Saturday, December 8, 2018

Apa itu feedback ? Arti feedback positif di online shop, wattpad, jual beli, dll

Istilah feedback ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Di berbagai situs jual beli online, di situs-situs baca manga, situs baca novel, dan sebagainya. Di berbagai aplikasi dan game yang ada di dunia maya. Misalnya saja seperti di playstore, wattpad, bukalapak, tokopedia, dan sebagainya. Mungkin anda pernah mendengar istilah yang namanya feedback ini.

Apa itu feedback ? Arti feedback positif di online shop, wattpad, jual beli, dll

Nah, sebenarnya apa itu feedback ?, Dan apa manfaat dari adanya feedback ini ?. Langsung saja berikut penjelasannya.

1. Arti kata feedback

Secara harafiah, feedback jika diterjemahkan langsung dari bahasa inggris ke dalam bahasa indonesia. Maka feedback dapat berarti juga sebagai umpan balik.



Nah, apa itu yang dimaksud dengan umpan balik ?. Umpan balik adalah suatu tanggapan dari apa-apa yang sudah dirasakan oleh individu atau seseorang terhadap sesuatu. Sesuatu tersebut dapat berupa produk / barang, jasa, hasil kerja, tingkah laku, dan lain sebagainya.

Intinya, feedback atau umpan balik ini merupakan suatu respon tanggapan yang diberikan oleh seseorang. Tanggapan tersebut dapat berupa masukan yang positif, kritik atau juga tanggapan yang negatif / komplain dan sebagainya.

2. Feedback dalam jual beli

Di dalam dunia jual beli, feedback positif sangat berguna bagi para penjual yang menjual barangnya di berbagai toko online yang ada. Jika produk yang dijual banyak mendapatkan feedback atau tanggapan positif. Banyak testimoni yang baik mengenai kualitas barang, ketepatan pengiriman, packing yang bagus dan sebagainya. Maka otomatis penjual barang tersebut dapat memperoleh kepercayaan dari para calon pembeli yang ada.

Dan begitu juga sebaliknya, jika si penjual tadi mendapatkan banyak feedback yang negatif. Otomatis tingkat kepercayaan konsumen atau pembeli akan menurun juga.

3. Feedback dalam situs, game dan aplikasi

Di dalam situs, atau juga didalam sebuah game dan aplikasi. Yang pada umumnya merupakan game online dan sebagainya. Feedback sangat diperlukan guna untuk membangun perkembangan dari situs, web, game atau aplikasi yang telah dibuat oleh pihak pengembang.

Dengan adanya interaksi antara pihak pengembang dan pemakai atau pengguna. Maka semua tanggapan positif, saran, masukan, komplain dan segala kekurangan yang ada di dalam suatu produk. Akan dapat membantu proses pengembangan suatu produk game, apps, situs, dll tersebut.


Sehingga nantinya, dari berbagai feedback yang ada. Game, apps, situs yang mendapatkan banyak feedback akan terus berkembang dan semakin banyak disukai oleh para penggunanya.

4. Feedback dalam dunia kerja

Didalam dunia kerja juga sangat diperlukan yang namanya feedback ini. Apalagi bagi anda-anda yang berwirausaha. Tentunya berbagai saran dan masukan dari pelanggan dan konsumen akan sangat membantu didalam proses perkembangan usaha yang anda punya.

5. Tujuan dari adanya feedback / umpan balik

Banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari adanya feedback ini. Salah satunya mungkin adalah ..

- Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan suatu produk
- Untuk meningkatkan rasa kepercayaan konsumen
- Untuk membantu proses pengembangan suatu produk
- Dan masih banyak yang lainnya

Cukup sekian dulu gan, begitulah kiranya penjelasan dari yang namanya feedback ini. Semoga bermanfaat.

Apa itu feedback ? Arti feedback positif di online shop, wattpad, jual beli, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment