Tuesday, August 8, 2017

Apa itu mimpi sadar (lucid dream) ?, Bagaimana cara mudah melakukan lucid dream ?

Pernakah anda mendengar atau melihat kata Lucid dream ?. Mungkin anda pernah melihatnya di salah satu status jejaring sosial, topik di forum-forum, postingan di blog maupun mendengar langsung dari pembicaraan teman dan keluarga anda yang membicarakan tentang lucid dream ?. Jadi tahukah anda apa itu lucid dream ?.


Apa itu mimpi sadar (lucid dream) ?, Bagaimana cara mudah melakukan lucid dream ?

1. Apa itu lucid dream ?

Lucid dream terdiri dari dua kata, yakni lucid dan dream. Dimana dalam bahasa inggris, Lucid sendiri artinya adalah jelas, sesuatu yang jelas, atau juga sesuatu yang mudah di mengerti. Sedangkan dream artinya adalah mimpi. Jadi pengertian atau arti dari lucid dream adalah suatu mimpi yang jelas, dan disadari bahwa itu adalah sebuah mimpi. Singkatnya lucid dream artinya adalah mimpi sadar, sadar bahwa diri seseorang sedang berada di alam mimpi, atau sadar bahwa dirinya sedang bermimpi.


2. Siapakah yang pertama kali bermimpi sadar, atau siapakah penemu lucid dream ?

Semua manusia yang terlahir kedunia, dan memiliki akal dan kesadaran yang sehat pasti pernah mengalami mimpi. Jadi, semua orang setidaknya sekali dalam hidupnya pasti pernah mengalami mimpi sadar atu lucid dream. Kalau ditanya siapa yang pertama kali bermimpi sadar atau siapa penemu lucid dream, tentunya ya manusia yang terdahulu. Sejak ribuan tahun yang lalu manusia suda eksis di bumi ini. Jadi lucid dream juga sudah ada sejak zaman dahulu kala. Dapat ditarik kesimpulan penemu lucid dream adalah manusia, hehe  . siapakah namanya ?. coba saja tanyakan pada rumput yang bergoyang.


3. Bagaimana cara melakukan lucid dream atau mimpi sadar dengan mudah ?

Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan lucid dream. Seiring dengan berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, tentunya teknik untuk mendapatkan mimpi sadar semakin bervariasi, ada yang namanya DILD, WILD, WBTB, dan lainnya. Ada juga yang memakai bantuan alat dan suara (musik), dan lain sebagainya. Tentunya kebanyakan memakai istilah dari luar negri yang sulit dimengerti orang awam. Jadi bagaimanakah cara mudah melakukan lucid dream ?. langsung saja :

1. Niat

Tentunya segala sesuatu dimulai dengan niat. Niat yang kuat akan menghasilkan kemauan yang kuat, dari kemauan yang kuat akan muncul usaha dan hasil yang maksimal. Jadi niatkan di dalam hati anda untuk melakukan lucid dream sebelum tidur.


2. Imajinasi

Seseoarang yang memiliki imajinasi yang tinggi cenderung sering bermimpi dengan jelas dan detail. Mimpinya penuh warna dan cerita, jadi biasakanlah membaca cerita fantasy atau juga menonton film fantasy yang menstimulasi daya pikir dan imajinasi anda.


3. Rilex

Sebelum tidur hilangkan semua masalah yang ada di dalam pikiran anda, karena seseorang yang banyak masalah dan pikiran, atau juga stress dan juga depresi dapat mempersulit tejadinya mimpi. Bukan mimpi yang baik yang hadir, malah mimpi buruk dan blank (tidak bermimpi) yang akan muncul. Jadi rilexkan pikiran anda sebelum tidur.


4. Mencoba mengingat mimpi

Setelah bangun tidur jangan langsung beraktifitas terlebih dahulu, ingatlah mimpi anda. Kalau bisa catat mimpi anda di buku maupun di aplikasi, catat sedetail mungkin untuk melatih daya ingat anda. Sehingga nantinya diharapkan lebih mudah membedakan mana mimpi dan mana dunia nyata.


Saya rasa persiapan diatas sudah cukup, lakukan rutin setiap hari. Sehingga dengan hanya berniat untuk berlucid dream, anda pun langsung tersadar di dalam mimpi. Dan bisa merasakan indahnya bermimpi sadar atau lucid dream.


4. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan lucid dream ?

Tentunya waktu yang tepat ya disaat tidur, tidur malam tepatnya. Karena di waktu malam jam tidur kita lebih panjang daripada jam tidur siang. Sehingga kualitas mimpi yang diperoleh lebih baik dan maksimal.


5. Bagaimana cara membedakan dunia mimpi dan dunia nyata ?

Secara teori membedakannya sangat mudah. Di dalam mimpi banyak keanehan yang terjadi. Misalnya saja seperti jarum jam dinding yang berputar tidak seperti biasanya, jari-jemari tangan yang terkadang jumlahnya lebih atau kurang dari 10. Dan lain sebagainya. Jadi disaat di dunia nyata, cobalah biasakan melihat jam dinding dan jari-jemari tangan. Diharapkan didunia mimpi nantinya dapat langsung membedakannya. Namun teori tidak segampang praktek. Kita malah sering ikut alur cerita di dalam mimpi. Sebelum masuk ke lucid dream biasanya diri kita seperti tersedot di lubang hitam, atau mungkin malah terkena sleep paralysis (ketindihan), atau mungkin juga langsung tersadar di dalam mimpi. Semuannya tergantung pengalaman anda sendiri.


6. Apa yang terjadi di dalam lucid dream ?

Saat berada di dalam mimpi tentunya banyak kejadian diluar nalar ditampilkan dalam bentuk audio dan visual. Terkadang berbagai scene muncul tidak beraturan dan melompat dari satu cerita mimpi ke mimpi yang lain. Tetapi di dalam mimpi sadar atau lucid dream kita dapat menggunakan semua panca indra kita, kita dapat mengubah cerita, scene dan karakter di dalam mimpi sesuai dengan keinginan kita. Tentunya jika anda sudah mahir di dalam lucid dream, jika masih newbie, jangankan mengubah suasana di dalam mimpi. Baru sadar didalam mimpi pun anda akan langsung terbangun. Didalam mimpi sadar atau lucid dream kita dapat merasakan sentuhan, aroma, rasa, dan semua panca indra, termasuk rasa sakit. Terkadang penglihatan kita juga akan menjadi lebih tajam dan peka. Anda dapat masuk kescene kesukaan anda. Entah bertempur di pertempuran, menjadi pahlawan atau superhero, terbang dilangit malam. Masuk kedunia 2d dan 3d pada cerita game. Anime dan film kesukaan anda. Dan lain sebagainya.


7. Bagaimana cara keluar dari lucid dream atau mimpi sadar ?

Cara keluar dari lucid dream atau mimpi sadar sangat banyak. Tergantung kebiasaan orang yang melakukan lucid dream (dreambender). Ada yang memejamkan matanya lalu meniatkan untuk bangun. Ada juga yang ekstrem seperti bunuh diri di alam mimpi (tapi tidak disarankan). Intinya Cuma niat bangun yang kuat saja.


8. Bagaimana cara mengubah alur cerita dan latar tempat di dalam lucid dream ?

Untuk yang sudah mahir bermain-main didunia mimpi. Anda cukup membayangkan saja scene, cerita dan karakter yang diinginkan. Maka semuanya langsung akan muncul dihadapan anda. Ada juga yang mensummon pintu, kemudian membayangkan scene yang diinginkan, lalu membuka pintu tersebut, dan hadirlah sesuatu yang anda inginkan. Tentunya disaat berada di dalam mimpi sadar kita harus mengontrol emosi, agar tidak mudah terbangun. Karena jika emosi tidak terkontrol maka seketika itu juga kita dapat terbangun dari mimpi, terkadang malah seperti orang yang mengigau.


9. Apakah lucid dream itu berkaitan dengan hal mistis ?

Semuanya tergantung dari persepsi dan kepercayaan masing-masing orang. Menurut saya sendiri bisa ya bisa juga tidak. Mengapa ya ? karena di dalam agama saya setan atau jin dapat masuk ke dalam mimpi seseorang, bisa jadi mimpi sadar yang mengarah ke hal negatif, di bantu dan di susupi oleh mahkluk halus tersebut, maka dari itu sebelum tidur berdoalah agar tidak terjadi kejadian buruk yang tidak diinginkan, misalnya seperti mimpi buruk, atau yang lainnya. Namun jika menurut sains, mimpi sadar terjadinya karena kesadaran kita tidak benar-benar hilang disaat tidur, jadinya kita dapat sedikit banyak berimajinasi dan memvisualisasikannya di dalam mimpi kita. Terkadang karena hal ini terjadilah apa yang disebut dengan sleep paralysis atau lebih dikenal dengan sebutan ketindihan / rep-repan.


10. Apakah sleep paralysis atau rep-repan (ketindihan) itu ?

Sleep paralysis atau rep-repan (ketindihan) adalah suatu fenomena atau kejadian disaat tidur, dimana anggota tubuh kita sudah rilex dan tertidur, sementara fikiran kita masih aktif / tersadar. Sehingga menimbulkan halusinasi dan fenomena sleep paralysis. Terkadang masyarakat kita mengaitkannya dengan hal mistis, padahal kejadian tersebut Cuma imajinasi kta saja. Mungkin disaat ketindihan anggota tubuh anda tidak dapat digerakkan, atau jantung anda berdegup dengan kencang ? itu karena tubuh anda sudah tertidur dan pikiran anda masih tersadar. Jika muncul suara-suara aneh dan penampakan hantu itu karena anda terlalu takut, sehingga muncullah halusinasi tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa itu adalah godaan jin / setan yang menganggu anda. Jadi sebelum tidur berdoalah, he..


11. Disaat mau tidur tiba-tiba badan terkejut seperti jatuh dari ketinggian.

Itu semua normal, bukanlah gejala sakit jantung atau yang lainnya. Fenomena tersebut bernama “hypnic jerk”. Dimana disaat mau tidur otot tubuh sedang berusaha merilekskannya. Namun karena anda tegang, mungkin sedang stress atau kecapean dalam bekerja, jadinya seperti tersebut diatas. Disaat anda mau tidur, eh malah serasa jatuh dan tersentak.


12. Apakah orang yang kita temui di dalam mimpi itu benar-benar ada ?

Semua fenomena di dalam mimpi berasal dari apa-apa yang pernah kita lihat, dengar, cium, rasakan, bayangkan, dan pernah kita alami. Misalnya saja pernah membaca cerita, menonton film, melihat gambar atau foto di status teman di jajring sosial, membayangkan sesuatu, atau tanpa sengaja melihat orang dipinggir jalan, namun kita tidak mengingatnya. Tetapi otak kita tetap menyimpan memori tersebut. Sehingga didalam mimpi kita dapat menemui berbagai orang asing yang sepertinya kita tidak pernah melihatnya sama sekali.


13. Apa dampak baik dan buruk dari lucid dream atau mimpi sadar ?

Dampak baiknya kita dapat hiburan dan menyenangkan hati kita dari lelahnya aktivitas sehari-hari. Dan juga didalam mimpi mungkin bagi beberapa orang dapat menemukan inspirasi dan ide-ide baru yang akan diwujudkan, dan lain sebagainya. Dampak buruknya, karena otak kita dipaksa bekerja terus (sadar) walaupun kita sedang tidur, akhirnya setelah bangun kita merasa masih agak lelah. Sebaiknya lakukan lucid dream jangan setiap hari. Agar tidak menggangu jadwal kerja dan aktivitas harian anda. Ada juga jika di dalam cerita fiksi, dampak buruknya kita jadi tidak dapat membedakan mana kenyataan atau ralita dan mana yang mimpi, jadi kesannya menjadi seram, :v tapi jangan khawatir , itu semua tidak akan terjadi. Jika anda memang orang yang masih waras.


14. Apakah mati didunia mimpi sama dengan mati di dunia nyata ?

Pertanyaan yang cukup mengada-ada, tentunya apa-apa yang terjadi di dalam mimpi tidak berpengaruh dengan tubuh kita. Jadi ketika kita mati di dunia mimpi, maka kita masih hidup di dunia nyata. Kecuali jika mengalami musibah disaat anda tidur, misalnya ada bencana alam, beda lagi ceritanya. Terkadang apa yang terjadi ditubuh kita disaat kita tertidur, akan divisualisasikan didalam mimpi kita. Msalkan ketika kita sakit, dan demam, maka kita akan mengalami mimpi buruk. Disaat digigit nyamuk, dimimpi malah digigit vampire. Atau juga disaat anda tidur dan tertindih bantal guling, di dalam mimpi anda malah kejatuan tiang listrik. Dan lain sebagainya.


Saya rasa semua yang saya jabarkan dan terangkan diatas sudah cukup jelas. Semoga berhasil mencoba bermimpi sadar atau lucid dream. Jika tidak paham silahkan bertanya di kotak komentar. Terimakasih.


Apa itu mimpi sadar (lucid dream) ?, Bagaimana cara mudah melakukan lucid dream ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment