Friday, December 1, 2017

Kekurangan dan kelebihan orang berkepribadian ekstrovert

Setelah kemarin kita membahas mengenai pengertian dan ciri-ciri umum dari orang yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert. Kali ini saya akan sedikit membahas mengenai kekurangan dan kelebihan dari orang ekstrovert, atau orang yang memiliki tipe kerpibadian ekstrovert.

Kekurangan dan kelebihan orang berkepribadian ekstrovert

Semua tipe kepribadian pada dasarnya memiliki kelemahan dan kekuatan nya tersendiri. Walaupun semuanya terkadang terlihat saling bertolak belakang (introvert vs ekstrovert). Namun pada dasarnya semuanya saling melengkapi dan membutuhkan. Hanya saja karena kurangnya wawasan dan pengetahuan. Sehingga terkadang kita dapat menemui pembullyan terhadap kelompok orang yang memiliki tipe kepribadian yang berbeda, antara introvert dan ekstrovert. Nah, langsung saja kita akhiri basa-basinya, berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh orang ekstrovert.

1. Kekurangan tipe kepribadian ekstrovert

Terlebih dahulu, mari kita sebutkan beberapa kekurangan yang dimiliki oleh orang yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert.

- Orang ekstrovert tukang bacot. Kebanyakan orang ekstrovert sangat suka sekali berbicara, berbicara apapun itu jenisnya. Terkadang karena tidak terkontrol, mereka dapat berbicara tanpa henti-hentinya sehingga nampak seperti burung pelatuk.

- Pembohong yang ulung. Orang ekstrovert sering kali menambahkan atau melebihkan cerita atau apa saja yang di dengarnya. Sehingga, banyak orang ekstrovert yang menjadi pembohong, tukang gosip dan penjilat.

- Mudah terpengaruh dunia luar. Orang ekstrovert gampang larut dalam pergaulan, sehingga jika ia tejebak di dalam komunitas yang salah. Ujung-ujungnya banyak muncul kenakalan remaja seperti tawuran dan cabe-cabean.



- Tidak pandai menjaga rahasia. Karena orang ekstrovert banyak bicara, akibatnya terkadang mereka seringkali keceplosan dalam berbicara.

- Haus perhatian / kelewat narsis / gila pujian. Orang ekstrovert terkadang memiliki tingkat kepedean yang over. Sehingga tidak lagi memperdulikan norma dan hukum yang berlaku di masyarakat. Akibatnya, banyak skandal yang dibuat oleh orang ekstrovert. Mereka aktif di dunia fhasion, kekinian, dan dari sanalah banyak terlahir anak alay, adm, artis dadakan, dll.

- Ceroboh. Orang ekstrovert banyak yang bertindak tanpa pikir panjang terlebih dahulu. Sehingga membuatnya menjadi terkena banyak masalah.

- Bermuka dua. Ada beberapa golongan orang ekstrovert yang bermuka dua. Pandai berbicara dan berakting dengan manis, namun ternyata menusuk dari belakang.

- Dll.

Perlu diingat, semua yang tersebut diatas tidak sepenuhnya ada di dalam diri orang yang berkepribadian ekstrovert. Hanya saja, karena kesukaan nya dalam berbicara dan bersosialisasi, sehingga berkemungkinan besar memunculkan beberapa sifat atau sikap yang tersebut diatas.

2. Kelebihan tipe kepribadian ekstrovert

Selain kekurangan, tentunya semua hal pasti memiliki kelebihan atau kekuatan nya tersendiri. Termasuk orang yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert. Mereka juga memiliki kelebihan nya tersendiri, misalnya seperti di bawah ini.

- Mudah membuat pertemanan / banyak relasi dan kenalan. Orang ekstrovert memiliki banyak teman, relasi dan kenalan. Sehingga memudahkan hidupnya dalam mengadapi kesulitan. Misalnya saat mencari pekerjaan, mau ngutang, dll :’v


- Pekerja keras. Kebanyakan orang ekstrovert suka bekerja keras, tanpa pilih-pilih dengan pekerjaan yang akan mereka kerjakan. Sehingga, banyak orang ekstrovert yang sukses dalam karir, karena kemampuan sosialisasi nya yang tinggi.

- Persatuan dan kesatuan. Orang ekstrovert suka membuat kelompok dan perkumpulan. Sehingga, mereka kokoh dan kuat dalam menghadapi segala rintangan hidup.

- Orang ektrovert berjiwa sosial / pandai bermasyarakat. Orang ekstrovert banyak yang peduli terhadap sesama, maupun dengan alam dan lingkungan. Sehingga orang ekstrovert pandai dalam melakukan kegiatan sosial. Sehingga mereka peduli dengan teman, masyarakat dan alam lingkungan. Namun, bukan berarti orang introvert tidak peduli dengan orang lain ya :’v

- Pembicara yang baik. Orang ekstrovert pandai sekali dalam berbicara. Sehingga berbakat menjadi juru bicara, pemimpin perkumpulan, dll.

- Multitasking. Kebanyakan Orang ekstrovert dapat melakukan banyak hal secara bersamaan.

- Dll

3. Kesimpulan

Pada intinya orang ekstrovert pandai dalam berbicara dan bersosialisasi, berbeda dengan orang introvert yang pandai dalam berpikir dan perencana. Walaupun demikian, keduanya saling berhubungan dan membutuhkan. Begitulah intinya, masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan nya tersendiri.

Kekurangan dan kelebihan orang berkepribadian ekstrovert
4/ 5
Oleh

Leave your comment