Sunday, October 22, 2017

Cara mengatasi dan menghilangkan rasa kantuk (ngantuk berat) saat (belajar dikelas, kuliah, pagi hari, bekerja)

Rasa kantuk atau ngantuk adalah sebuah respon dari tubuh, yang menandakan adanya suatu masalah pada diri kita. Masalah tersebut dapat berupa masalah dalam mental (pikiran) maupun juga masalah dalam tubuh (fisik). Biasanya rasa ngantuk, terjadi karena seseorang sedang mengalami kelelahan, kebosanan, atau juga sakit yang dapat membuat seseorang menjadi lelah dan mengantuk, misalnya seperti sakit anemia / kurang darah.

Cara mengatasi dan menghilangkan rasa kantuk (ngantuk berat) saat (belajar dikelas, kuliah, pagi hari, bekerja)

Nah, untuk mengatasi dan menghilangkan rasa kantuk (ngantuk) ini, alangkah baiknya jika anda juga mengetahui beberapa penyebab yang dapat menyebabkan seseorang menjadi mengantuk. Langsung saja, berikut penyebab munculnya rasa ngantuk :

1. Kebiasaan (Jam tidur)

Sudah menjadi kebiasaan bagi manusia untuk tidur dimalam hari. Maka dari itu, setiap malam hari tanpa di dasari oleh sebab apapun, seseorang dapat mengantuk, dan akhirnya dapat tertidur dengan pulas. Ritme tidur manusia tersebut, tanpa disadari sudah tertanam di dalam otak manusia. Sehingga, ketika malam hari tiba, seseorang akan merasa ngantuk. Jika manusia membiasakan tidak tidur di malam hari, akibatnya ia akan mengalami insomnia, Dan akan kesulitan tidur dimalam hari. Karena ritme tidur atau jadwal tidur dan kebiasaan nya sudah terganggu. Sehingga otak kebingungan mengatur jadwal tidur yang ada, akhirnya ia jadi manusia kalong, yang seringkali begadang setiap malam. :’v

2. Kelelahan

Seperti yang disebutkan di pembuka kata diatas, kelelahan dapat membuat seseorang menjadi mengantuk. Karena tubuh butuh diistirahatkan, sehingga otak menstimulus tubuh untuk segera tidur, agar tubuh kembali bugar dan menjadi normal. Jika dipaksakan, akibatnya akan sangat buruk bagi kesehatan, misalnya jantung anda akan berdetak lebih cepat, ritme pernapasan tidak teratur, panas tubuh akan meningkat, dan akhirnya anda pun akan jatuh sakit.

3. Rasa bosan dan malas

Tidak dipungkiri lagi, rasa bosan dan malas dapat membuat seseorang menjadi mengantuk. Rasa bosan dapat membuat seseorang kebingungan untuk melakukan sesuatu, dan akhirnya memutuskan untuk tidur, karena dilanda rasa ngantuk yang hebat. Atau contoh lainnya, saat anda mendengarkan ceramah, pidato dan pembacaan acara yang menurut anda menjengkelkan, pasti anda akan merasa bosan, dan membuat anda mengantuk. Begitupula dengan rasa malas, seseorang akan menjadi sedikit bergerak, dan mengakibatkan ia menjadi mengantuk dan tertidur. (Baca juga : Cara mengatasi rasa bosan, Cara mengatasi rasa malas)

4. Kurang tidur

Jelas, jika anda kurang tidur, kekurangan tidur, dan sedikit sekali tidur, maka anda akan menjadi mengantuk. Karena memang jam tidur anda sedikit, akibatnya tubuh anda masih lelah, belum kembali normal dan bugar. Pikiran dan tubuh anda pun menjadi sangat lemah, jika anda tidak tidur berhari-hari, misalnya begadang seminggu. Bukan tidak mungkin jika nantinya anda berhalusinasi, bahkan mati karena terkena serangan jantung.

5. Terlalu lama duduk dan berbaring

Jika anda terlalu lama duduk atau berbaring, sirkulasi darah anda akan melambat. Pergerakan tubuh anda sangat terbatas dan sedikit. Seolah, seakan-akan anda sedang ingin tidur, akibatnya anda menjadi mengantuk. Karena otak memberi sinyal pada tubuh untuk tidur.




6. Efek samping obat

Beberapa obat-obatan memiliki efek samping yang membuat orang menjadi mengantuk. Anda biasanya membeli obat ditoko, dan lihatlah tata cara penggunan nya, pasti ada beberapa jenis obat yang berefek samping yang dapat menimbulkan rasa kantuk. Misalnya, Seperti beberapa jenis obat flu dan demam.

7. Adanya penyakit

Beberapa penyakit dapat menyebabkan seseorang menjadi lemas, lelah dan juga dilanda rasa kantuk. Seperti sakit anemia (kekurangan sel darah merah), diabetes dan juga cacingan. Penyakit tersebut dapat membuat orang menjadi mengantuk setiap saat, sehingga ia terlihat nampak seperti orang yang kurang tidur, padahal tidak demikian.

8. Terlalu kekenyangan

Jika anda kekenyangan dan banyak makan makanan yang berkabohidrat, seperti roti dan nasi, maka anda akan cepat mengantuk. Jadi untuk mencegah dari rasa kantuk, makanlah makanan yang wajar saja, jangan terlalu kenyang. Cukup sebatas menghilangkan rasa lapar saja.

Ya, begitulah beberapa penyebab timbulnya rasa ngantuk. Untuk mengatasi dan menghilangkan rasa kantuk, sebaiknya anda jangan menggunakan obat-obatan, tapi gunakanlah cara alami. Agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan diri anda. Maka dari itu, coba baca cara mengatasi rasa ngantuk dibawah ini.

Cara mengatasi dan menghilangkan rasa kantuk (ngantuk) :

1. Minum minuman yang mengandung kafein

Jika anda mengantuk, khususnya bagi yang bekerja dimalam hari, cobalah meminum minuman yang mengandung kafein secukupnya, jangan terlalu banyak agar kinerja tubuh anda menjadi tidak terganggu. Karena kefein bekerja untuk menipu otak anda agar tidak mengantuk, kafein mencegah otak anda untuk merasa ngantuk. Namun tetap saja otak anda masih dalam keadaan lelah. Maka dari itu, jangan sering-sering minum kafein jika anda sedang ngantuk. Minuman yang mengandung kafein terdapat pada teh, kopi, minuman berenergi (jangan biasa minum ini), dan lain sebagainya.

2. Olahraga ringan

Jika anda sering kali duduk atau berbaring maka wajar jika anda akan mengantuk. Apalagi jika anda bekerja di kantor, atau mungkin menjadi pengemudi, mengemudikan kendaraan seperti truk, bus, sepeda motor, dan lain sebagainya. Istirahat sejenak coba sedikit pemanasan, stretching ala anak sekolahan dulu. Atau jalan-jalan sejenak, jangan duduk terus-menerus.

3. Menjaga pola makan

Perhatikan makanan anda, jangan terlalu banyak makan nasi di pagi hari, karena dapat membuat anda menjadi ngantuk. Makanlah secukupnya saja, jangan berlebihan. Dan juga jaga keseimbangan nutrisi dan kebersihan di dalam makanan anda, agar anda terhindar dari penyakit seperti anemia, diabetes, dan cacingan.

4. Membuat kesibukan

Jika anda bosan dan sedang malas untuk melakukan sesuatu, cobalah panggil teman untuk bermain bersama anda, atau mungkin anda dapat bermain game dan menonton film, atau mungkin chattingan di sosial media. Agar anda tidak mengantuk.

5. Mengalihkan perhatian

Jika anda mendengarkan ceramah yang membuat anda mengantuk cobalah berdoa dan basuh wajah anda dengan sedikit air, jika memang itu adalah ceramah keagamaan. Jika ceramah yang lain, misalnya ceramah disekolah anda, cerama dan pidato acara osis, cobalah alihkan perhatian anda. Lihat sekeliling anda, lihat teman anda, atau bercengkrama dengan teman anda, agar anda tidak mengantuk.

6. Mendengarkan musik yang membuat anda bersemangat

Jika anda mengantuk, cobalah mendengarkan musik yang memiliki irama keras, ngebeat. Jangan mendengarkan musik yang slow dan galau. Malah membuat anda menjadi sedih dan ngantuk, misalnya seperti lagu lingsir wengi, yang jelas membuat anda ngantuk. :v

7. Tidur

Obat dari segala rasa ngantuk ya tidur. Setelah tidur cukup maka anda akan merasa bugar dan tidak mengantuk, maka dari itu, cukupkan waktu tidur anda. Minimal waktu tidur normal, 6-8 jam sehari. Jangan lebih dan kurang, agar tidak mengganggu kesehatan anda.

Pada intinya untuk mencegah timbulnya rasa kantuk yang berlebihan / ngantuk berat di selain jam tidur, “cobalah untuk mencukupi waktu tidur anda, menjaga pola makan anda, dan tentunya rajin berolahraga”. Jangan memaksakan diri anda, apalagi sampai mencoba meminum obat penahan rasa ngantuk / kantuk. Agar tubuh dan pikiran anda menjadi sehat dan kuat.

Jangan pergi dulu, berikut sedikit tambahan dan rangkuman, mengenai cara mengatasi dan menghilangkan rasa ngantuk di berbagai kondisi :

1. Cara mengatasi dan menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari

A. Banyak bergerak / segera beraktivitas
B. Membasuh wajah dengan air
C. Mendengarkan musik yang membuat semangat bergejolak

2. Cara mengatasi dan menghilangkan rasa ngantuk di malam hari

A. Minum minuman berkafein
B. Olahraga ringan
C. Mengalihkan perhatian (bermain game, menonton film aksi)
D. Membasuh wajah dengan air

3. Cara mengatasi dan menghilangkan rasa ngantuk saat belajar di rumah

A. Basuh muka anda dengan air bersih
B. Memanggil teman kerumah untuk belajar bersama
C. Membawa hewan peliharaan disamping anda (misalnya kucing)
D. Minum kopi atau teh hangat

4. Cara mengatasi dan menghilangkan rasa ngantuk saat belajar dikelas (kuliah)

A. Pergi ke toilet, cuci muka anda dengan air bersih
B. Protes guru atau dosen anda agar lebih baik dalam mengajar, agar murid atau mahasiswa tidak mengantuk

5. Cara mengatasi dan menghilangkan rasa ngantuk saat Bekerja (di kantor)

A. Jalan-jalan sejenak
B. Olahraga ringan
C. Minum kopi
D. Membasuh wajah dengan air

6. Cara mengatasi dan menghilangkan rasa ngantuk saat Berkendara

A. Berhenti sejenak, tidur beberapa menit
B. Basuh muka anda dengan air bersih
C. Minum kopi

7. Cara mengatasi dan menghilangkan rasa ngantuk saat mendengarkan ceramah

A. Berwudhu ulang dan membaca ta’awudz (misal ceramah agama)
B. Alihkan perhatian
C. Basuh wajah dengan air

8. Cara mengatasi dan menghilangkan rasa ngantuk dengan cepat dan ampuh di semua kondisi

A. Basuh wajah dengan air, atau sekalian berwudhu
B. Olahraga kecil
C. Minum-minuman yang mengandung kafein (secukupnya saja)

Saya rasa cukup demikian, semoga bermanfaat.

Cara mengatasi dan menghilangkan rasa kantuk (ngantuk berat) saat (belajar dikelas, kuliah, pagi hari, bekerja)
4/ 5
Oleh

Leave your comment