Thursday, December 14, 2017

Perbedaan antara vlog dan blog. Perbedaan vlogger, blogger dan youtuber

Kemarin saya sudah menulis beberapa pengertian tentang blog, vlog, blogger, vlogger dan youtuber. Dari berbagai artikel yang saya tulis tersebut, dapat disimpulkan berbagai perbedaan diantara blog dan vlog, dan perbedaan diantara vlogger, blogger dan juga youtuber. Pada dasarnya, semua perbedaan terletak pada media dan jenis konten yang di terbitkan oleh ke 3 jenis orang yang tersebut diatas. Lebih lengkapnya, ada di bawah ini . .

Perbedaan antara vlog dan blog. Perbedaan vlogger, blogger dan youtuber

1. Perbedaan antara blog dan vlog

Blog merupakan singkatan dari web log, dan vlog merupakan kependekan dari video blog. Dari berbagai singkatan yang tersebut diatas, sudah dapat ditarik garis besarnya. Dari segi konten yang diterbitkan, antara blog dan vlog memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Diantaranya, konten yang umum diterbitkan di dalam situs berjenis blog.

A. Sebagian besar konten pada blog diisi oleh berbagai jenis teks, catatan atau artikel.
B. Blog juga biasanya ditambahkan berbagai konten pendukung seperti gambar, video, link dan berbagai media pembantu lain nya. Misalkan seperti flash dan html5.

(Baca juga : Apa itu pengertian blog ? arti blog, blogger, ngeblog dan blogging)

Sedangkan pada situs yang berformat vlog, konten biasanya dipenuhi oleh . .

A. Video rekaman orang yang sedang berbicara atau menjelaskan apa yang diterangkan nya.
B. Video rekaman orang yang sedang mbacot :’v. Baik sudah diedit, maupun murni tanpa editing.

(Baca juga : Apa itu pengertian vlog, singkatan dan kepanjangan vlog, arti vlogger, ngevlog, vlogging dan youtuber ?)

Dari penjelasan yang tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa. Blog berisi konten berbasis teks, sedangkan vlog berisi konten berbasis video rekaman pembicaraan, yang dijadikan sebagai pengganti teks yang biasanya terdapat dalam blog.

2. Perbedaan antara vlogger, blogger dan youtuber

Dari ke 3 jenis gelar atau profesi yang tersebut diatas memiliki banyak sekali perbedaan. Jika seorang blogger adalah orang yang aktif melakukan kegiatan blogging atau ngeblog. Maka, seorang vlogger adalah orang yang aktif dalam melakukan kegiatan vlogging atau ngevlog. Nah, dari perbedaan konten yang tersebut diatas sudah cukup jelas.




# Perbedaan antara blogger dan vlogger

- Pada umumnya Seorang blogger merupakan seorang penulis (Note : kopaser bukan seorang blogger ya !)
- Pada umumnya Seorang vlogger merupakan seorang artis / editor (Tukang edit video, pembuat konten video, dll)

Sementara itu, perbedaan antara seorang vlogger dan youtuber terletak pada situs dan jenis konten video yang diterbitkan nya. Video vlog tidak hanya diterbitkan di situs terkenal seperti youtube saja, namun anda dapat membuat blog sendiri dan menerbitkan berbagai video vlog karya anda. Sedangkan youtuber, wajib menerbitkan video karya mereka ke situs youtube. Lebih jelasnya ada di bawah ini.

# Perbedaan antara vlogger dan youtuber

# VloggerYoutuber
1 Video tidak harus diupload atau diterbitkan di situs youtubeVideo wajib diunggah atau diterbitkan di situs youtube.
2 Konten video hanya berisi rekaman yang berisi pembicaraan atau obrolan para vlogger. Baik sudah diedit dan ditambahkan efek tertentu, atau masih murni obrolan / pembicaraan semata.Konten video bervariasi, bisa berupa vlog, slide show, film, animasi, dokumenter, cgi, dan lain sebagainya.
3 Tidak harus mendapatkan uang dari hasil penerbitan video, hanya sekedar iseng, ingin tenar dan berbagai alasan lain nya.Selalu memonetize videonya, memasang iklan di video yang dipublishnya. Sehingga seorang youtuber tidak dapat disebut youtuber jika tidak mendapatkan uang dari video yang diunggahnya.

(Baca juga : Apa itu youtuber ? Arti, pengertian, alasan dan tujuan seseorang menjadi youtuber)

Ya, kurang lebih begitulah sedikit banyak mengenai perbedaan diantara blog dan vlog, perbedaan vlogger dan blogger, dan juga perbedaan antara vlogger dan youtuber. Pada dasarnya semua orang dapat merangkap ke 3 gelar tersebut sekaligus, namun semuanya kembali kepada diri anda masing-masing. Apakah anda hanya berfokus sebagai seorang blogger, vlogger atau youtuber saja. Atau merangkap ke tiganya ?, semuanya tergantung niat dan kemampuan anda sendiri. Semoga bermanfaat . .

Perbedaan antara vlog dan blog. Perbedaan vlogger, blogger dan youtuber
4/ 5
Oleh

Leave your comment