Thursday, January 18, 2018

Mau ngeblog tapi males | penyebab, solusi & cara mengatasi rasa malas dalam ngeblog (menulis artikel)

Mau ngeblog tapi males, mau nulis artikel ngak ada ide. Bawaan nya malas, pengen tidur dan nyantai terus. Bpk ads makin hari makin kecil, dah gitu pengangguran lagi. Lengkap sudah penderitaan para blogger di seluruh dunia. Entah mengapa, rasanya sakit tapi tak berdarah :’(.

Mau ngeblog tapi males | penyebab, solusi & cara mengatasi rasa malas dalam ngeblog (menulis artikel)

Ya begitulah sob, rasanya terkadang kita dihadapkan dengan kemalasan yang membuat diri kita ini enggan untuk menulis artikel dan mengupdate artikel blog. Entah apa sebabnya, yang jelas bawaan nya males gitu aja. Nah, jika anda bingung dengan penyebab dari kemalasan anda, maka bisa jadi inilah penyebabnya.

Berikut beberapa Penyebab dari rasa malas ketika mau ngeblog :

1. Tidak ada ide buat judul postingan

Yap, jika tidak ada ide tentang artikel apa yang akan di update dan dipublish di blog. Maka bawaan nya pasti langsung males buat ngeblog. Mikir seharian ngak ada gunanya. Jalan-jalan ke grup blogger indonesia isinya Cuma tukang pamer dan para newbie yang haus dengan bw-bw an. Di situlah mungkin anda merasa bingung. Kemudian anda memutuskan untuk nyantai sejenak dan pada akhirnya kebablasan untuk tidak ngeblog.

2. Cuaca yang buruk

Cuaca yang buruk terkadang membuat mood dan suasana hati kita ikut terpengaruh menjadi buruk. Misalnya pada waktu hujan rintik seharian tanpa henti membasahi bumi. Disaat itulah mood hati kita menjadi berubah, dari yang tadinya semangat, langsung berubah menjadi ngantuk dan malas. Pada akhirnya, bukan nya malah ngeblog. Di cuaca yang dingin tersebut, anda malah menutup selimut dan tidur seharian.

3. Kelelahan fisik dan mental

Buat para blogger yang memiliki banyak aktivitas di dunia nyata. Tentunya jika dirinya kelelahan, misalnya sehabis ngelembur kerja, sehabis melakukan kegiatan ekstrakurikuler yang membosankan, dan lain sebagainya. Tentunya anda akan mengalami kelelahan di dalam fisik maupun mental. Sehingga kegiatan ngeblog pun menjadi tertunda, dan anda malas untuk melakukan nya.

4. Sakit

Jika anda sedang sakit. Sakit yang tidak terlalu parah sekalipun. Misalnya sakit alergi dingin, seperti gatal-gatal dan bersin-bersin. Tentunya hal tersebut akan membuat mood anda menjadi buruk / bad mood. Pada akhirnya ngeblog menjadi malas, dan banyak kegiatan yang akan tertunda. Darisanalah tentunya rasa malas anda bermula.

5. Sering menunda-nunda pekerjaan

Ada sebuah pepatah kuno yang mengatakan, “Semakin anda menunda pekerjaan anda, maka akan semakin malas pula anda jadinya”. Ya begitulah sob-gan-sis, jika anda menunda-nunda untuk menulis artikel yang sudah anda persiapkan idenya terlebih dahulu. Maka, bukanya malah menjadi sebuah artikel yang siap untuk diterbitkan. Namun pada akhirnya anda akan menjadi semakin malas, malas, dan malaaassssss untuk menulis.

6. Ngeblog hanya untuk mencari receh / uang

Jika anda berpikiran ngeblog hanya untuk mencari uang. Maka jangan harap anda akan langgeng untuk ngeblog. Pasti cepat atau lambat anda akan malas dan bahkan berhenti untuk ngeblog. Karena orientasi anda terpusat pada uang. Jika tidak menghasilkan uang, ya ngeblog pastinya hanya akan menjadi beban dan membosankan.

7. Emang kamunya sih yang pemalas

Jika anda, sob gan sis memang memiliki kecenderungan sifat pemalas yang besar. Maka segala pekerjaan yang akan anda lakukan pasti akan berujung kepada kemalasan. Termasuk disini adalah kegiatan dalam ngeblog atau blogging. Jadi jika anda memang seorang yang pemalas, ya mau bagaimana lagi. Sudah menjadi sifat yang mendarah daging. Pasti aktivitas ngeblog ya ikut terjangkiti virus malas juga.

Nah, begitulah kiranya sedikit banyak penyebab yang mengakibatkan timbulnya rasa malas di dalam diri anda ketika anda mau ngeblog. Untuk mengatasi rasa malas ngeblog anda, sebaiknya ikuti saja cara-cara di bawah ini.

Berikut beberapa solusi dan cara untuk mengatasi rasa malas di saat mau ngeblog :

1. Jadikan ngeblog / menulis sebagai hobi

Jadikan ngeblog sebagai hobi. Bukan sebagai pekerjaan maupun beban yang memberatkan di hati. Jika kamu suka dengan aktivitas ngeblog. Maka otomatis, setiap kamu menulis artikel, kamu akan merasa senang, bersemangat dan ingin ngeblog terus setiap harinya. Karena ngeblog dan menulis sudah menjadi hobi. Jadi ya, ngeblog akan menjadi ringan dan menjadi sarana pelampiasan pelipur lara di dalam hati.

2. Membuat blog sesuai materi yang dikuasai

Agar kamu tidak kebingungan untuk menulis artikel apa, bingung mau posting yang kek gimana. Maka alangkah baiknya jika kamu menguasai materi blog yang akan kamu tulis. Sehingga ngeblog akan menjadi mudah, karena kamu dapat mencurahkan segala isi hati dan pikiran di dalam tulisan yang akan anda buat.

3. Jaga kesehatan

Jangan terlalu memaksakan diri untuk ngeblog. Atau jangan terlalu lelah beraktivitas di dunia nyata. Sempatkan untuk beristirahat dan refreshing sejenak. Agar pikiran dan tubuh menjadi segar dan kembali bertenaga. Sehingga aktivitas menulis dan ngeblog akan menjadi lancar setiap harinya.

4. Jangan menunda-nunda pekerjaan

Buat kamu yang pemalas dan hobi ngaret. Perlahan ubah sifat buruk anda, ubah diri anda menjadi pribadi yang lebih baik. Pikirkan masa depan anda. Jika anda menjadi pemalas, bagaimana nasib keluaraga anda, nasib orang tua, istri, anak dan cucu anda. Jadi semangatlah dan berjuanglah, pantang menyerah sekuat tenaga.

5. Jalan-jalan ke grup, forum, dan sosial media khusus blogger

Untuk refreshing dan mencari ide zegar di dalam aktivitas ngeblog. Alangkah baiknya anda iktu aktif bersosialisasi didalam komunitas sesama blogger. Agar anda dapat bersilahturahmi dan bercengkrama dengan sesama blogger. Dengan demikian, info terbaru seputar dunia perbloggingan akan dapat membuat diri anda semakin berkembang dan semakin ahli di dalam ngeblog.

Yosh, begitulah minna :’v, sedikit banyak mengenai tips dan trik agar anda sekalian tidak malas lagi dalam ngeblog. Semoga bermanfaat . .

Mau ngeblog tapi males | penyebab, solusi & cara mengatasi rasa malas dalam ngeblog (menulis artikel)
4/ 5
Oleh

Leave your comment