Thursday, September 27, 2018

8 Cara agar hp tidak cepat panas saat main game dan internetan

Disaat anda sedang ngegame, bermain game online dan internetan. Misalnya saja disaat bermain game ml (mobile legend), bermain game pubg, aov dan sebagainya. Atau juga disaat anda sedang internetan, ngesosmed, ngeyoutube dan sebagainya. Entah mengapa hp atau smartphone android yang anda pakai menjadi cepat panas dan terkadang malah menjadi lemot.

Sebenarnya mengapa ini bisa terjadi ?, Dan bagaimanakah cara mengatasi hp yang cepat panas ini ?. Berikut jawabannya . ..

# Cara agar hp tidak cepat panas saat main game dan internetan

1. Pastikan jaringan dan koneksi internet stabil

Jika anda sedang bermain game online, atau anda sedang asik ngeyoutube. Tiba-tiba saja jaringan internet di tempat anda menjadi tidak stabil. Bar sinyal naik turun, koneksi berganti-ganti tidak stabil. Kadang 4G, kadang 3G, kadang malah edge.



Hal yang demikian dapat menyebabkan baterai hp anda menjadi cepat terkuras. Dan tentunya dapat menyebabkan hp menjadi cepat panas. Hal ini terjadi karena hp anda berusaha keras untuk mencari sinyal dan koneksi internet. Sehingga memakan banyak daya baterai yang ada.

Jika disaat pada kondisi jaringan yang tidak stabil anda terus saja memaksakan diri untuk terkoneksi ke internet. Maka sudah dapat dipastikan, nantinya hp anda akan cepat menjadi panas dan daya baterai pun akan cepat menjadi habis.

Solusi untuk masalah ini adalah . .

A. Tunggu jaringan dan koneksi internet menjadi stabil, lalu lanjutkan bermain game dan internetan lagi.

B. Berganti provider atau kartu simcard hp yang jaringannya stabil.

C. Memakai jaringan wifi.

D. Tetheringan dengan teman (misal saat push rank, jaringan malah ancur).

2. Jangan bermain game sambil ngecas / ngecharge hp

Jika anda memaksakan diri untuk bermain game, untuk internetan disaat hp sedang dicas. Maka sudah dapat dipastikan, nantinya hp anda akan cepat menjadi panas. Dan tentunya hal ini akan sangat berdampak buruk bagi keberlangsungan hidup / masa pakai baterai hp anda.

Jadi, bersabarlah. Tunggu selesai ngecas batre, baru lanjut bermain game dan internetan lagi. Dengan cara ini, maka otomatis hp anda tidak akan menjadi cepat panas lagi.

3. Jangan menginstall app dan game berat

Aplikasi dan game android yang tidak sesuai dengan kapasitas dan kemampuan hp yang anda miliki. Misalnya spesifikasi bermain game minimal harus memiliki ram 2GB, cpu quad core, dan sebagainya. Eh, game tersebut anda mainkan di hp android yang ber ram 1 Gb dengan cpu dan gpu yang dibawah standar. Maka hal ini otomatis akan memperberat kinerja hardware hp. Dari sinilah hp anda akan menjadi cepat panas dan lemot.

4. Jangan terlalu banyak membuka aplikasi dan game secara bersamaan

Janganlah anda membuka aplikasi atau bermain game secara bersamaan. Kegiatan multitasking seperti ini, jika tidak didukung dengan spek hp yang memadai. Sudah jelas dapat dipastikan, maka hp anda akan menjadi cepat panas.

Maka solusinya adalah, anda harus bijak didalam menggunakan aplikasi dan game. Buka aplikasi dan game satu-satu saja. Jika aplikasi dan game tidak dipakai, langsung di close saja.

5. Rajin-rajin bersihkan hp dari file sampah dan virus

Rajin-rajinlah untuk membersihkan hp anda dari file chache, file sampah dan virus yang mungkin bersarang di hp android anda. Jika hp anda kepenuhan dengan sampah, dan juga kepenuhan ramnya. Maka hp anda akan menjadi cepat lemot dan panas.


Begitupula jika hp anda ada virusnya, misalnya virus iklan seperti adware dan sejenisnya. Virus tipe ini selalu saja memunculkan iklan aneh disaat anda terkoneksi ke internet. Jadi jika hp anda selalu saja muncul iklan popup disaat anda mengoneksikan hp ke jaringan internet. Berarti hp anda sudah dihinggapi virus adware ini. (Baca juga : Cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di hp android - iklan pop up, dll)

6. Gunakan mode hemat daya / baterai

Agar hp android anda tidak cepat panas. Coba saja hidupkan pengaturan hemat daya atau hemat baterai pada hp android anda. Dengan menggunakan pengaturan ini. Otomatis sebagian kinerja sistem pada hp anda dapat dikurangi. Sehingga beban hp anda akan menjadi lebih ringan.

7. Redupkan layar dan matikan sound hp

Untuk mengurangi kinerja penyedotan baterai hp anda. Maka anda dapat meredupkan settingan cahaya layar pada hp anda, dan juga mematikan suara atau sound pada hp anda. Untuk lebih mudahnya, pada settingan cahaya hp anda, gunakan saja fitur kecerahan otomatis. Dengan cara ini, mudah-mudahan saja hp anda menjadi awet dan tidak panas.

8. Istirahat sejenak

Istirahatkan hp anda sejenak. Jangan 24 jam nonstop bermain hp terus. Jika hal ini terjadi pada anda, misalnya jika anda nak nolep. Wajar saja jika hp android anda akan menjadi cepat panas. Karena anda selalu saja menggunakan hp nonstop setiap waktu, setiap detik, setiap jam, setiap saat 😭.

Istirahatlah sejenak, keluar rumah dan bermainlah bersama teman / sahabat. Dengan cara ini, maka hp anda yang tadinya panas akan menjadi cepat dingin. Karena anda memang tidak sedang bermain hp #herp.

Ya begitulah kiranya ke-8 cara agar hp anda tidak menjadi cepat panas. Dengan berbagai cara yang tersebut diatas, maka anda akan dengan mudah untuk mendinginkan hp anda yang cepat menjadi panas.

Entah apapun merk hp anda, entah itu samsung, xiaomi, asus, lenovo, huawei, oppo, vivo, sony, dan sebagainya. Jika anda tidak pandai didalam menggunakannya, pastilah nantinya hp anda akan menjadi cepat panas dan rusak. Jadi semuanya kembali lagi ke tangan si pengguna. Cukup sekian saja dan semoga bermanfaat . ..

8 Cara agar hp tidak cepat panas saat main game dan internetan
4/ 5
Oleh

Leave your comment