Tuesday, July 24, 2018

Cara mengisi waktu luang agar tidak bosan, bagi pelajar, mahasiswa, dan semua orang secara positif

Ya, terkadang baik itu seorang pelajar, mahasiswa, bahkan pengangguran dan orang dewasa sekalipun. Sesekali, bahkan mungkin setiap hari. Ada saja waktu luang yang hadir di setiap perjalanan hidupnya. Misalnya pada hari libur, weekend, disaat ngak da kerjaan, disaat ngantor, bahkan disaat boker sekalipun 🤣. Semuanya pastilah pernah mengalami kekosongan waktu didalam hidupnya.

Cara mengisi waktu luang agar tidak bosan, bagi pelajar, mahasiswa, dan semua orang secara positif

Hal ini tentunya dapat menjadi suatu hal yang membosankan. Jika waktu luang tersebut tidak diisi dengan hal-hal yang bernuansa positif, atau malah bingung sendiri mau mengerjakan apa diwaktu luang tersebut.

Nah, maka dari itu. Untuk menjawab kebingungan anda disaat mau mengisi waktu luang yang tersia-siakan, alangkah baiknya anda menyimak beberapa tips yang tersebut dibawah ini.

# Cara positif untuk mengisi waktu luang dalam hidup :

1. Beribadah

Ya, daripada waktu luang anda terbuang dengan sia-sia. Misalnya seharian anda nongkrong dipinggir jalan sambil melihat motor berlalu lalang. Alangkah baiknya jika anda aktif beribadah dan memperdalam ketaatan anda kepada yang Maha kuasa.

Selain mendapatkan pahala, anda juga akan mendapatkan ketenangan batin / rohani yang akan membuat hidup anda menjadi lebih bahagia.

2. Menuntut ilmu

Jika anda sedang nganggur ngak jelas. Tidak ada salahnya jika anda aktif membaca maupun hadir diberbagai forum dan majelis ilmu lainnya. Tentunya, agar wawasan dan ilmu pengetahuan anda semakin berkembang dan bertambah. Sehingga, dimasa yang akan datang. Diharapkan ilmu anda dapat berguna bagi diri sendiri, keluarga, dan semua orang.



Selain itu, jika anda banyak memiliki ilmu yang bermanfaat. Tentunya anda akan lebih mudah untuk menjalin hubungan pertemanan dan persahabatan. Karena setiap obrolan yang anda dengar dan ikuti bersama teman, selalu saja nyambung dengan pengetahuan yang anda miliki.

3. Bermain bersama teman

Daripada tiduran ngak jelas dirumah, alangkah baiknya jika anda ikut bermain atau mabar bersama teman-teman anda. Ikut aktif bermain bersama teman-teman anda. Baik itu teman sebaya, teman sekolah, teman ngantor, dan sebagainya. Asalkan masih dalam hal positif, maka tidak ada salahnya jika anda ikut bergabung bersama mereka.

4. Liburan bareng keluarga

Di waktu hari libur tiba. Jika anda bingung mau melakukan hal apa. Ya, alangkah baiknya jika anda mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan anda. Langsung saja rembukan bareng, dan putuskan untuk berlibur bersama-sama keluarga tercinta.

5. Menjalankan hobi

Bagi anda yang memiliki sedikit teman. Misalnya bagi anda orang yang introvert dan malas keluar dari rumah. Anda dapat aktif didalam menjalankan hobi anda, tentunya untuk mengusir rasa bosan yang ada di dalam jiwa.

Misalnya anda dapat bermain game sepuasnya, nonton film semaunya, ngesosmed dan bercanda-tawa bersama teman dunia maya, bermain dngan pet / hewan peliharaan sampai bosen, mendaki gunung lewati lembah ke samudra 🐅, dan lain sebagainya.

Atau mungkin bagi anda yabg hobi jalan-jalan secara solo. Atau sebut saja sebagai solo player. Anda dapat dengan mudah untuk liburan ala backpaker, jalan kaki sampai ke tempat wisata yang anda sukai. Atau mungkin bersepeda, bersepeda motor secara solo maupun beramai-ramai bersama teman dan keluarga ke tempat-tempat yang indah dan nyaman.

6. Mencari uang tambahan

Jika ada waktu luang yang berlebih disela-sela kegiatan lainnya. Misalnya dilain waktu setelah sekolah, kuliah, atau mungkin liburan kerja. Anda dapat memanfaatkan waktu luang tersebut untuk mencari uang tambahan. Tentunya dengan berbagai cara yang halal.

Misalnya saja seperti kerja paruh waktu di warnet. Menjual jasa, menjual jajanan atau mainan di sekitar rumah, misalnya seperti menjual pulsa, menjual pentol, cilok, batagor, bakpau, dan sebagainya. Atau mungkin anda dapat juga aktif menulis (ngeblog) dan ngevlog di youtube. Agar anda mendapat penghasilan tambahan dari berbagai media pengiklan yang ada. (Baca juga : Cara mudah mengisi waktu luang yang dapat menghasilkan uang bagi semua orang (pelajar, mahasiswa, pengangguran, dll))

7. Ikut aktif bermasyarakat / bakti sosial

Sekali-kali, ikut aktif didalam bermasyarakat sangatlah baik untuk kehidupan sosial dan kejiwaan anda. Ikutlah aktif dalam bekerja bakti, maupun bergotong royong di lingkungan tempat anda tinggal. Tentunya hal ini dilakukan untuk mempererat jiwa sosial dan kebersamaan antar tetangga dan masyarakat sekitar. Kan ngak lucu jadinya jika anda tidak tahu dengan nama tetangga, atau mungkin malah tidak kenal sama sekali dengan tetangga dekat anda.

Ya, cukup sekian saja, itulah berbagai Cara mengisi waktu luang agar tidak bosan, bagi pelajar, mahasiswa, dan semua orang secara positif. Cukup sekian dan semoga bermanfaat. 😉

Cara mengisi waktu luang agar tidak bosan, bagi pelajar, mahasiswa, dan semua orang secara positif
4/ 5
Oleh

Leave your comment