Tuesday, July 24, 2018

Cara mudah mengisi waktu luang yang dapat menghasilkan uang bagi semua orang (pelajar, mahasiswa, pengangguran, dll)

Waktu luang atau waktu senggang merupakan sebuah waktu yang sangat berharga. Mengapa bisa demikian ?, Tentunya anda pasti tahu sendiri jawabannya. Apalagi bagi para pelajar usia sekolah, disaat ada hari libur tiba. Maka merekapun otomatis langsung akan menjadi senang dan tertawa. Nah, begitu juga bagi para mahasiswa dan pekerja.

Cara mudah mengisi waktu luang yang dapat menghasilkan uang bagi semua orang (pelajar, mahasiswa, pengangguran, dll)

libur telah tiba, libur telah tiba, hore, hore, hatiku gembira.... - Tasya

Namun, jika waktu luang tersebut sangat banyak waktunya. Sebut saja misalnya seperti para pengangguran layaknya saya 🤣. Tentunya waktu luang ini merupakan bom waktu yang dapat membuat diri ini menjadi menderita.

Nah, untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif. Salah satunya adalah dengan cara mencari uang tambahan atau penghasilan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi para pengangguran seperti saya, dan bagi para pengangguran lain diluar sana 😎.



# Cara mudah mengisi waktu luang yang dapat menghasilkan uang

1. Membantu usaha orang tua

Bagi para pelajar atau siswa usia sekolah. Pastinya ada yang orang tuanya berprofesi sebagai pengusaha. Nah, dengan membantu pekerjaan orang tua. Misalnya ikut membantu bekerja disana, sebut saja seperti menjaga toko, ikut berjualan barang, membantu mengantar barang pesanan, dan lain sebagainya. Dengan cara ini kamu dapat memperoleh upah atau uang dari hasil membantu pekerjaan orang tua.

2. Kerja paruh waktu

Ada banyak sekali pekerjaan paruh waktu yang dapat dikerjakan oleh para pelajar maupun mahasiswa sekolah. Misalnya seperti menjaga warnet, menjadi pekerja toko, menjadi pelayan restoran, menjadi kuli bangunan 😭, berjualan jajanan (cilok, batagor, dll), menjual mainan (mainan anak sd), dan masih banyak yang lainnya, yang penting halal dan dapat duit.

Bagi ibu-ibu atau emak-emak juga bisa membuat kerajinan, misalnya seperti membuat tas dari plastik bekas bungkus kopi. Membuat wadah atau dompet dari manik-manik / monte. Membuat kue dan jajanan di pagi hari, dan masih banyak yang lainnya.

3. Menjual jasa

Bagi anda yang suka online misalnya. Anda sering main game mmorpg, sering main game mobalog, sering ngetoxic di sosmed. Tidak ada salahnya jika anda menjual jasa leveling maupun crafting item di game, menjual akun game, gold dan item rare yang ada di game. Dengan cara ini tentunya hobi kesukaan anda dapat menjadi bermanfaat. Selain dapat kesenangan, tentunya anda juga dapat uang / duit 🤤.

Selain menjual jasa / joki leveling game. Anda juga dapat menjual pulsa secara online maupun offline. Selain itu tentunya masih banyak jasa lainnya yang dibutuhkan di dunia nyata. Misalnya saja seperti jasa reparasi perangkat elektronik. Namun tentunya semua tergantung kemampuan dan keahlian masing-masing.

4. Bisnis online

Yap, di dekade ini bisnis online sudah sangat lumrah dan menjamur. Dimana-mana banyak sekali toko online / online shop, dropshipper, reseller, freelancer, dan sebangsanya yang bertebaran di dunia maya. Mungkin dengan ini anda dapat memanfaatkannya, guna untuk menghasilkan uang di waktu luang yang anda punya.

Selain bisnis online yang seperti tersebut diatas. Menjadi seorang publisher ala blogger dan vlogger youtube juga mulai digemari oleh anak-anak muda di seluruh dunia. Bahkan banyak diantara anak kecil zaman now yang bercita-cita untuk menjadi seorang youtuber. Ck ck ck 😝

5. Menjual barang yang tidak terpakai / bekas

Dikala waktu senggang tiba, misalnya disaat liburan panjang. Coba saja bersihkan seluruh rumah anda. Pilih semua barang dan mainan yang anda miliki. Kelompokkan menjadi 2 pilihan, yang satu masih dapat dipakai, dan yang lain sudah tidak terpakai / usang.

Kemudian panggil tukang loak. Dan jual semua barang bekas yang anda punya. Misalnya seperti koran lama, baju lama, mainan lama, perkakas lama :v dh kayak uncle/koh atong aja (upin-ipin).

6. Mencari dan menjual bahan mentah

Jika anda tinggal di daerah pegunungan, pedesaan (persawahan) maupun dekat dengan daerah hutan. Mungkin anda dapat memanfaatkan kondisi ini untuk mencari bahan mentah yang dapat dijual kembali. Sebut saja seperti jamur-jamuran, sayuran liar (pakis, semanggi, kangkung, selada, dll). Dan juga berbagai jenis hewan komsumsi seperti ikan, belalang kayu, belut, sidat, dan masih banyak yang lainnya.

Ya begitulah, pembahasan mengenai Cara mudah mengisi waktu luang yang dapat menghasilkan uang. Mungkin anda punya cara lain / alternatif untuk menghasilkan uang di waktu luang dengan cara yang halal. Jika memang demikian, silahkan saja beri masukannya di kotak komentar. Terimakasih, dan semoga bermanfaat. (Baca juga : Cara mengisi waktu luang agar tidak bosan, bagi pelajar, mahasiswa, dan semua orang secara positif)

Cara mudah mengisi waktu luang yang dapat menghasilkan uang bagi semua orang (pelajar, mahasiswa, pengangguran, dll)
4/ 5
Oleh

Leave your comment