Saturday, November 10, 2018

16 Cara mengatasi game keluar sendiri di android (force close)

Kamu sering main game di hp android ?. Misalnya seperti game mobile legends, aov, pubg, free fire, minecraft, dan sebagainya. Namun anehnya entah mengapa saat main game tersebut terkadang game langsung menutup dan berhenti mendadak / force close. Kira-kira bagaimanakah cara mengatasi masalah ini ?. Kenapa game keluar sendiri saat dimainkan ?. Langsung saja berikut penjelasannya . .

Beberapa waktu yang lalu saya sempat menulis beberapa penyebab dari force closenya aplikasi dan game yang ada di hp android. Sekarang mari kita lanjutkan dengan cara mengatasi force close ini.

# Cara mengatasi force close saat main game di hp android

1. Bersihkan / kosongkan ram

Memori ram yang sudah menipis atau bahkan kepenuhan. Hal ini akan sangat berdampak pada game yang anda mainkan. Jika ram di hp anda sudah terpakai penuh, maka game ataupun aplikasi yang anda buka akan sering menjadi keluar sendiri, menutup secara tiba-tiba / force close.

Jadi jangan lupa untuk sering-sering membersihkan ram di hp android anda. Agar game yang anda mainkan dapat berjalan dengan lancar.

2. Bersihkan file cache

File cache yang menumpuk juga dapat menjadi sebuah beban tersendiri. Jika memori internal sudah penuh, alhasil ya game jadi sering force close. Karena game tidak bisa menulis data-data baru, saat game sedang dijalankan. Jadi harap rajin-rajinlah bersihkan file cache di hp android yang anda miliki.



3. Hapus file sampah

File sampah, junk file, file yang sudah tidak digunakan di hp anda, di smartphone android anda. Misalnya seperti tumpukan video dan foto yang tidak begitu berguna. Tumpukan file data usang dari game sebelum di update, dan sebagainya. Hal ini akan memenuhi memori internal anda.

Jika dibiarkan saja, jika sudah menumpuk dan memenuhi memori internal hp. Maka sudah jelas game yang anda mainkan akan sering keluar dan berhenti secara tiba-tiba.

4. Bersihkan memori internal

Seperti yang sudah tersebut diatas. Jika memori internal penuh, biasanya game tidak dapat dimainkan atau tiba-tiba force close begitu saja. Biasanya game saat force close akan memunculkan pesan memori penuh, sayangnya aplikasi telah berhenti, dan sebagainya.

Jadi sebelum menginstall game, pastikan sisakan sekian gb ruang di memori internal anda. Agar game yang anda mainkan dapat berjalan dengan lancar.

5. Bersihkan / hapus data game

Terkadang di dalam game ada yang namanya bug dan glitch. Jadi jika anda sering mengalami error, sering keluar sendiri dari game. Coba saja hapus file data dan cache yang ada di dalam game.

Dengan cara ini, maka game akan kembali kepada pengaturan awalnya. Kabar buruknya mungkin anda harus memulai game dari awal (game offline), dan mendownload data baru / mendownload ulang data game (game online).

6. Update game

Mungkin anda belum mengupdate game yang anda mainkan ?. Jika belum diupdate, mungkin ada bug yabg ada di dalam game yang anda mainkan. Untuk mengatasi ini ya tinggal update saja game yang anda mainkan. Update ke versi yang lebih baru, agar game tidak mudah error dan keluar sendiri lagi.

7. Install ulang game

Janganlah anda mendownload game hasil modifan dan sejenisnya. Karena game hasil modifan ataupun hasil krak2an mudah sekali error alias ngebug.

Pastikan anda mendownload game dari situs resmi. Misalnya mendownload dari google playstore. Install ulang game yang anda mainkan. Dan rasakan perbedaannya.

8. Update os android

Jika game yang anda mainkan tidak support dengan os android yang anda pakai sekarang. Sehingga saat membuka game yang baru diinstall selalu saja force close / keluar sendiri.

Maka tidak ada cara lain selain dengan mengupdate os hp android yang anda pakai ke versi yang terbaru. Jika tidak ada pilihan update os di hp android anda, ya anda dapat mengeflashnya dengan bantuan teman / konter. Jika masih tidak bisa, ya ganti hp sajalah.

9. Download game yang kompatibel dengan spesifikasi hp

Jika spesifikasi game yang anda mainkan cukup tinggi, game yang anda mainkan merupakan game berat, game hd, game 3D. Namun hp android yang anda pakai masih saja berspek kentang / rendah. Ya wajar saja jika game yang anda mainkan sering keluar sendiri.

Untuk mengatasi ini, ya anda harus sadar diri. Coba download game yang ringan saja. Download game yang sesuai dengan spesifikasi hp anda. Atau kalau anda main game, coba setting pengaturan game ke mode ringan. Mulai dari tampilan graphic, partikel, suara dan sebagainya.

10. Periksa koneksi internet

Koneksi internet yanh sering down dan naik turun akan menurunkan performa game online yang anda mainkan. Jadi jangan heran jika saat anda sedang asik-asik main game mobile legend, eh tiba-tiba game jadi terasa berat, ngelag, dan ujung-ujungnya game keluar sendiri.

Jadi sebelum main game online. Pastikan dulu kelancaran koneksi internet dan jaringan seluler yang anda pakai.


11. Matikan sinkronisasi

Sinkronisasi sistem dan berbagai aplikasi yang ada di hp android dapat menyebabkan game online yang anda mainkan menjadi sering ngelag dan keluar sendiri. Hal tersebut terjadi karena sebagian data internet yang ada malah kemakan oleh aktivitas sinkronisasi tersebut.

Jadi sebelum main game, hidupkan dulu mode hemat baterai dan sejenisnya. Agar semua aktivitas sinkronisasi dapat dimatikan sementara.

12. Kurangi melakukan multitasking

Ketika sedang bermain game. Janganlah anda membuka banyak aplikasi atau game lain secara bersamaan. Karena hal ini dapat membebani kinerja cpu, gpu, dan memori ram hp android anda.

Misalnya jika anda main game online, terus buka google chrome, buka lagi apl facebook, lanjut nge-wa, balik lagi ngegame, eh terus ngeyoutube, dan seterusnya. Maka wajar saja jika game yang anda mainkan jadi sering keluar dan menutup sendiri (force close).

Untuk mencegah ini terjadi, ya anda sendiri harus bijak dalam menggunakan game dan aplikasi. Jangan sembarangan buka game dan aplikasi, apalagi jika memori ram hp anda pas-pasan. Buka satu satu saja, yang penting lancar. Jika selesai main game, jangan lupa di close.

13. Hentikan aplikasi yang berjalan di belakang layar

Mungkin ada aplikasi atau game yang mengupdate data secara otomatis di hp android anda ?. Jika demikian adanya, wajar saja jika saat anda memainkan game. Maka game yang anda mainkan jadi sering ngelag, dan sering force close.

Untuk mencegah ini terjadi, jangan pernah ijinkan aplikasi atau game apapun melakukan pengupdetan data secara otomatis.

14. Dinginkan hp yang sudah panas (overheat)

Jangan sering memaksakan diri ketika sedang asik ngegame. Jika hp sudah panas, ya berhenti sejenak. Jangan main game terus. Karena jika hp sudah terlampau panas / overheat. Maka performa hardware hp akan menurun, sehingga nantinya hp anda akan sering menjadi error, ngelag, keluar sendiri (force close) saat sedang memainkan game atau membuka aplikasi.

15. Factory reset

Jika semua cara sudah dilakukan. Dan masih saja game yang dimainkan sering keluar sendiri. Mungkin ini terjadi karena sistem os di hp anda sudak rusak.

Penyebabnya mungkin karena anda sering ngeroot dan nguprek hp android anda sendiri. Untuk mengatasi ini ya tinggal reset saja hp anda, kembalikan ke setelan awal atau setelan pabrikan. Dengan cara ini maka error dalam aplikasi dan game akan menghilang.

16. Ganti HP

Jika hp anda berspek kentang, hp potato. Anda ingin main game HD, main game 3D. Tapi selalu saja tidak bisa karena sering force close atau menutup sendiri saat main game. Maka tidak ada cara lain selain me-lem biru atau me-lem kuning hp android anda. Btw lem biru = lempar beli baru, dan lem kuning = lempar tuku maning 😂.

Ya, cukup sekian dulu. Begitulah ke-16 Cara mengatasi game yang keluar sendiri di hp android (force close). Semoga bermanfaat . . .

16 Cara mengatasi game keluar sendiri di android (force close)
4/ 5
Oleh

Leave your comment