Friday, November 9, 2018

6 Penyebab force close saat main game / aplikasi di hp android - penyebab game berhenti & menutup sendiri

Mungkin anda pernah bermain game ?. Misalnya saja seperti bermain game mobile legends (ml), pubg, aov, toram dan sejenisnya. Namun, ketika anda sedang asik memainkan game, atau parahnya disaat anda baru saja membuka game. Game tersebut langsung menutup sendiri, berhenti & langsung force close dan tidak dapat dimainkan. Kenapa semua itu terjadi ?. Berikut jawabannya . .. .

# Penyebab force close pada game dan aplikasi android

1. Memori ram tidak mencukupi

Kebanyakan game di zaman ini, misalnya seperti game pubg, aov, ml, toram, honkai impact dan sebagainya. Baik itu game offline maupun game online sangatlah memerlukan banyak memori ram, guna untuk dapat menjalankan game tersebut dengan lancar.



Jadi jika memori ram minimum yang dibutuhkan oleh game, misalnya sebesar 2GB. Jika kapasitas ram hp anda cuma sebesar 1.5 GB. Sudah jelas hal ini, pasti nantinya game yang anda mainkan langsung menutup sendiri / force close. Karena memang hp anda tidak mendukung spesifikasi minimum dari game yang dimainkan.

2. Ada bug dalam game atau aplikasi

Mungkin anda pernah membuka aplikasi youtube di hp android. Tiba-tiba saja disaat menonton video, malah berhenti di tengah jalan. Aplikasi youtube tidak bisa digeser-geser, di sentuh, di back dan dijalankan. Tiba-tiba ngehank begitu saja, dan aplikasi pun jadi tidak menanggapi. Dan kemudian force close, berhenti dan menutup sendiri. Hal ini terjadi tentunya karena ada bug dalam aplikasi tersebut.

Contoh lainnya misalnya saat anda bermain game minecraft pe. Tiba-tiba saja disaat berjalan, karakter minecraft tiba-tiba jadi bergerak lambat. Dan aplikasi langsung force close. Padahal spesifikasi hp anda sudah tinggi. Hal ini terjadi ya karena ada bug dari game.

Jika ada bug dalam game dan aplikasi, anda tidak dapat berbuat apa-apa selain menunggu ada updetan baru dari pihak pengembang game / aplikasi.

3. Aplikasi dan game tidak kompatibel dengan hp android anda

Jenis hp android, jenis os hp android. Sangatlah mempengaruhi kecocokan game dan aplikasi yang anda install / pasang. Misalnya saja jika ada game yang harus dimainkan pada hp android versi oreo. Anda malah nekat mendownloadnya dan mencoba menginstal pada android os kitkat. Pastinya game tidak akan berjalan dengan lancar. Ujung-ujungnya app / game jadi force close. Dan tidak bisa dijalankan sama sekali.

4. Kesalahan pengaturan dan sistem pada game/aplikasi

Terkadang kesalahan pengaturan pada game dan aplikasi juga dapat membuat game menjadi berhenti dan menutup sendiri (force close).

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah. Anda hanya perlu menghapus data cache game dan juga merestart hp anda. Setelah hal ini dilakukan. Maka game dan aplikasi akan tereset dan harus mulai dari awal lagi.


5. File corrupt

Jika ada file data dalam game atau aplikasi yang secara sengaja atau tidak sengaja terhapus. Maka game dan aplikasi tersebut pastinya akan sering mengalami error, dan tentunya akan mengalami force close.

Jika sudah begini, tidak ada cara lain untuk mengobati masalah ini. Selain dengan menginstall ulang aplikasi / game yang sudah rusak tersebut.

6. Memori internal tidak mencukupi

Hal ini sering dianggap sepele oleh orang-orang. Jika kapasitas memori internal hp anda hampir penuh. Maka game atau aplikasi yang anda jalankan akan sering mengalami force close. Karena game dan aplikasi tersebut tidak memiliki cukup memori untuk menulis data baru yang dihasilkan dari proses yang terjadi didalam game atau aplikasi. Misalnya seperti save-save an dalam game dan sejenisnya.

Jika hal ini terjadi, maka biasanya sebelum terjadi force close akan muncul pesan seperti memori penuh dan sejenisnya. Untuk mengatasi masalah ini ya tinggal hapus saja berbagai game, aplikasi dan file yang tidak terlalu penting. Agar ruang dalam memori internal hp android anda menjadi lebih lega.

Yap, cukup sekian dulu. Begitula beberapa penyebab dari berhentinya, menutupnya atau force close pada game dan aplikasi di hp android. Semoga bermanfaat . . .

6 Penyebab force close saat main game / aplikasi di hp android - penyebab game berhenti & menutup sendiri
4/ 5
Oleh

Leave your comment