Friday, November 3, 2017

16 kelebihan yang dimiliki seorang introvert (sisi positif dalam kepribadian introvert)

Setelah kemarin membahas tentang “Pengertian introvert dan juga ciri umum kepribadian orang introvert”. Kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan yang dimiliki oleh para orang introvert. Berbeda dengan orang ekstrovert yang pandai dalam bersosialisasi dan juga bermasyarakat. Orang introvert memiliki keunikan dan kelebihan nya tersendiri. Ya, pada dasarnya setiap tipe kepribadian, dan tiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan nya sendiri-sendiri. Termasuk karakter kepribadian introvert ini. Langsung saja, berikut beberapa kelebihan orang introvert yang jarang ditemui pada tipe kepribadian ekstrovert.

16 kelebihan yang dimiliki seorang introvert (sisi positif dalam kepribadian introvert)

1. Orang introvert pada umumnya adalah orang yang Cerdas dan pandai

Jangan remehkan orang introvert. Pada umumnya, mereka merupakan orang yang memiliki IQ diatas rata-rata. Karena mereka lebih banyak berpikir daripada berbicara. Jadi mereka memiliki daya ingat, daya pikir, dan juga imajinasi yang luar biasa luas. Jangan heran, banyak diantara orang introvert yang menjadi juara kelas. Jikalau ada teman anda yang pendiam, di kelas suka tidur, tapi eh kok setiap ulangan selalu dapat nilai yang bagus. Berarati dia adalah orang introvert, namun tipe pemalas :v.

2. Orang introvert adalah seorang yang ahli dalam strategi (perencana ulung)

Setiap tindakan yang akan dilakukan oleh orang introvert, selalu dipikir dengan hati-hati dan matang terlebih dahulu. Jadi mereka merancanakan semua hal yang akan mereka lakukan. Setiap pekerjaan dan tindakan yang mereka buat, dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan ketelitian. Bahkan ada juga yang merencanakan plan A-Z, untuk melancarkan segala aksi yang akan dia lakukan. Mereka sangat mawas diri, dan juga jarang sekali melakukan suatu kecerobohan dan kesalahan di setiap tindakan nya.

3. Orang introvert sangat kreatif dan imajinatif

Orang introvert memiliki daya kreativitas yang sangat tinggi, daya pikir dan daya Imajinasi mereka sangat luas. Mereka dapat membayangkan sesuatu hal secara mendetail. Tak khayal banyak seniman dan penulis yang memiliki kepribadian introvert. Karena memang, tingkat imajinasi dan kreativitas mereka sangatlah tinggi. Kemampuan dalam mengolah kata dan gambar orang introvert memang diatas rata-rata orang pada umumnya. Ide-ide unik yang terlintas di benak mereka serasa terus mengalir tiada habisnya.

4. Orang introvert memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi

Dalam diamnya orang introvert. Sebenarnya ia sedang mendengarkan dan mengamati suatu hal secara mendetail. Atau mungkin ia sedang memikirkan sesuatu yang kompleks. Orang introvert memiliki tingkat konsetrasi yang baik. Sehingga mereka cepat tanggap dalam segala hal. Sehingga banyak dari mereka yang memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata orang pada umumnya.

5. Orang introvert sedikit bicara banyak bekerja

Orang introvert sangat tidak menyukai pembicaraan yang panjang. Misalnya basa-basi, ngegosip, dan lain sebagainya. Mereka lebih menyukai mengerjakan sesuatu dengan cepat dan tuntas. Tanpa perlu banyak basa-basi yang tidak jelas, intinya to the point lah. Langsung ke intinya saja, tidak perlu basa-basi, langsung bicara dan kerjakan. Agar mereka dapat menikmati waktu me time yang sangat mereka sukai dan dambakan.




6. Orang introvert memiliki ciri khas tersendiri (tidak peduli dengan tren masa kini / sederhana dan antimainstream)

Banyak diantara orang introvert yang tidak peduli dengan tren fashion dan juga gadget yang lagi ngetren dimasa kini. Mereka sering tampil unik dan apa adanya. Asal nyaman, ya sudah. Tidak perlu banyak gaya dan juga tetek bengek lain nya. Mereka kadang terlihat menggunakan pakaian yang sederhana, warna pakaian yang hampir sama tiap harinya. Terkadang malah memakai baju yang berwarna polosan, dan juga memakai gadget yang antimainstream.

7. Orang introvert tidak suka mencari perhatian (caper) dan low profile

Banyak dari orang introvert yang tidak peduli dengan pandangan orang terhadapnya. Ia selalu, memakai pakaian yang dirasa nyaman baginya (nyaman dan pas di hati). Banyak dari mereka yang tampil sederhana, walaupun mereka sebenarnya mampu membeli barang yang mahal. Namun mereka lebih suka memakai barang yang nyaman bagi dirinya. Mereka tidak suka mencari perhatian publik, hanya memfokuskan diri pada apa yang di sukainya, masalah penampilan nomer ke sekian. Terkadang banyak orang introvert yang lebih nyaman naik vespa butut, daripada naik ninja dan bergaya yang wah. Mereka tampil apa adanya, sesuai dengan kondisi dan situasi yang dibutuhkan saja. Tanpa berlebihan dan tanpa menarik perhatian banyak orang.

8. Orang introvert adalah pendengar yang baik (cocok dijadikan teman curhat)

Orang introvert lebih suka mendengar dan mengamati daripada banyak berbicara. Mereka suka mendengarkan cerita dan juga mengamati suatu hal yang spesifik. Tapi bukan berarti mereka penguntit dan penguping, mereka hanya lebih suka mengamati dan mendengar. Misalnya seperti pemandangan alam, suara burung yang terbang, dan lain sebagainya. Jadi mereka cocok lah dijadikan teman curhat, karena mereka ngak banyak bicara dan juga mereka pandai menjaga rahasia.

9. Orang introvert pandai memecahkan masalah

Banyak dari orang introvert yang sangat menyukai memecahkan masalah. Mereka dapat dengan mudah memecahkan berbagai teka-teki dan permasalahan. Karena daya pikir dan wawasan mereka yang luas. Sehingga banyak masalah yang dapat mereka pecahkan dan selesaikan. Bahkan tak jarang banyak orang introvert yang serba bisa / multi talenta.

10. Orang introvert pandai menjaga rahasia

Tidak seperti orang ekstrovert yang suka bicara secara blak-blakan. Terkadang mereka malah bergosip ria. Orang introvert lebih sering berfokus kepada tujuan dan apa yang akan dilakukan dan di capainya. Mereka tidak peduli dengan aib orang lain, dan sibuk mengurus masalah yang ia hadapi dan akan diselesaikan. Karena mereka adalah pemikir dan pendiam. Banyak mereka yang pandai menjaga rahasia, dan tak kan mudah menyebarkan nya ke orang lain.

11. Orang introvert sangat menghargai pertemanan

Kebanyakan orang introvert memiliki sedikit teman akrab. Mereka akan sangat menjaga pertemanan nya tersebut. Mereka setia kawan, dan juga sangat menjaga kelanggengan pertemanan nya. Daripada memiliki teman baru, mereka lebih suka bermain dengan teman lama yang akrab dengan dirinya. Cocok lah jika disebut sebagai sahabat dan teman sejati.

12. Orang introvert adalah orang yang setia

Banyak dari orang introvert yang setia pada pertemanan dan juga pasangan nya. Jangan heran jika mereka di putus (pacar / pasangan), maka luka hati yang mereka peroleh sangatlah dalam. Mereka akan mengingat kejadian tersebut seumur hidupnya.

13. Orang introvert adalah orang yang humoris

Banyak dari orang introvert yang memiliki selera humor yang tinggi. Tak jarang malah mengarah ke sarkasme :’v. Mereka sangat suka bercanda, apalagi kepada teman akrab yang sudah lama dikenalnya. Namun jangan harap kalau ke orang baru atau yang asing dengan nya. Mungkin dia akan lebih pendiam dan merasa canggung.

14. Orang introvert memiliki hati yang lembut dan rapuh

Banyak diantara orang introvert yang memiliki hati yang lembut. Mereka mungkin tampak garang diluar, mungkin karena ekspresi serius dan tingkah lakunya yang pendiam. Namun jangan salah, kebanyakan dari mereka memiliki hati yang lembut dan mudah terluka. Banyak dari mereka yang menyayangi binatang dan lingkungan.

15. Orang introvert adalah sosok pemimpin yang terpendam

Orang introvert memang tidak suka berkutat dengan keramaian dan kegaduhan. Namun kemampuan berpikir dan perencanaan mereka sangatlah hebat. Mereka bekerja dibalik layar. Dan merupakan sosok pemimpin yang diidam-idamkan. Mereka sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan dan bertindak. Mereka juga pandai mengamati keadaan. Mereka pandai menjaga rahasia dan perasaan. Mereka orang yang tenang, dan mahir dalam menguasai keadaan.

16. Orang introvert menyukai kemandirian

Orang introvert tak jarang banyak melakukan suatu hal sendirian. Mereka ingin melakukan segala sesuatu dengan mandiri. Mereka ingin berdiri dengan kakinya sendiri, tanpa perlu mendapat banyak bantuan dari orang lain. Mereka sering banyak belajar secara otodidak. Dan banyak dari mereka yang memilih membuat usaha sendiri dibandingkan menjadi seorang pekerja.

Ya begitulah sedikit banyak kelebihan dan sisi positif dari seseorang yang memiliki kepribadian introvert. Setiap orang dan tipe karakter memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Termasuk tipe kepribadian introvert ini. Semua yang disebut diatas, adalah kelebihan umum yang dimiliki oleh orang introvert. Namun ada juga yang tidak seperti yang tersebut diatas. Mungkin hari esok saya akan membahas masalah mengenai kekurangan dari tipe kepribadian introvert ini. Jadi terus kunjungi dan mampir ke blog ini ya sob. Sekian dan terima kasih. (Baca juga : 15 kekurangan yang dimiliki orang introvert)

16 kelebihan yang dimiliki seorang introvert (sisi positif dalam kepribadian introvert)
4/ 5
Oleh

Leave your comment