Sunday, October 8, 2017

Apakah hantu itu ada atau tidak (Di dalam agama dan sains) ?

Di dunia ini memang banyak sekali fenomena yang tidak dapat dijelaskan dengan ilmu pasti (sains), Salah satunya adalah fenomena penampakan Hantu. Dari anak-anak sampai orang dewasa, pasti mengetahui sedikit banyak tentang yang namanya hantu. Diberbagai daerah diseluruh indonesia, hantu dideskripsikan dengan berbagai penampakan dan wujud yang berbeda-beda, sebut saja ada yang bernama kuntilanak, pocong, genderuwo, jerangkong dan lain sebagainya. Di luar negri ada juga hantu (ghost) yang beraneka macam bentuk dan kemampuan nya, sebut saja seperti hantu sadako, hanako san, alien, vampire, ghoul dan lain sebagainya. Namun, benarkah hantu itu ada dan nyata ?, atau Cuma karangan hoax yang disebarkan dari mulut ke mulut (cerita) guna untuk mendapatkan sesuatu hal, misalnya untuk mencegah anak kecil bermain di malam hari, mendekati wilayah tertentu, dan lain sebagainya. Sampai-sampai banyak cerita dan film fiksi yang mengangkat tema tentang hantu tersebut.

Apakah hantu itu ada atau tidak (Di dalam agama dan sains) ?

Hantu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, artinya adalah “roh jahat yang terdapat disuatu tempat, atau roh jahat yang mendiami tempat-tempat tertentu”. Sedangkan Hantu menurut pandangan orang awam dan masyarakat umum, adalah roh dari orang mati yang masih banyak menyimpan masalah di dunia, misalnya ada dendam, atau mungkin juga hantu adalah roh orang mati yang tidak diterima langit dan bumi. Tapi benarkah demikian ?. jawaban nya tentu tergantung persepsi dan pengetahuan anda masing-masing. Misalnya saja.

Hantu menurut pandangan agama Islam merupakan jelmaan jin. Jin tersebut menyamar atau menyerupai bentuk orang yang sudah meninggal, untuk menyesatkan orang yang masih hidup, agar menuruti apa yang diinginkan nya, sehingga ia jadi menjauh dari agamanya (sesat / syirik). Padahal orang yang sudah meninggal, rohnya sudah berada di alam barzah atau alam kubur, jadi tidak ada yang namanya hantu gentayangan, atau roh gentayangan. Yang ada hanyalah jin yang berubah wujud saja, jin tersebut juga dapat berubah menjadi berbagai wujud yang ada di imajinasi manusia, seperti apa-apa yang ditakuti masyarakat sekitar tinggal (misalnya kuntilanak, sadako, vampire, ghoul (hantu lokal)), atau juga menjadi apa-apa yang dikeramatkan dan menjadi legenda masyarakat setempat, atau mungkin mengikuti perkembangan zaman seperti menjelma menjadi ufo dan alien (Apa itu alien ?). Karena penampakan hantu diberbagai belahan dunia sangat bervariasi, misalnya tidak ada pocong di amerika, dan begitupula tidak ada penampakan kappa di indonesia. Karena semua itu merupakan tipu daya jin semata.


Hantu menurut pandangan ilmu sains, merupakan kesalahan persepsi yang ditimbulkan oleh panca indra, sehingga menimbulkan efek seolah-olah melihat sesuatu, atau mendengar sesuatu. Misalnya saja seperti kasus pareidolia (Apa itu pareidolia ?), dan juga halusinasi yang terjadi karena perubahan emosi orang yang melihat hantu. Misalnya ditempat gelap melihat kayu, karena ketakutan, kayu tersebut malah nampak seperti wajah yang mengerikan, dan lain sebagainya. Ya, walaupun tidak semua fenomena penampakan hantu dapat dijelaskan dengan ilmu sains. Karena memang, hantu merupakan kejadian ghaib, yang ada di luar batas akal dan daya pikir manusia.

Apakah hantu dapat melukai, menyakiti bahkan membunuh manusia ?. jawaban nya bisa saja, jika jin (hantu) tersebut memang ingin membunuh manusia, namun nampaknya sangat jarang terjadi karena mungkin jin tersebut akan dihalangi oleh semacam dinding pembatas antara alam manusia dan jin (misalnya dihalangi malaikat). Jin tersebut dapat membuat manusia menjadi ketakutan karena penampakan hantu yang menyeramkan, sehingga karena efek ketakutan nya manusia tersebut dapat melukai dirinya sendiri, misalnya terkena serangan jantung, atau mungkin lari ketakutan kemudian tertabrak mobil, dan juga merasuki manusia tersebut sehingga membuat dia berlaku yang tidak wajar, ada juga yang terkena santet dan ilmu sihir dan lain sebagainya. Namun jika anda berpegang teguh pada agama, maka tidak usah khawatir jin akan melukai anda, karena Tuhan akan melindungi anda dari berbagai gangguan jin (hantu / makhluk halus).

Dari berbagai penjelasan diatas dapat disimpulkan, hantu tersebut ada dan tidaknya, nyata atau tidak tergantung cara pandang dan cara pikir anda sendiri. Jadi menurut anda apakah pengertian hantu itu, dan apakah hantu itu ada atau tidak ?.

Apakah hantu itu ada atau tidak (Di dalam agama dan sains) ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment