Monday, October 9, 2017

Ternyata (asal-usul) micin berasal dari (bahasa) korea | Michin

Anda tahu micin ?, pasti anda tahu lah, masa iya tidak tahu. Micin merupakan salah satu bumbu dapur yang paling populer dan terkenal di abad ini. Karena micin merupakan bahan bumbu masakan yang digunakan untuk menguatkan rasa makanan atau sebagai bahan penyedap rasa makanan. Tanpa micin rasanya masakan akan kurang berasa, kurang berasa gurih dan nikmat, masakan akan serasa hambar. Jadi pertanyaanya, sudahkah anda menyeduh micin hari ini ?, kalau belum bolehlah anda saya sleding.

Ternyata (asal-usul) micin berasal dari (bahasa) korea | Michin

Micin atau vetsin memiliki nama ilmiah “Monosodium Glutamat” atau yang lebih dikenal dengan sebutan MSG. MSG ini dibuat dari hasil fermentasi gula-gulaan, seperti gula tebu, gula bit, gandum, dan lain sebagainya. Bahan dasar tersebut difermentasi secara khusus sehingga menghasilkan micin yang enak dan mantap jiwa jika digunakan dengan takaran yang tepat, jika micin dimakan secara langsung tentunya dapat membuat anda menjadi mual seperti orang yang sedang hamil 7 bulan, dan juga akan membuat kepala anda menjadi pusing seperti orang yang terkena anemia. Jadi makanlah micin yang sudah diolah dengan makanan, tentunya dalam takaran yang wajar, agar anda tidak sakit atau juga merasakan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh anda.



Mungkin dijepang sebangsa Micin, lebih dikenal dengan sebutan umami. Micin atau MSG ini dimitoskan dapat membuat kebodohan jika dimakan secara brutal dan overdosis (terus-menerus / setiap hari), padahal hal tersebut hanyalah mitos belaka. Anda dapat mencari info lengkapnya di google. Dari istilah mitos bodoh tersebut, lahirlah kata sindiran seperti “Generasi micin” dan juga “Kebanyakan makan micin” (Arti dan asal-usul kata generasi micin dan kebanyakan makan micin ).

Di dalam bahasa korea, michin (미친) artinya adalah “Gila / orang gila”, ya gila. Jadi jika anda menggunakan google translate, coba terjemahkan kata gila ke bahasa korea. Maka anda akan mendapatkan sebuah jawaban yang membuat anda terkejut, bahkan membuat anda terpelatuk. Ya, gila di korea dikenal dengan sebutan “MICHIN”. Wah, sungguh menakjubkan, pantas saja banyak generasi muda indonesia yang suka dan gila dengan musik kpop dan artis korea. Ternyata karena mereka rupanya kebanyakan makan michin.

Ternyata (asal-usul) micin berasal dari (bahasa) korea | Michin

Ya, begitulah asal-muasal kata micin bermula. Yang saya maksud disini adalah kata michin dalam bahasa korea, bukanya micin MSG yang dijadikan sebagai bumbu dapur. Jika anda memiliki teman yang gila berat dan ngefans berat dengan artis korea. Mungkin anda dapat memanggil teman anda dengan sebutan “michin”. Semua yang berlebihan memang tidak baik, jika anda terlalu berlebih-lebihan dalam sesuatu, siap-siap saja anda menerima dampak buruknya. Jadi sewajarnya saja dalam mengomsumsi micin maupun ngefans artis korea, lagipula mereka juga tidak kenal dengan anda.

Kata “Michin” dalam bahasa korea cenderung menuju ke arah kata gila yang sesungguhnya, maksudnya mempertanyakan kesehatan dan kewarasan seseorang. Seperti orang yang sedang marah hebat, dan anda menanyakan ke orang tersebut dengan kata, apa kamu gila bro ?, are you insane ?, dan lain sebagainya.

Saya rasa penjabaran tentang kata michin diatas sudah cukup lengkap, Jika ada salah dalam kata, mungkin anda dapat memberitahukan saya di kotak komentar dibawah, karena memang admin masih buta dengan bahasa korea. Semoga bermanfaat.

Ternyata (asal-usul) micin berasal dari (bahasa) korea | Michin
4/ 5
Oleh

4 comments

November 6, 2017 at 5:46 PM delete

Menurut saya bukan begitu
Micin / mecin awal mulanya adalah pelafalan orang jawa/indonesia utk merk penyedap rasa yg ada saat itu yaitu "Vitsin". Karena merk Vitsin sangat populer jadilah micin/vitsin menjadi istilah merujuk ke msg/penyedap rasa.

Reply
avatar
November 6, 2017 at 7:52 PM delete

Sebenarnya buat lucu-lucuan aja si gan. :) , maklum kehabisan ide buat posting. kebetulan nemu kata yang mirip dengan micin di bahasa korea. jadi langsung saya posting.

Reply
avatar
August 16, 2018 at 3:22 PM delete

Vitsin atau micin alias mecin itu bumbu dapur kalo ane nyebutnya pecin.
jangan di cocokologi kan ke bahasa lain.

Reply
avatar
August 17, 2018 at 8:43 AM delete

Selow dong gan, cuma joke ringan ja.

Reply
avatar

Leave your comment