda, tapi masih dalam satu paket keerroran yang sama 🤣. Lebih jelasnya simak saja penjelasan selanjutnya. . .

# Pengertian bug dan glitch dalam game

Secara sederhana, bug dapat diartikan sebagai suatu kesalahan, keerroran yang terjadi pada sistem game (kode/program). Sehingga menyebabkan masalah saat game dimainkan. Misalnya saat memainkan game yang memiliki fitur uang / gold berbayar. Maka tiba-tiba disaat melakukan sesuatu, misalnya pada level atau stage tertentu dalam game. Tiba-tiba saja gold yang dihasilkan dari game menjadi gratis dan unlimited. Padahal anda tidak ngecheat sama sekali.



Nah selanjutnya yakni glitch. Secara sederhana glicth dapat diartikan juga sebagai suatu kesalahan temporer atau sementara pada game. Yang diakibatkan karena berbagai masalah tertentu, misalnya karena spesifikasi hardware yang tidak cocok dengan game. Atau bisa jadi malah ada bug dalam game. Sehingga disaat anda memainkan game, ada saja error yang terjadi pada gambar, graphic, atau suara pada game. Misalnya disaat anda memainkan game, tiba-tiba saja gambar game menjadi error, ngeblur. Atau disaat anda main game tiba-tiba saja musik game menjadi macet. Disaat main game tiba-tiba karakter anda bisa tembus keluar dari stage game, dan sebagainya.

# Perbedaan bug dan glitch dalam game

Jika bug merupakan suatu kesalahan yang terjadi pada sistem game. Ada masalah dan celah dalam pengkodingan dan pembuatan game, sehingga menimbulkan berbagai error / kesalahan pada game. Yang diakibatkan karena kesalahan kalkulasi data yang ada di dalam game.


Maka, glitch ini merupakan kesalahan / keerroran sementara yang terjadi pada game. Dikarenakan adanya bug yang terjadi pada sistem game. Secara sederhananya, glitch ini merupakan perwujudan atau manifestasi dari bug yang ada pada game. Namun sifatnya hanya sementara, dan game masih bisa dimainkan secara normal setelah glitch pada game sudah berakhir.

Ya begitulah penjelasan sederhana mengenai perbedaan antara bug dan glitch dalam game. Jika anda punya pendapat yang lain, silahkan tuliskan saja di kotak komentar. Note : komentar dimoderasi dulu, jadi tidak langsung tampil.

Perbedaan antara bug dan glitch dalam game
4/ 5
Oleh

Leave your comment