Tuesday, November 7, 2017

Apa itu FPS ? (Pengertian FPS dalam game dan juga genre game FPS)

Apa itu FPS ?, Apa kepanjangan FPS ?, dan Bagaimana genre game FPS itu ?. Pasti itulah pertanyaan yang terbesit dalam benak anda ketika mengunjungi blog ini. Mungkin anda sering kali melihat dan mendengar kata “FPS” dari gamer di dunia nyata, dan juga dari berbagai postingan para gamer di dunia maya. Atau mungkin anda pernah melihat seorang youtuber atau video maker yang sedang membicarakan tentang FPS. Atau juga melihat langsung teks FPS saat anda sedang memainkan sebuah video game. Jika anda sangat penasaran, langsung saja simak pengertian nya di bawah ini.

Apa itu FPS ? (Pengertian FPS dalam game dan juga genre game FPS)

1. Apa itu pengertian FPS ?

FPS adalah singkatan atau kependekan dari “Frames Per Second. Jika di bahasa indonesiakan, arti FPS adalah “Bingkai per detik”. Secara detail, FPS artinya adalah “Banyaknya gambar / frame yang di tampilkan dalam waktu 1 detik”. Biasanya FPS digunakan dalam pembuatan film, animasi, cgi, game, dan lain sebagainya.

Jika ada sebuah video game yang memunculkan FPS : 20, berarti video game tersebut memiliki frame / gambar yang ditampilkan sebanyak 20 gambar (frame) dalam waktu 1 detik. Semakin besar FPS suatu game, maka semakin mulus dan halus juga gambar game tersebut. Dan semakin rendah FPS suatu game maupun video, maka semakin buruk juga kualitas graphic game tersebut.

Misalnya jika ada game yang Menampilkan frame rate sebanyak 4 fps. Berarti video game tersebut hanya mampu menampilkan sebanyak 4 gambar (frame) per detik. Sehingga kualitas gambar video game tersebut terlihat buruk dan ngelag. Gambar terlihat patah-patah, dan game berjalan sangat lambat.



Satuan yang digunakan dalam FPS sama dengan satuan frekuensi gelombang, yakni adalah “hertz / hz”. Jadi jika ada video yang berfrekuensi 24 hz, berarti video tersebut menampilkan gambar sebanyak 24x per 1 detik. Begitu juga dengan 6hz, berarti video tersebut berjalan dengan sangat lambat / ngelag. Dengan tampilan gambar sebanyak 6 frame per detik.

Semakin sedikit frame rate pada video game, berarti ada masalah dengan video game yang sedang anda mainkan. Mungkin saja graphic game tersebut terlalu HD, dan juga hardware perangkat anda tidak mendukung untuk memainkan game tersebut. Sehingga game yang anda mainkan hanya mendapat sedikit FPS, sehingga game berjalan sangat lambat dan ngelag.

Jika pada film, standar FPS yang berjalan baik pada video film tersebut sekitar 24-30 fps. Maka pada video game adalah pada kisaran 30 FPS. Pada FPS tersebut, game sudah dikatakan berjalan dengan mulus dengan graphic yang cukup halus. Apalagi jika sampai menyentuh 60 FPS, maka game bisa dinyatakan berjalan dengan sangat baik, dengan graphic game yang berjalan dengan sangat mulus dan halus. Namun pada kenyataan nya, fps pada game tidak selalu fixed / tetap pada FPS tertentu, tetapi FPS pada game cenderung berubah setiap detiknya. Tidak mesti harus 30 FPS – 60 FPS terus.

2. Genre FPS dalam Game

Dalam genre game, FPS merupakan singkatan atau kependekan dari “First Person Shooter. Jika di bahasa indonesiakan, dapat berarti sebagai “Penembak orang pertama”. Jadi, game bergenre FPS adalah game yang mengambil sudut pandang pertama dari pemain / player.


Dalam game FPS, pengambilan sudut pandang karakter utama dalam game, mengambil sudut pandang orang pertama. Dalam artian, dalam layar game tersebut adalah pandangan mata kita secara langsung. Tanpa melalui perantara dari pandangan orang lain. Misalnya seperti kita melihat orang lain yang sedang berjalan, dan orang tersebut menendang batu dijalan. Jika orang tersebut adalah karakter game yang kita mainkan, berarti sudut pandang tersebut adalah sudut pandang orang ketiga. Atau dalam istilahnya adalah “TPS (Third Person Shooter)”. Dan orang yang menendang batu tersebut, jika karakter game nya adalah langsung orang yang menendang batu tersebut. Kita menjadi matanya, maka game tersebut adalah game FPS / First Person Shooter.

Biasanya pada game bergenre FPS, karakter game hanya menampilkan senjata dan tangan saja sebagai sudut pandang pemain game. Tanpa menampilkan karakter penuh dari karakter game. Sehingga, seolah-olah seorang player dapat bermain langsung dan merasakan sensasi secara langsung dalam bermain game. Seolah, seorang player langsung turun tangan dan ikut bermain di dalam game. Contoh game bergenre FPS seperti Counter strike series, Point blank, Call of duty series, Far cry series, dan lain sebagainya.

3. Kesimpulan dan penutup

Ya begitulah sedikit banyak tentang pengertian dari FPS di dalam video game. “FPS dapat berarti genre game, dan FPS juga dapat berarti frekuensi tampilan frame gambar dalam sebuah video game”. Cukup simpel dan mudah dimengerti. Jika belum jelas, silahkan komen saja pada kotak komentar dibawah. Terima kasih.

Apa itu FPS ? (Pengertian FPS dalam game dan juga genre game FPS)
4/ 5
Oleh

Leave your comment