Thursday, November 2, 2017

Apa itu pengertian introvert ? Bagaimana ciri-ciri karakter orang introvert ?

Apa itu introvert ?, dan Bagaimanakah ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian introvert ?. Apakah anda termasuk kedalam golongan orang yang memiliki karakter introvert ?. Jika anda belum paham dan mengerti tentang pengertian introvert, langsung saja baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu pengertian introvert ? Bagaimana ciri-ciri karakter orang introvert ?

1. Apa itu introvert ?

Introvert merupakan salah satu jenis tipe kepribadian yang dimiliki oleh orang-orang yang cenderung berfokus pada sesuatu yang ada di dalam diri nya sendiri. Orang-orang introvert cenderung fokus dengan apa yang ada di dalam hati dan pikiran nya sendiri. Berbeda dengan orang ekstrovert yang cenderung aktif dalam bersosialisasi dengan teman dan orang-orang yang dikenalnya. Orang introvert malah sering sibuk dan aktif berkutat dengan pikiran nya sendiri. Orang introvert memiliki pikiran yang sangat aktif, bahkan tidak jarang ia sering berdebat dan berkomunikasi dengan pikiran nya sendiri. Bukan berarti mereka gila ya, namun daya pikir mereka sangat luas, penuh dengan ide dan imajinasi. Sehingga ia seperti memiliki jiwa lain di dalam dirinya sendiri, sehingga mereka cenderung lebih suka berdebat dan berkomunikasi dengan pikiran nya sendiri daripada bersosialisasi dengan orang banyak.

Orang introvert bukan berarti ia orang yang tidak mau bersosialisasi / anti sosial. Namun mereka lebih cenderung menikmati kesendirian dan ketenangan daripada berkutat dikeramaian dan juga bermain dengan banyak orang atau teman. Mereka cenderung lebih nyaman jika bermain dengan sahabat atau juga sedikit teman yang dapat mereka percaya, daripada menghabiskan waktu dengan banyak orang baru dan juga keramaian yang dapat membuat mereka kelelahan.

2. Ciri-ciri kepribadian orang introvert

Orang introvert memiliki banyak tipe dan jenis, namun sebagian besar dari mereka memiliki ciri-ciri dan karekteristik sifat yang hampir sama. Selengkapnya, berikut ciri umum yang biasa dimiliki oleh orang introvert :

A. Orang introvert menyukai ketenangan

Berbeda dengan orang ekstrovert yang aktif dalam bersosialisasi (keramaian). Orang introvert lebih cenderung menyukai suasana yang tenang. Karena dengan ketenangan, pikiran mereka dapat dengan leluasa untuk mengembangkan berbagai ide dan imajinasi. Mereka lebih menyukai ketenangan, Daripada menghabiskan waktu seharian bermain bersama teman-teman di keramaian.

B. Orang introvert cenderung pendiam

Orang introvert lebih banyak mengamati daripada berbicara secara blak-blakan. Bagi mereka berbicara adalah hal yang melelahkan, mereka lebih sering mengutarakan perasaan dan unek-uneknya lewat tulisan. Tak khayal, banyak penulis terkenal yang memiliki kepribadian introvert.

C. Orang introvert lebih suka mendengar dan mengamati

Berbeda dengan orang ekstrovert yang cenderung banyak bicara, aktif berbicara dan meluapkan emosinya. Orang introvert lebih suka mengamati sesuatu dan banyak mendengar daripada berbicara secara blak-blakan seperti orang ekstrovert. Jika anda memiliki teman introvert, dia sangat cocok untuk dijadikan teman curhat.




D. Orang introvert selalu berpikir dahulu sebelum mengambil tindakan

Kebanyakan orang introvert tidak berlaku secara spontan. Mereka lebih dahulu berpikir sebelum melakukan sesuatu, termasuk dalam berbicara dan juga bertindak. Bahkan mereka terkadang merencanakan apa yang akan dilakukan nya secara mendetail. Maka dari itu, tak jarang, banyak orang introvert yang IQ nya diatas rata-rata. Tapi banyak juga orang introvert yang berkesan lemot, lambat dalam menanggapi perintah. Karena memang mereka lebih dahulu memproses data dalam pikiran mereka sebelum benar-benar bertindak.

E. Orang introvert pandai menjaga rahasia (menyembunyikan perasaan)

Kebanyakan Orang introvert tidak suka mengutarakan perasaan nya secara blak-blakan (tsundere). Mereka pandai menyembunyikan emosinya. Mereka cenderung menjadi pendengar yang baik. Dan sangat menjaga semua rahasia yang mereka peroleh atau miliki. Jadi kebanyakan dari mereka jarang sekali yang menjadi tukang gosip. Tapi disisi buruknya, mereka juga dapat menjadi pendendam, dan mengingat semua keburukan yang anda pernah buat.

F. Orang introvert lebih suka bermain / bergaul dengan teman lama (yang akrab / sudah dikenal)

Orang introvert akan sangat aktif berbicara dan berinteraksi pada orang yang sudah dikenalnya (nyaman). Dalam artian kepada sahabat atau teman yang akrab. Berbeda dengan orang baru yang belum terlalu lama dikenalnya. Ia malah sedikit canggung dan bingung mau membahas apa. Mereka akan selalu menjaga pertemanan nya. Walaupun memiliki sedikit teman, kebanyakan orang introvert menjaga pertemanan nya dengan sangat baik. Mereka cenderung setia kawan, setia dengan pertemanan. Cocok lah dijadikan sebagai teman sejati.

G. Orang introvert suka berbicara dengan dirinya sendiri

Karena orang introvert memiliki pikiran yang sangat aktif. Maka dari itu, kebanyakan dari mereka akan lebih sering berbicara dengan dirinya sendiri daripada dengan orang lain. Banyak sekali pemikiran, ide-ide, imajinasi yang terlintas di dalam pikiran mereka sendiri. Jika diibaratkan orang ekstrovert itu anggota tubuh yang banyak bergerak, maka orang introvert adalah otak dan syaraf.

H. Orang introvert suka menikmati kesendirian

Orang introvert lebih suka menikmati kesendirian nya daripada berkutat di keramaian bersama orang lain. Mereka lebih menikmati waktu kesendirian nya untuk mengerjakan berbagai hobi yang dia suka. Istilahnya “Me time” lah, mereka memperoleh energinya dengan cara menikmati kesendirian nya. Berbeda dengan orang ekstrovert yang harus bermain atau hang out dengan teman jika ia merasa kelelahan dan bosan.

I. Orang introvert sangat selektif

Mereka yang memiliki kepribadian introvert sangat selektif dalam melakukan dan memilih suatu hal. Mereka bergerak sesuai dengan minat dan apa yang disukai mereka. Mereka bergerak sesuai dengan hati dan perasaan nya sendiri. Jika hal tersebut dirasa tidak menarik dan tidak cocok dengan nya, ia akan langsung menolaknya dengan tegas.

3. Introvert, pemalu, dan sombong

Introvert sering kali diidentikan dengan orang yang pemalu. Namun tidak demikian, pemalu dan introvert sangat jauh berbeda. Namun keduanya bisa saling berhubungan. Tidak semua orang introvert adalah pemalu dan tidak semua orang yang pemalu adalah introvert. Karena memang sebenarnya tipe orang introvert ada banyak. Ada yang berkarakter seperti pemimpin, ada yang perencana, ahli strategi, ada yang pemalas dan cuek, dan ada juga yang pemalu, dan lain sebagainya.

Orang introvert juga sering dikira sebagai orang yang sombong. Padahal tidak demikian, jika diam diidentikan dengan sombong, maka orang yang sedang tidur dan koma apa mereka lebih buruk dari sombong ?. mereka bukan nya sombong, melainkan tidak pandai dalam memulai suatu percakapan. Jadi bagi anda yang berkepribadian ekstrovert, dalam menghadapi orang introvert harus pandai memancing mereka untuk berbicara. Bukan nya malah menjudge sebagai orang sombong dan sok cool. :’v

4. Introvert dan phobia sosial

Jika anda merasa tidak tenang dan tidak nyaman dengan kesendirian anda. Anda ingin sekali bergaul dengan orang banyak, namun anda merasa takut karena suatu hal. Baik itu sesuatu yang jelas atau abstrak. Anda bukanlah orang Introvert, melainkan orang ekstrovert yang sedang terkena Phobia sosial.

5. Apakah introvert suatu penyakit ? dan dapatkah diobati dan disembuhkan ?

Introvert bukanlah suatu penyakit. Melainkan sifat yang terbentuk karena gen dari orang tua anda. Atau juga karena pengaruh didikan di dalam lingkungan keluarga anda. Sifat introvert tidak dapat diubah, namun dapat dikurangi dan di kondisikan. Jadi dalam dunia kerja, bagi anda yang introvert harus pandai dalam berakting, pandai bersosialisasi dan menekan rasa lelah anda. Jangan mencoba berusaha menjadi orang lain / ekstrovert, namun jadilah seperti diri anda sendiri, namun dalam versi yang lebih baik. Agar anda tidak menjadi stres dan depresi. Pandai-pandailah dalam mengatur waktu istirahat anda, agar anda tidak terlalu lelah dalam bersosialisasi.

6. Penutup

Ya begitulah sedikit banyak penjelasan tentang kepribadian introvert. Introvert bukanlah penyakit, dan introvert bukanlah kepribadian orang yang pemalu dan sombong. Melainkan kepribadian orang yang berpusat pada apa yang ada di dalam hati dan pikiran nya sendiri. Jika diibaratkan sebagai pekerjaan, introvert adalah profesor dan penemu di dalam dunia ini. Karena daya pikir, kreativitas dan imajinasi mereka yang sangat luar biasa.

Lagipula, kebanyakan pemimpin, penemu, creator, di dunia ini di dominasi oleh orang introvert. Walaupun mereka berjumlah minoritas, namun hasil yang mereka kerjakan, bermanfaat untuk orang banyak.

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan nya sendiri-sendiri. Jadi jangan mencoba menjadi orang lain, jadilah diri anda sendiri. Menjadi diri anda yang terbaik, bukan menjadi diri sendiri yang buruk. Sekian, terimakasih . . (Baca juga : 15 kekurangan yang dimiliki orang introvert | 16 kelebihan yang dimiliki orang introvert) )

Apa itu pengertian introvert ? Bagaimana ciri-ciri karakter orang introvert ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment